Follow Us

  • Share

    Mau Penghasilan Tambahan? Ini Hal-Hal Yang Bisa Anda Lakukan!

    Ketika kita memiliki suatu tujuan secara finansial, cara utama yang dilakukan biasanya adalah memiliki tabungan. Nah, tabungan ini tentu bisa kita mulai dengan menyisihkan penghasilan kita setiap bulan. Bagaimana jika ternyata masih tidak cukup juga? coba menghemat beberapa pengeluaranmu, misal Anda ingin membeli sesuatu maka belilah yang benar-benar dicari dan dibutuhkan, kalau tidak terlalu penting lebih baik tidak perlu dibeli. Lalu, kalau ingin menambah penghasilan, mungkin Anda bisa membuat usaha sampingan yang menjanjikan seperti tips berikut ini:


    1. Jual barang lama yang sudah tidak terpakai

    Jika Anda mempunyai barang yang sudah tidak terpakai lagi, daripada mubazir lebih baik dijual. Sebagai contohnya, koleksi komik atau koleksi cd vinyl lama dapat dijual dengan harga yang tinggi kepada kolektor. Selain itu, Anda juga bisa saja menjual barang seperti baju bekas yang masih layak di pakai kepada calon pembeli. Cara ini bisa menghasilkan uang dengan cukup cepat, terlebih kalau Anda punya banyak kenalan sehingga bisa mempermudah Anda untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya.


    2. Menjadi Guru Les atau Privat

    Kalau Anda punya keponakan atau saudara yang masih duduk di bangku sekolah, Anda bisa menawarkan diri kepada keluarganya untuk menjadi guru les privat. Anda bisa mengajarkan pelajaran-pelajaran sederhana seperti Matematika dan Bahasa Inggris. Atau, kalau Anda punya prestasi bagus saat kuliah, Anda bisa coba-coba menjadi guru les bagi mahasiswa. Prestasi bagus Anda bisa menjadi nilai jual tambah untuk mereka dan lumayan bisa mendapatkan uang tambahan.


    3. Menjadi Freelancer

    Freelancer merupakan cara lain untuk mengumpulkan uang tambahan dengan cara cepat, asalkan Anda punya suatu kemampuan yang dapat dijual. Beberapa keahlian yang banyak dicari dari seorang freelancer adalah seperti menulis, desain, pemograman, dan pemasaran digital serta media sosial. Jika Anda merasa yakin, cobalah asah kemampuan Anda dan mulailah menjadi freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


    4. Menjadi Makelar

    Menjadi makelar merupakan cara yang mudah untuk mencari penghasilan tambahan. Mungkin ada teman yang ingin menjual rumah atau mobil dan kita kenal dengan orang yang ingin membelinya, lalu Anda pertemukan mereka dan mendapatkan komisi. Simple sekali bukan?


    5. Masak

    Apabila hobi masak, bisa menjadi peluang bisnis nih. Anda bisa membuka warung kecil dan menjual aneka macam kue, atau bisa membuka usaha katering untuk mendapatkan uang tambahan. Yang sedang popular saat ini adalah bisnis menyediakan sarapan dan makanan bayi. Jaman sekarang tinggal buat sosial media lalu tinggal upload foto masakan Anda, dan jual.


    6. Menjadi Driver Online

    Jika ada mobil nganggur,  Anda bisa coba untuk menyewakannya terhadap orang yang mau menjadi supir online, bahkan diri Anda sendiri bisa. Dengan modal yang sudah ada seperti mobil, Anda langsung bisa daftarkan diri Anda untuk menjadi mitra driver online. Penghasilannya cukup menjanjikan lho bila Anda gabung.


    7. Buka Toko Online

    Membuka toko online bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini Anda sudah bisa membuat toko online dengan Rp500.000, Caranya dengan membeli barang secara offline dan menjualnya ke luar daerah atau memakai sistem dropship, dimana pesanan dari customer langsung di oper ke supplier yang akan langsung mengirimkannya ke customer.

    Jadi Anda hanya menerima pembayaran dan uangnya langsung di bayarkan ke supplier. Dengan kekuatan internet sekarang Anda bisa melakukan apa saja terutama dalam hal jual-beli yang sekarang serba online.


    8. Investasi

    Jika mempunyai uang berlebih, Anda bisa investasikan uang Anda pada reksadana. Sebagai pemula sebaiknya memilih reksadana dengan tingkat resiko yang rendah yaitu reksadana pendapatan tetap. Saat ini kita dapat memperoleh sekitar 0.5-1% per bulan dari reksadana pendapatan tetap. Daripada duit Anda di hambur-hamburkan lebih baik berinvestasi, kan?


    9. Menjadi blogger

    Blog bisa menjadi cara Anda mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya cukup gampang, Anda tinggal buat blog saja, lalu isilah blog Anda dengan pengalaman yang menarik atau unik serta tips-tips yang layak untuk diberikan. Jika banyak orang yang membacanya dan dikunjungi, Anda dapat mencoba mengiklankan blog Anda.


    10. Bisnis Reseller

    Banyak cara yang bisa Anda tempuh, apalagi untuk Anda yang ingin mempunyai uang tambahan. Bisnis reseller bisa menjadi cara lain untuk mencari uang tambahan tanpa modal dan bisa dilakukan oleh siapa saja seperti karyawan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Untuk menjadi reseller bisa dilakukan dengan cara mudah.

    Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara menjual kembali produk tertentu kepada orang lain. Sebagai contoh adalah produk-produk berupa makanan, baju, dan segala macam barang yang bisa kmau sesuainkan dengan minat Anda. Reseller saat ini sudah menjadi salah satu bisnis yang menjamur.

    Walaupun sudah banyak dilakukan, bisnis reseller sangat efektif untuk Anda yang ingin mencari uang tambahan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.Bisnis reseller juga bisa dilakukan di mana saja. Tergantung dengan metode Anda berjualan. Anda bisa berbisnis reseller dengan cara online maupun offline.

    Menjual kembali produk tertentu kepada orang lain

    Produk-produk ini bisa berupa baju, makanan, dan segala macam barang yang bisa Anda sesuaikan dengan minat Anda. Berbisnis reseller saat ini sudah menjadi salah satu bisnis yang menjamur. Namun, meskipun sudah sangat banyak dilakukan, bisnis reseller sangat efektif untuk Anda yang ingin mencari uang tambahan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

    Bisnis reseller juga bisa dilakukan di mana saja, tergantung dengan metode Anda berjualan. Anda bisa berbisnis reseller dengan cara online maupun offline. Namun, melihat kondisi saat ini yaitu manusia lebih banyak menghabiskan aktivitasnya di dunia online, maka dari itu bisnis menjadi reseller online bisa jadi salah satu solusi untuk mencari uang tambahan tanpa modal yang banyak. Bisnis reseller bisa menjadi usaha awal yang sangat efektif baik untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga, karyawan hingga mahasiswa bisa melakukannya.

    Kunci utama untuk memulai bisnis reseller yaitu memiliki sarana promosi yang baik. Promosi merupakan kunci utama untuk memasarkan suatu produk. Dengan melakukan promosi, Anda bisa memiliki target pasaran yang lebih luas. Target pasaran yang luas bisa mempermudahkan Anda berjualan sehingga semakin banyak target maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Bisnis reseller secara online bisa menjadi salah satu cara cari uang tambahan tanpa modal yang banyak.


    11. Menjadi Pembeli Misterius

    Bisa di bilang pekerjaan yang menyenangkan, di mana Anda bepergian ke toko, hotel atau restoran yang ditentukan dan menikmati fasilitas dan juga pelayanan disana. Bukan hanya berkesempatan untuk menikmatinya secara gratis, tapi Anda juga akan dibayar untuk melakukan hal tersebut. Kegiatan ini semacam survei dan dibiayai oleh perusahaan yang mengadakannya.

    Anda hanya akan diminta untuk datang ke tempat tertentu yang telah di tentukan perusahaan dan bersikap seperti layaknya konsumen biasa. Lalu, kamu akan diminta untuk membuat laporan mengenai tempat tersebut, dan Anda akan dibayar untuk melakukan semua hal itu.


    Baca Juga: Berapa Penghasilan Driver Go-Jek?

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini