Follow Us

  • Share

    Yuk, Berpetualang ke 13 Tempat Wisata di Palembang

    Apakah Anda tipe traveler yang suka mengunjungi tempat yang gak mainstream? Nah, Anda bisa coba nih berlibur ke pulau Sumatera, tepatnya Palembang. Palembang memang terkenal dengan kuliner pempek dan cuko, tapi tahu gak kalau Kota Sungai Musi ini juga punya beragam tempat wisata? Anda bisa wisata alam, kuliner, sejarah dan kebudayaan, dan religi. Dengan banyaknya pilihan tempat wisata (tentunya juga makanan), akan membuat pengalaman travelling Anda mengisahkan sebuah cerita yang terus melekat dibenak Anda.

    Oh ya, sebelum memulai travelling. Ada baiknya Anda menyiapkan baterai penuh smartphone Anda dan paket data yang cukup untuk mengakses aplikasi peta biar Anda nggak nyasar saat Anda jalan-jalan ke kota yang belum pernah Anda kunjungi. Bingung gimana cara beli Paket Data? Gampang, beli paket data online aja. Banyak tempat untuk membeli paket data online tapi kalau mau yang mudah, cepat dan siap 24 jam, hanya di Sepulsa.

    Apa saja Tempat Wisata di Palembang tawarkan untuk Anda yang senang jalan-jalan? 

    13 Tempat Wisata di Palembang untuk Petualangan Anda Selanjutnya!

    1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

    Tempat Wisata di Palembang

    Selain pempek, sebuah ikon yang mengingatkan kita pada kota Palembang adalah Jembatan Ampera yang terbentang luas diatas Sungai Musi. Nama jembatan ini punya sejarahnya lho. Awalnya, masyarakat Palembang ingin menamakan ini Jembatan Bung Karno karena Presiden Soekarno telah mendengar mereka dan mengabulkan pembangunan Jembatan ini. Namun, beliau tidak setuju dengan hal tersebut. Beliau menamakannya ‘Ampera’, Amanat Penderitaan Rakyat.

    Ketika Anda berada di Jembatan ini, Anda akan melihat banyak tempat wisata yang berada didekatnya seperti Kampung Arab Al-Munawar, Benteng Kuto Besak, dan lainnya.

    2. Museum Balaputra Dewa

    Tempat Wisata di Palembang

    Bukan hanya sekadar jalan-jalan, kenapa ngga mengenal lebih dalam mengenai sejarah yang terjadi di Kota Palembang? Gak cuman itu, Museum ini memamerkan berbagai peninggalan zaman purba megalithikum, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang, hingga sejarah kontemporer; era kolonialisme. 

    Disana Anda juga akan melihat sebuah rumah Limas, rumah tradisional Sumatera Selatan. Oh ya, rumah limas ini juga pernah menjadi gambar pada uang Rp10.000 edisi lalu.

    3. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

    Tempat Wisata di Palembang

    Jalan-jalan belajar sejarah berlanjut pada Monumen Perjuangan Rakyat yang terletak di pusat Kota Palembang. Gedung inipun berarsitektur cukup unik, bentuk gedung berupa segilima sesuai dengan lambang Pancasila. Monumen Perjuangan Rakyat berisikan sejarah masyarakat Palembang melawan kolonialisme Belanda dan memperjuangkan kemerdekaan. 

    Disamping sejarah yang menarik, Anda bisa naik ke lantai 8 untuk melihat seluruh sudut Kota Palembang. Jangan lupa Anda abadikan momen langka ini dengan gadget kesayangan Anda.

    4. Benteng Kuto Besak

    Tempat Wisata di Palembang

    Peninggalan Kesultanan Palembang yang terletak dipinggir Sungai Musi, dahulu menjadi pusat kerajaan ini. Bangunan ini telah lama berdiri sejak abad ke-18. Disekitar Benteng Kuto Besak, juga terdapat banyak pedagang makanan yang mengundang banyak pengunjung.  Psst, Anda juga bisa menikmati makan malam di restoran terapung yang dihangati oleh dekorasi lampu di sekitar Anda. 

    5. Gelora Sriwijaya

    Tempat Wisata di Palembang

    Anda masih ingat kan, Sumatera Selatan menjadi host PON tahun 2004? Pada tahun ini beragam infrastruktur olahraga serta perihal yang mendukung kelancaran acara dibangun secara besar-besaran di Kota Palembang. Salah satu fasilitas untuk PON yang bisa dinikmati oleh banyak masyarakat adalah  gelora Sriwijaya dimana Anda bisa berolah raga bersama teman dan keluarga Anda dengan cuma-cuma.

    Kalau berlari di kompleks perumahan Anda mungkin harus hati-hati dijalan karena banyak kendaraan lalu lalang. Tetapi jika Anda berolah raga di Gelora ini, Anda bisa berolahraga dengan tenang tanpa ada kekhawatiran terhadap kendaraan. Karena lingkungan tersebut difokuskan untuk olah raga.

    6. Kampung Arab Al-Munawar

    kampung arab ala munawar

    Kampung Al-Munawar juga dikenal sebagai Kampung Arab di Palembang. Kampung yang berlokasi dekat dengan Jembatan Ampera. Ketika Anda memasuki Kampung Arab, indera Anda akan disambut dengan musik gambus yang mengisi ruang ini. Kampung Arab menawarkan beragam kuliner lokal yang dipengaruhi oleh masakan ala arab. Hmmm, seperti apa ya itu? Bagi Anda yang pencinta makanan atau foodies, sebaiknya jangan lewatkan destinasi ini.

    7. Kampung Kapitan

    Tempat Wisata di Palembang

                                                                                                                                                                                                  

    Selain Kampung Arab, ada juga namanya Kampung Kapitan yang merupakan sebuah tempat wisata sejarah dan budaya di Palembang. Kampung ini merupakan saksi sejarah masyarakat Tionghoa menetap di Palembang pada pertama kalinya pada zaman Kolonialisme Belanda. Umumnya, bentuk rumah di kampung ini merupakan buah dari percampuran budaya Tionghoa dan Palembang, bangunan rumah menyurpai rumah tradisional Limas sedangkan terasnya mengadopsi gaya rumah Tionghoa. Kampung ini menarik untuk dikunjungi, bukan?

    8. Al-Quran Al-Akbar

    Tempat wisata di Palembang

    Sebuah tempat wisata religi berisikan Alquran yang sangat besar hingga 5 lantai! Dekorasi ataupun interiornya sangat dipengaruhi oleh budaya lokal, Palembang.

    9. Mesjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

    Tempat Wisata di Palembang

    Peninggalan dari Kesultanan Palembang, sebuah mesjid dengan gaya arsitektur multikultur; ada unsur budaya lokal, Tiongkok dan Eropa. Mesjid ini telah menjadi cagar budaya kota Palembang dan menjadi mesjid nasional.

    10. Mesjid Cheng Ho

    Tempat wisata di palembang

    Mesjid dengan arsitektur Tiongkok ini berdiri pada tahun 2006 dengan bantuan sukarela dari tokoh masyarakat Tionghoa dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatra Selatan. Ingin melihat percampuran budaya? Anda bisa cek atau lihat-lihat Mesjid Cheng Ho ini.

    11. Pulau Kemaro

    Tempat Wisata di Palembang

    Terletak di tengah Sungai Musi, Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang kental akan sejarah dan religi. Pulau ini dikenal dalam legenda seorang putri Kerajaan Palembang yang menikahi saudagar dari Tiongkok. Sang putri menyusul suaminya yang tenggelam.

    Disamping itu, Anda juga bisa berwisata religi ke pagoda yang menjulang tinggi dengan 9 lantai. Pulau Kemaro kerap dikunjungi oleh umat Buddha, Taoisme, dan Kong Hu Cu.

    12. Bukit Siguntang

    bukit siguntang

    Berada pada titik tertinggi Palembang yang ditemani udara sejuk, Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat untuk mengetahui sejarah Kerajaan Melayu. Biasanya orang mengunjungi Bukit Siguntang untuk berziarah ke makam orang yang berpengaruh pada zaman kerajaan Melayu.

    13. Gunung Dempo

    Tempat Wisata di Palembang

    Palembang bukan hanya sebuah kota datar saja tetapi juga dekat dengan gunung yaitu Gunung Dempo. Tak hanya diramaikan dengan kebun teh, Gunung ini mempunyai keunikan tersendiri; kawahnya berubah warna.

    Tempat wisata di Palembang

    Sepulsa udah pernah membahas beragam tempat wisata seperti di PuncakLembangDiengCirebonBatam, dan Ubud.

    Sudah tahu, destinasi wisata Anda selanjutnya? 😉

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini