Follow Us

  • Share

    Cara dan Syarat Membuat Visa Jerman! [Yang Paling Gampang]

    Jerman merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang paling baik di Eropa, bahkan di seluruh dunia. Apalagi beberapa perguruan tingginya yang memang sudah memiliki reputasi yang baik di dunia, sebut saja Heidelberg University misalnya.

    Nah oleh karena itulah Jerman saat ini menjadi salah satu tujuan utama para calon mahasiswa dari Indonesia. Untuk itu tentu saja ada banyak syarat yang harus kalian persiapkan, dan salah satunya adalah Visa. 

    Anak muda jerman

    Perlu diketahui cara dan syarat membuat visa Jerman cukuplah mudah. Tapi sebelum membahas cara dan syarat membuat Visa Jerman, ada hal penting yang perlu Anda ketahui. Hal itu adalah, bahwa secara umum pembuatan visa Jerman terbagi untuk Anda yang berencana singgah sebentar (maksimum 90 hari) atau bagi Anda yang ingin masa tinggal yang panjang.

    Untuk itulah dalam artikel cara dan syarat membuat visa Jerman ini, kami secara umum membaginya menjadi dua subbab, yakni Visa Nasional dengan jangka waktu tinggal lebih dari 90 hari dan Visa Schengen dengan jangka waktu tinggal kurang dari 90 hari.

    Cara dan Syarat Membuat Visa Jerman (Visa Nasional)

    Visa Jerman

    Visa nasional dapat dibuat bagi anda yang memiliki keperluan tertentu di negara ini. Dengan pembuatan visa nasional Anda diberikan izin tinggal lebih dari 90 hari. Untuk membuatnya ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, dan proses ini bisa memakan waktu bulanan.

    Pengajuan visa nasional yang memakan waktu beberapa bulan ini hanya dapat Anda lakukan di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dan tidak bisa dilakukan di Konsul Kehormatan jerman di Indonesia.

    Beberapa hal yang bisa Anda siapkan adalah formulir permohonan visa lengkap disertai dengan cetak satu rangkap lagi. Selain itu Anda pun perlu membawa beberapa dokumen visa yang diminta. Jangan sampai lupa, karena apabila dokumen yang diminta kurang, permohonan visa Anda akan ditolak.

    Beberapa keperluan yang memerlukan pembuatan visa jenis ini adalah kuliah, kumpul keluarga, bekerja, au-pair, kerja sosial, dan tujuan lainnya yang membutuhkan waktu lama. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

    1. Membuat Perjanjian

    Perjanjian dapat Anda buat secara online di laman situs Kedutaan Besar Jerman Untuk Indonesia, atau langsung klik di laman website Kedubes Jerman untuk Indonesia dan langsung klik kategori izin tinggal. Setelah itu jangan lupa cetak bukti konfirmasi untuk kemudian ditunjukkan ketika melakukan permohonan pengajuan visa.

    Proses ini sama sekali tidak membutuhkan biaya apapun, jadi jangan sampai Anda tertipu, apalagi jika Anda menggunakan jasa-jasa pembuatan visa. Selain itu proses pengerjaan visa ini butuh waktu lama pula, mencapai 3 bulan. Jadi kami harap Anda cukup bersabar.

    2. Melengkapi Persyaratan Umum

    Persyaratan utama paling penting adalah kehadiran diri Anda sebagai pemohon visa. Hal ini dibutuhkan karena nantinya akan dilakukan pemindaian sidik jari pemohon visa. Seluruh pemohon wajib datang sendiri kecuali anak di bawah 12 tahun. Khusus bagi pemohon anak di bawah 12 tahun harus diwakilkan oleh kedua orang tua kandung atau wali yang sah di mata hukum.

    Setelah itu silahkan Anda unduh formulir permohonan di laman situs Kedubes Jerman Untuk Indonesia yang bisa didapatkan secara gratis. Jumlah formulir yang harus Anda isi adalah 2 lembar dan seluruhnya harus dilengkapi dan ditandatangani pemohon.

    Setelah mengisi formulir permohonan, Anda juga harus mengunduh lembar pernyataan sesuai Undang-Undang yang berlaku. Lembar ini mengacu kepada undang-undang pasal 54 dan 55 tentang izin tinggal di Jerman, jumlahnya adalah 2 lembar.

    Kemudian siapkan pasfoto sejumlah 3 lembar dengan ketentuan foto wajah datar dengan latar belakang putih atau abu-abu muda, berukuran 3,5 cm x 4,5 cm. Wajah harus menempati 80% foto. Satu lembar dilekatkan di belakang formulir permohonan, dan satu lembar disisipkan untuk kemudian dikembalikan.

    Paspor Indonesia halaman depan

    Berkas selanjutnya adalah 1 paspor asli dengan 2 fotokopi paspor (data diri dan catatan resmi). Paspor harus dikeluarkan maksimal 10 tahun, dengan minimal 3 lembar kosong dan masih berlaku minimal 1 tahun kedepan.

    Siapkan pula polis asuransi kesehatan asli 1 lembar dan 2 lembar fotokopinya. Hal ini amat ditekankan apabila Anda ingin izin tinggal di jerman. Khusus informasi ini Anda pun bisa membaca ketentuannya secara langsung di laman web Kedubes Jerman.

    Khusus bagi anak di bawah 18 tahun maka dibutuhkan 1 lembar akta lahir asli dan 2 lembar fotokopinya, 1 lembar surat persetujuan yang ditandatangani wali di depan notaris dengan 2 lembar fotokopinya. Seluruhnya harus diterjemahkan ke bahasa Jerman.

    Jika permohonan Anda diterima jangan lupa membawa sejumlah biaya untuk dibayarkan. Khusus orang dewasa (18 tahun ke atas) sejumlah € 60,- dan bagi anak-anak sejumlah € 30,-

    Biaya ini kemudian akan dibayarkan dalam bentuk rupiah, sesuai dengan kurs harian yang sedang berlaku. Perlu diingat bahwa apabila visa ditolak maka biaya ini tidak akan dikembalikan.

    3. Melengkapi Berkas-Berkas Lain

    Khusus untuk bagian ini sebenarnya dapat dibahas sesuai dengan tujuan Anda tinggal. Secara garis besar ada 4 keperluan utama yang diatur dalam aturan pembuatan visa nasional ini.

    Beberapa keperluan tersebut adalah tujuan kumpul keluarga, au-pair dan kerja sosial, keperluan studi dan penelitian, serta keperluan pekerjaan. Seluruhnya ada bagian-bagian tersendiri dan bisa Anda baca langsung di laman website Kedubes Jerman.

    4. Pemrosesan Berkas

    Berkas-berkas yang seluruhnya Anda ajukan ini kemudian akan diperiksa secara menyeluruh di loket Kedutaan Besar. Dokumen asli serta dokumen yang tidak diperlukan akan secara otomatis dikembalikan dikemudian.

    Selain itu apabila berkas tidak dipenuhi secara lengkap, secara otomatis permohonan visa Anda akan ditolak oleh kedutaan. Oleh karena itulah selalu periksa secara berulang terkait dokumen yang anda ajukan ini.

    Selain itu Kedutaan pun menganjurkan agar anda tidak terlalu sering bertanya mengenai proses pengajuan visa ini, karena tidak mungkin prosesnya bisa dipercepat dengan alasan apapun.

    5. Pengambilan Visa

    Setelah seluruh proses dijalani, seluruh berkas telah diperiksa, Anda akan dihubungi melalui telpon ataupun email yang tertera di pengajuan. Kemudian Anda akan diminta untuk mengambilnya.

    Khusus proses ini Anda diberikan keringanan. Anda bisa mewakilkan pengambilan visa oleh orang yang ditunjuk dengan surat kuasa. Atau melalui konsulat kehormatan Jerman di Indonesia (Medan, Surabaya, dan Sanur). Pengembalian paspor serta bukti pengambilan bisa dilakukan di hari kerja pukul 07.30 hingga 10.00 sementara pengambilan visa pada pukul 11.00 hingga 12.00.

    Cara dan Syarat Pembuatan Visa Schengen

    Lain dengan Visa Nasional, Visa Schengen bisa Anda buat  apabila keperluan Anda di Negara Jerman kurang dari 90 hari. Visa ini lebih populer dibuat karena prosesnya pun tidak rumit, dan biasanya dibuat bagi orang-orang yang ingin berlibur ke Negara Jerman.

    Wilayah Schengen meliputi 25 negara di Benua Eropa, dan dengan memiliki visa ini bisa berjalan-jalan ke 25 negara tersebut. Meski demikian ada beberapa syarat dimana Anda bisa membuat Visa Schengen melalui kedutaan Jerman di Jakarta.

    Syarat tersebut adalah apabila tujuan utama Anda adalah jerman, tujuan utama kunjungan terpenting adalah di Negara Jerman, atau negara kedatangan pertama tujuan kunjungan Anda adalah Jerman.

    Visa Schengen

    Beberapa persyaratan utama pengajuan visa Schengen adalah serupa dengan pengajuan visa nasional. Salah satunya adalah kehadiran Anda sebagai pemohon visa Schengen, dan hal inipun berkaitan dengan perekaman sidik jari.

    Meski demikian jika dalam waktu 5 tahun ke belakang Anda pernah dilakukan perekaman sidik jari untuk pengajuan visa Schengen (baik di kedutaan Jerman atau kedutaan negara lain), Anda bisa menunjuk perwakilan Anda dengan surat kuasa.

    Proses yang bisa Anda tempuh untuk pembuatan visa Schengen adalah:

    1. Membuat Perjanjian

    Perjanjian dapat Anda buat secara online di laman situs Kedutaan Besar Jerman Untuk Indonesia, atau langsung klik di laman website Kedubes Jerman untuk Indonesia. Pengajuan ini dapat dilakukan 3 bulan sampai 2 minggu sebelum keberangkatan.

    2. Berkas-Berkas yang Harus Dilampirkan

    Pertama-tama tentu Anda harus melampirkan formulir permohonan (VIDEX), yang seluruhnya harus diisi dengan komputer Anda. Setelah itu Anda bisa cetak formulir dan barcode untuk dilampirkan pada saat pengajuan. 

    Selebihnya berkas yang diperlukan sama semua dengan pengajuan visa nasional.Berkas-berkas utama tersebut berupa lembar pernyataan berdasarkan undang-undang izin tinggal pasal 53 dan 54, pasfoto, pasfor, serta polis asuransi.

    Sedikit perbedaan antara visa Schengen dengan visa nasional, yakni biaya pembuatan untuk anak-anak. Khusus anak-anak usia 6-11 tahun biaya yang diperlukan untuk membuat visa Schengen adalah sebesar € 35,- dan di bawah 6 tahun adalah gratis.

    3. Berkas-Berkas Tambahan Bagi yang Ingin Pergi sebagai Turis

    Berkas tersebut adalah fotokopi reservasi tiket pesawat yang belum dibayar, fotokopi itenerari perjalanan di wilayah Schengen, fotokopi bukti penginapan, dan tambahan untuk perawatan medis berupa surat keterangan dokter/rumah sakit (1 lembar asli dan 1 lembar fotokopi).

    Selain itu anda harus melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan (asli dan 1 fotokopi) dari pemberi biaya perjalanan. Bagi para pekerja silahkan sertakan pula slip gaji asli dan 1 fotokopi, bagi mahasiswa disertai surat keterangan kuliah dari universitas asli dan 1 fotokopi, serta apabila ada surat kepemilikan aset tak bergerak dan kendaraan asli dan 1 fotokopi.

    4. Berkas-Berkas Tambahan bagi yang Ingin Melakukan Kunjungan

    Sertakan undangan tertulis dari pengundang, bukti hubungan keluarga (akte lahir/akte nikah, kartu keluarga, paspor, KTP) jika diundang keluarga, atau bukti hubungan kekerabatan (surat menyurat, lama pertemanan, dsb) jika diundang kerabat. Seluruhnya berupa 1 lembar fotokopian.

    Lampirkan pula rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan pemberi biaya asli serta 1 lembar fotokopian. Terakhir lampirkan slip gaji, atau surat keterangan kuliah, atau surat kepemilikan aset yang asli dan 1 lembar fotokopinya.

    5. Berkas-Berkas Tambahan bagi yang Memiliki Keperluan Kunjungan Pameran atau Bisnis

    Berkas tambahan berupa undangan asli, kartu peserta pameran (jika ingin mengunjungi pameran) yang asli dan 1 lembar fotokopi.

    Pameran Siemens Jerman

    Selain itu lampirkan pula rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan pemberi biaya asli serta 1 lembar fotokopian. Terakhir lampirkan slip gaji, atau surat keterangan kuliah, atau surat kepemilikan aset yang asli dan 1 lembar fotokopinya. Sama seperti berkas tambahan sebelumnya.

    6. Pemrosesan dan Pengambilan Visa

    Kedua proses ini berjalan serupa dengan pembuatan visa Nasional. Perbedaannya adalah jangka waktu pembuatannya yang jauh lebih singkat. Selebihnya seluruh proses adalah sama.

    Kesimpulannya, cara dan syarat membuat visa Jerman tidak lah terlalu rumit menurut kami. Karena seluruhnya sudah tertera dan Anda cukup melengkapinya saja. Selain itu birokrasinya pun cukup simpel, sehingga tidak butuh banyak waktu untuk bolak balik terkait kepengurusan ini. Selamat mencoba, dan selamat bepergian ke Jerman!

    Baca Juga:

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini