Follow Us

  • Share

    Mau Beli Modem XL Home? Yuk Baca Reviewnya Dahulu

    Banyak orang enggan memasang jaringan internet di rumah karena instalasi dan tagihan per bulan dirasa lebih mahal. Sebagai alternatif, mereka lebih memilih untuk menggunakan modem, baik yang dijual secara bebas maupun yang bundling atau jadi satu dengan paket internet dari operator tertentu. Nah, salah satu modem bundling dengan operator ini adalah modem XL.

    Review modem XL home

    Operator XL menawarkan dua modem, yaitu Mifi XL Go dan modem XL Home. Kalau modem XL Go berisi paket berlangganan dengan kuota yang cocok untuk pribadi, paket XL Home lebih ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

    Modem dari Huawei 

    Paket XL Home menggunakan router dari Huawei, tepatnya Huawei B310S. Huawei adalah merek modem ternama sehingga Anda tidak perlu ragu akan kualitasnya. Modem ini bekerja dengan WiFi 2.4 GHz dan mendukung aplikasi wifi mobile dengan 2D barcode.

    WiFi yang dipancarkan oleh modem ini bisa terdeteksi dengan jelas sampai jarak 250 m sehingga semua orang di rumah dapat menikmatinya tanpa halangan. Modem ini dapat digunakan oleh 32 orang (masing-masing 1 gadget) secara bersamaan. Dengan jumlah maksimal pengguna yang sebanyak ini, modem XL Home ini bahkan cocok untuk digunakan di kantor.

    Harga Lebih Murah

    Untuk ukuran pemakaian internet di rumah untuk seluruh keluarga, modem XL Home adalah pilihan yang cukup hemat. Bagaimana tidak, dengan biaya Rp. 999.000 atau lebih murah dengan diskon, Anda akan mendapatkan modem Huawei E5577 dan kuota internet total 240 GB. Kuota ini berlaku untuk tiga bulan sehingga setiap bulan, Anda akan mendapat jatah kuota 80 GB. Kuota bulanan ini terdiri dari 20 GB kuota utama dan 60 GB kuota bonus. Semua kuota adalah untuk digunakan dalam jaringan 4G.

    Kuota 80 GB per bulan sebenarnya cukup besar bagi banyak orang. Namun, bisa saja kuota ini tidak cukup kalau modem digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Namun, tidak perlu khawatir kalau Anda kehabisan kuota sebelum bulan berikutnya datang karena paket XL Home juga menyediakan kuota tambahan.

    Disebut dengan paket booster, kuota tambahan dapat Anda beli seharga Rp. 50.000 atau Rp. 100.000. Besaran kuotanya adalah 5 GB atau 15 GB. Anda bisa membeli paket booster ini lebih dari satu kali dalam bulan yang sama. Dengan adanya paket ini, begitu kuota habis, Anda tetap bisa internetan tanpa menunggu kuota bulan berikutnya ‘turun’. Untuk mengecek kuota tersisa, Anda dapat mengunjungi aplikasi myXL.

    Nah, bagaimana kalau paket XL Home Anda habis pada bulan keempat dan berikutnya?

    Anda tetap dapat menikmati layanan paket XL Home jika membayar pulsa senilai Rp. 300.000 (harga diskon) atau Rp. 500.000 (harga normal). Harga promo ini berlaku antara 3-6 bulan, tergantung pada area Anda. Setelah masa promo berakhir, paket XL Home harus dibeli dengan harga normal.

    Pada bulan keempat atau berikutnya, jika pulsa mencukupi, Anda akan mendapatkan kuota total 80 GB untuk bulan keempat. Pastikan pulsa Anda minimal Rp. 300.000 (jika dapat promo) atau Rp. 500.000 ketika akan dilakukan perpanjangan paket XL Home setiap bulannya.

    Jika pulsa Anda tidak mencukupi untuk melakukan perpanjangan paket XL Home tiap bulannya, paket XL Home akan berakhir. Pembatalan paket seperti ini tidak dapat dilakukan kalau Anda mendapat harga diskon untuk mengunakan XL Home. Namun, kalau terjadi pembatalan langganan, modem dan nomor XL yang Anda gunakan tetap masih aktif. Untuk penggunaan berikutnya, akan berlaku paket internet XL normal, bukan khusus modem XL Home.

    Kecepatan Internet 4G

    Operator XL meluncurkan dua jenis modem, satu untuk paket XL Go dan satu untuk paket XL Home ini. Berbeda dengan paket XL Go yang bisa digunakan dalam jaringan 3G dan 4G, paket XL Home secara eksklusif bekerja dengan jaringan 4G. Paket XL Home dapat bekerja dengan kecepatan sampai 150 Mbps dan mendukung jaringan 4G LTE Cat. 4 dan LTE Release 9.

    Namun, perlu diingat, kecepatan 4G XL belum menjangkau semua daerah sehingga hanya Anda yang berada di daerah dengan sinyal 4G yang bisa merasakan manfaat modem XL Home. Kecepatannya sendiri pun bervariasi, tidak semua tempat dapat memiliki kecepatan maksimal sampai 150 Mbps.

    Pengembalian dan Garansi

    Terkait dengan sinyal 4G yang belum menjangkau semua daerah, operator XL memberi Anda kesempatan untuk mengembalikan paket XL Home yang sudah Anda beli jika di daerah Anda ternyata belum ada sinyal 4G. Jadi, Anda tidak perlu merasa dirugikan ketika sudah beli, tetapi rumah Anda belum memiliki sinyal 4G.

    Untuk melakukan pengembalian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yaitu, pengembalian harus dilakukan paling lambat tiga hari setelah aktivasi kartu XL Home Anda dan penggunaan datanya tidak lebih dari 1 GB. Saat dikembalikan, paket XL Home harus masih utuh dengan kardusnya. Pengembalian juga hanya dapat dilakukan di toko pembelian.

    Selain pengembalian, paket XL Home ini juga memiliki masa garansi sampai satu tahun. Apabila modemnya rusak dan penyebabnya adalah dari pabriknya, bukan kesalahan pengguna, Anda dapat membawa modem ini Huawei Service Center atau collection point.

    Itulah informasi mengenai modem XL Home yang dapat digunakan oleh seluruh keluarga di rumah. Bekerja pada sinyal 4G XL, modem ini memang tidak bisa dipakai oleh siapa saja yang berada di daerah tanpa sinyal tersebut. Namun, kalau Anda tinggal di daerah yang terjangkau sinyal 4G XL, modem ini menjadi penawaran yang menguntungkan karena harganya murah dan kuotanya besar.

    Baca juga

    Beli Pulsa XL

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini