Follow Us

  • Share

    Cara Mendapat Uang Tanpa Gelar

    Siapa yang tidak menginginkan uang sih? Pasti semuanya mau, terlebih lagi untuk yang masih berstatus mahasiswa.

    Kami paham bahwa di dalam tatanan sosial, mahasiswa termasuk manusia yang cukup rentan baik dari segi psikososial maupun dari segi perekonomian. Remaja-remaja yang memasuki usia dewasa seringkali mulai tidak ditopang perekonomiannya oleh orang tua.

    Orang orang terkaya di dunia

    Tapi di sisi lain mereka masih belum memiliki gelar, yang dalam kehidupan ini seolah menjadi golden ticket untuk menghasilkan uang.

    Untuk itulah kami disini mencoba memberikan kamu beberapa tips untuk mendapatkan uang tambahan. Simpelnya tips ini bisa Anda lakukan tanpa gelar apapun, yang penting tekad kuat untuk perekonomian pribadi yang lebih baik!


    Membuat Blog hingga Vlog

    Mungkin membuat blog ataupun vlog terdengar mudah, apalagi kalau Anda mendengar cerita-cerita yang too good to be true. Memang walaupun metode ini menjanjikan uang yang besar, metode ini adalah metode yang cukup berat dan butuh dedikasi tinggi.

    ngevlog

    Kami menyarankan Anda yang punya hobi membaca, keahlian menulis, keahlian visual hingga kemampuan storytelling, untuk menjalankan usaha ini. Anda cukup mulai sesuai dengan passion Anda, dan jangan pikirkan uang di awal.

    Anda yang senang menulis, maka menulislah, dan biarkan Anda mendapat pembaca dan penggemar Anda secara alami. Di tahap selanjutnya Anda bisa mengintegrasikan karya Anda dengan google Ads, dan berbagai metode monetizing lainnya di sana.


    Menulis Buku dan eBook

    Bagi Anda yang tidak suka menulis, sabar ya, kami punya tips lain kok di bawah hehe. Karena memang menulis menurut kami adalah salah satu yang termudah, bagi kalian yang memiliki passion di bidang ini.

    Nulis Pensil

    Nah sekarang bayangkan, kalau dulu Anda butuh keluar banyak modal untuk menerbitkan buku (walaupun melalui penerbit resmi), saat ini banyak betebaran penerbit-penerbit model baru yang menerima karya Anda secara cuma-cuma.

    Sebut saja @aksaraplus, @transmediapustaka, @kubusmediagroup, @yramawidya, dan masih banyak lagi penerbit-penerbit yang saat ini menggunakan platform Instagram untuk menjalankan bisnisnya (itulah mengapa seluruhnya kami awali dengan ‘@’).

    Anda cukup menulis apapun yang sesuai dengan bidang Anda, dan tentunya isi maupun karya Anda secara kesuluruhan harus bisa dipertanggungjawabkan ya. Kirim naskah Anda ke penerbit-penerbit tersebut, dan biarkan mereka mereview naskah Anda.

    Disinilah Anda harus banyak bersabar, bisa jadi setelah menunggu lama naskah Anda justru tertolak. Tapi percayalah ketika naskah Anda diterima, diterbitkan, dan kemudian memiliki banyak pembaca maka Anda akan merasakan bangga. Selain mendapat uang tambahan tentunya.


    Menjadi Manajer Sosial Media

    Dengan tersedianya berbagai platform media sosial saat ini, peta bisnis berubah sama sekali ke arah yang mungkin sebelumnya tidak terduga-duga. Banyak perusahaan ‘tradisional’ seolah latah dan mulai memanfaatkan media sosial sebagai platform bisnis mereka.

    Sosial Media

    Akan tetapi  perusahaan yang baru bertransformasi tersebut biasanya belum siap meng-handle pekerjaan di media sosial ini. Mungkin karena terlalu sibuk menjalankan day to day operations mereka.

    Disinilah Anda bisa masuk. Menjadi manajer media sosial intinya memastikan bahwa media sosial yang Anda pegang bisa terus menerus berada di peringkat atas, sehingga pangsa pasar bisnis mereka menjadi terbuka semakin lebar.

    Sekadar informasi, saat ini manajer media sosial termasuk salah satu pekerjaan jenis baru yang cukup dicari orang loh. Terlebih lagi gaji yang diberikan umumnya cukup besar, jadi tunggu apa lagi?


    Manfaatkan Kendaraan Anda menjadi Aset

    Anda yang memiliki motor, apalagi mobil, sangat bisa memanfaatkan kendaraan Anda tersebut untuk menjadi aset. Anda bisa misalnya mendaftar menjadi driver online, dan mulailah menjadi driver di sela-sela kegiatan perkuliahan Anda.

    Grab Car

    Khusus untuk yang satu ini, kuncinya adalah jangan gengsi! Karena kalau Anda niat, walaupun hanya menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan, hasilnya lumayan besar lho bisa menyentuh angka jutaan!

    Tapi bagi Anda yang memang gengsinya terlalu tinggi dan tidak bisa diubah, tidak ada cara lain selain dengan mempekerjakan orang. Anda bisa meminjamkan kendaraan Anda kepada orang yang tentu saja harus bisa Anda percaya untuk dijadikan kendaraan umum online.

    Selain itu cara mendapatkan uang seperti ini tentu saja berisiko bagi kendaraan Anda, apalagi kalau Anda tidak apik dan rajin dalam merawat kendaraan Anda itu. Dapat dipastikan kendaraan Anda itu akan berumur pendek. Tapi selama Anda bisa merawat kendaraan Anda dengan baik, masalah-masalah tersebut tentu tidak akan muncul.


    Menjadi Guru Privat ataupun Guru Bimbingan Belajar

    Salah satu pekerjaan sampingan yang cukup populer saat ini adalah dengan menjadi guru bimbingan belajar, ataupun guru privat. Saat ini kebutuhan akan pengajar di luar sekolah kami rasa cukup meningkat.

    Guru Privat

    Jangan salah, bukan hanya permintaan privat materi-materi sekolah seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi saja. Saat ini kebutuhan akan privat piano, gitar, dan sebagainya pun cukup meningkat. Hanya saja tantangannya memang Anda harus pintar dalam membuka pasar Anda, karena menurut kami agak sulit membuka pasar di bidang ini.

    Bagi Anda yang memiliki sertifikasi musik khusus, ataupun memiliki kemampuan khusus di beberapa mata pelajaran tersebut boleh-boleh saja membuka jasa ini. Atau Anda bisa bergabung bersama beberapa penyedia jasa semacam ini yang berbasis online, seperti ruangguru misalnya.

    Pekerjaan ini kami rasa pun cukup menjanjikan loh. Kalau Anda rajin memberikan bimbingan privat, bukan tidak mungkin dalam sebulan Anda mendapat 10 juta rupiah. Dengan catatan “harga” Anda sudah layak setidaknya 250 – 500 ribu rupiah per sesi nya.


    Buat Bisnis Kecil-Kecilan

    Kalau Anda memiliki jiwa entrepreneurship tinggi, boleh jadi Anda cocok membuat bisnis kecil-kecilan. Kecil-kecilan yang kami maksud tentu dengan niat yang baik dan ketekunan yang tinggi, dan tentu modal!

    Startup plan

    Tapi khusus permasalahan modal ini, Anda bisa mengakalinya dengan mencari investor yang mau membiayai bisnis Anda. Mulai lah dari teman dan keluarga Anda, namun dengan syarat Anda harus benar-benar niat.

    Karena mencari investor bukan berarti easy money, malahan Anda memiliki tanggung jawab yang besar dalam memutarkan uang investor Anda sehingga baik Anda ataupun sang pemilik modal bisa sama-sama mendapatkan keuntungan.

    Mulai lah dengan hal yang kecil dan sebisa mungkin mulai dengan hal yang Anda paham tentunya. Kalau Anda mau bisnis kuliner, ajaklah teman Anda yang sudah lama menggeluti dunia kuliner. Kalau Anda mau bisnis bimbingan belajar, maka ajaklah teman Anda yang sudah memahmi bisnis tersebut.


    Manfaatkan Sosial Media Untuk Endorsement

    endorsement

    Jika Anda sangat senang bermain sosial media seperti Instagram dan facebook hingga lupa waktu, itulah saat yang tepat untuk Anda mencari uang. Jangan gunakan sosial media hanya untuk curhat atau nge-galau aja, manfaatkanlah sosial media Anda untuk mencari uang dengan cara endorsement.

    Endorsement adalah, Anda mempromosikan usaha seseorang lewat akun sosial media. Cara ini sangat tepat untuk men-trigger seseorang agar mau membeli dan menggunakan produk dari seseorang yang sudah Anda promosikan. Cara ini sudah banyak digunakan oleh artis seperti Raffi Ahmad, Prilly Latuconsina dan juga selebgram seperti awkari (Karin Novilda). Para artis tersebut mendapatkan kurang lebih 5 juta dalam 1 kali endorst. Bayangkan jika cara itu Anda gunakan, seberapa banyak uang yang akan Anda dapatkan.

    Penutup

    Itulah beberapa cara mendapatkan uang yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Pada dasarnya semua bisa Anda lakukan, yang terpenting Anda harus memahami kemampuan dirimu sendiri dan kemudian lakukanlah analisis pasar.

    Setelah itu sesuaikan kemampuan Anda dan analisis pasar dalam bentuk produk yang sesuai. Barulah setelah itu Anda bisa mulai melakukan branding maupun marketing sehingga penjualan produk Anda bisa meningkat dengan pesat. Selamat berwirausaha!

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini