Follow Us

  • Share

    Suka Bermain dengan Alam? 10 Tempat Wisata di Sukabumi Wajib Anda Kunjungi!

    Pencinta wisata alam pastinya nggak akan bisa menolak untuk berpetualang di Sukabumi. Nama kota yang jarang sekali didengar ini punya banyak tempat wisata yang unik. Bukan hanya menikmati alamnya saja tetapi Anda bisa juga belajar mengenai penghuni alamnya di pusat konservasi di Sukabumi. Walaupun kata Wikipedia Sukabumi itu kota di Jawa Barat dengan wilayah terkecil, Sukabumi punya tempat wisata alam yang bakal membuat Anda ingin terus mengunjunginya.

    Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Sukabumi, jangan lupa gunakan aplikasi penunjuk jalan supaya Anda tidak tersesat. Aplikasi penunjuk jalan memerlukan internet, maka dari itu Anda sebaiknya mempersiapkan paket data yang cukup sebelum memulai petualangan pertama Anda ke Sukabumi.  

    Good news! Sekarang sudah tersedia pembelian paket data online. Lebih menariknya lagi Anda bisa mendapatkan 3 voucher belanja setiap kali beli paket data di Sepulsa. Hanya dengan beberapa klik, paket data Anda sudah terisi dan tidak perlu melakukan aktivasi. Simpel, kan? Anda bisa lihat disini untuk mengenal seberapa mudah menggunakan Sepulsa.

    Disamping paket data, jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian dan sepatu yang nyaman selama Anda menyusuri alam di Sukabumi.

    10 Tempat Wisata di Sukabumi Wajib Anda Kunjungi!

    1. Cikananga Wildlife Center

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Mengunjungi kebun binatang untuk melihat beragam binatang di Kota Anda adalah perihal yang biasa. Tapi dengan mengunjungi pusat konservasi binatang Cikananga, Anda akan mendapatkan peluang untuk melihat dan belajar bagaimana menjaga mereka adalah hal yang plus.

    Karena nggak semua orang mempunyai pengalaman belajar langsung mengenai bagaimana cara menjaga dan memelihara satwa sebagai penghuni dunia.  Pusat konservasi Cikananga terletak di Desa Cisitu, Sukabumi.

    2. Pangumbahan Turtle Beach

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Selaras dengan perjalanan waktu, hewan penyu sudah jarang sekali ditemukan. Bahkan, Anda harus mengunjungi kebun binatang terlebih dahulu untuk melihatnya. Tapi Di Sukabumi Anda bisa melihat langsung pelepasan anak penyu (tukik) ke laut di Pantai Pangumbahan.

    Ditambah lagi, Anda bisa mengunjungi pantai itu pada saat malam hari yang mana merupakan waktu penyu bertelur. Kalau Anda pergi kesana malam hari, Anda nggak boleh menyalakan senter karena cahayanya membuat penyu takut lalu lari.  

    Pantai Pangumbahan merupakan bagian dari Pantai Ujung Genteng.

    3. Gua Buni Ayu

    gua buni ayu

    Ingin menyaksikan ornamen geologi yang telah terbentuk sejak ribuan tahun? Anda wajib kunjungi Gua Buni Ayu. Ketika Anda menyusuri ke dalam gua, Anda akan dilengkapi peralatan keamanan yang berstandar internasional. Selain itu, banyak kegiatan pula yang bisa Anda lakukan di gua ini yaitu memanjat air terjun dan menyelam ke sungai bawah tanah jika Anda ingin aksi yang memacu adrenalin.

    4. GeoPark Ciletuh

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Anda suka dengan air terjun? Anda datang ke tempat yang pas. Sukabumi mempunyai sebuah tempat wisata yang terkenal dengan beragam tipe air terjun (curug) yaitu berada di GeoPark Ciletuh. Curug yang ikonik disini adalah Curug Cigangsa, Awang, Cikaso, dan Cimarinjung.

    Anda bisa menemukan GeoPark Ciletuh di Ciemas, Sukabumi.

    5. Kampung Ciptagelar

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Suasana pedesaan asli Sunda yang masih menjalankan tradisi dan lingkungannya terjaga baik yang berada di Kampung Ciptagelar, dapat Anda kunjungi selagi berada di Sukabumi. Rumah-rumah di Kampung ini masih bergaya tradisional ala sunda. Masyarakatnyapun juga masih melakukan berbagai tradisi yang telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

    6. Danau Situ Gunung

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Walaupun aksesnya sedikit sulit, Anda akan mendapatkan reward berupa pemandangan yang menakjubkan. Danau Situ Gunung dikelilingi oleh hutan sehingga mata Anda segar saat melihatnya. Aktivitas disini berupa bamboo rafting ataupun canoeing di danau.

    Danau Situ Gunung terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango.

    7. Danau Bacan

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Danau Bacan punya sebuah cerita, katanya dulu Danau bacan ini merupakan sebuah tempat galian penambangan yang lama kelamaan terisi air hujan sehingga menjadi sebuah danau. Warnanya yang hijau menjadikan nama danau ini terdengar di kalangan masyarakat luas. Ketika Anda berada disana, Anda akan semakin terpukau dengan pemandangan bebatuan yang mengelilingi danau hijau ini.

    Danau Bacan terletak di Desa Bojongharja, Cikembar, Sukabumi.

    8. Bukit Karang Para

    Tempat Wisata di Sukabumi

    Nama Bukit Karang Para akhir-akhir ini melejit di media sosial dan menjadi tempat wisata baru di Sukabumi. Bukit ini dikenal dengan pemandangan bebatuan dan Anda dapat menikmati pemandang rural Sukabumi.

    Anda bisa menemukan Bukit Karang Para di Gunungguruh, Sukabumi.

    9. Tebing Panenjoan

    tebing panenjoan

    Sedang ingin melihat pemandangan dari titik tertinggi? Anda nggak boleh lewatkan Tebing Panenjoan. Tebing ini seperti amfiteater yang menyajikan Anda pemandangan alam yang luas. Warna hijau asri yang mendominasi seolah-olah menjadi vitamin bagi indera penglihatan Anda. Tebing Panenjoan ini terletak di dalam kawasan Ciletuh GeoPark.

    10. Pantai Cimaja

    pantai cimaja

    Nama pantai cimaja sangat terkenal dikalangan peselancar dalam negeri hingga luar negeri. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang seru untuk berselancar. Di pantai inipun ada sekolah berselancar (surf school) sehingga Anda juga bisa belajar untuk berselancar. Selain itu, Pantai ini mempunyai tempat hang out berupa sebuah beach club yang bisa Anda kunjungi bersama teman Anda sembari menikmati pantai selatan pulau Jawa ini. Pantai Cimaja ini terletak di daerah Pantai Pelabuhan Ratu.

    Sukabumi memang surga bagi pencinta alam.

    Yuk, rencanakan liburan Anda selanjutnya, Sepulsa Mates 🙂

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini