Follow Us

  • Share

    Trik Menghemat Paket Data Internet di Ponsel

    Kebutuhan internet makin besar, hampir semua kegiatan kalian mungkin dihabiskan untuk surfing di dunia maya. Internet kini sudah menjadi kebutuhan prioritas semua orang, misalnya saja semua komunikasi bisa kalian akses melalui internet, hampir semua informasi yang kalian butuhkan dapat di akses dengan internet, tetapi masalahnya adalah paket internet yang kalian gunakan mungkin terbatas sehingga pada saat tertentu internet kalian bisa saja berhenti karena kuota kalian habis.

    Mungkin dalam sebulan kalian telah menetapkan biaya khusus paket nternet tetapi rencana kalian bisa saja meleset karena kalian terlalu boros menggunakan paket data. Nah pada artikel ini Sepulsa akan memberikan trik praktis menghemat paket data internet kalian agar tetap irit terutama untuk kalian yang punya uang mepet.

    1. Jangan pernah mendownload aplikasi, game dan melihat video di youtube tanpa wifi

    Jangan pernah mendownload aplikasi, game dan melihat video di youtube tanpa wifi

    Gunakan kesempatan kalian saat berada ditempat yang dapat kalian gunakan untuk ber-wifi ria misalnya kampus, kantor, restaurant atau mall. Jangan sia-siakan untuk mendownload semua aplikasi yang kalian butuhkan, oleh karena itu catat semua aplikasi yang ingin kalian download lalu barulah kalian pergi mendownload.

    Selain mendownload, kalian juga dapat menggunakan wifi gratisan disana untuk mengakses segala kebutuhan kerjaan, tugas kampus, streaming video dan bersosial media. Dengan menggunakan cara demikian kalian akan sangat berhemat paket internet.

    2. Gunakan Data Saver untuk browsing

    Jika kalian pengguna Android kalian harus menggunakan metode ini, karena dengan mengubah data saver menjadi ON maka kalian akan mengompress data kuota hingga 50%, cara mengaktifkannya adalah dengan memilih menu Settings > Data Saver > ON. Ini berlaku di Android, untuk IOS hal ini belum pernah dicoba.

    3. Cari tau kalian tipe pengguna internet seperti apa

    smartphone everyday

    Biasanya setiap provider akan menawarkan paket internet based unlimited atau kuota, paket internet unlimited cocok untuk kalian yang sepanjang hari menggunakan paket internet untuk mengakses apapun dan kapanpun, menggunakan paket internet untuk bermain game atau memutar video di youtube. Kalo kalian termasuk orang demikian paket internet unlimited cocok untuk kalian.

    Tetapi jika kalian hanya menggunakan paket internet untuk email dan social media saja, maka paket kouta adalah pilihan yang tepat. Paket kouta pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian, tentunya semakin banyak kuota yang kalian dapatkan maka makin mahal uang yang perlu sisipkan untuk paket internet.

    4. Jangan aktifkan semua aplikasi social media kalian bersamaan

    Jangan aktifkan semua aplikasi social media kalian bersamaan

    Salahnya beberapa orang yang maniak sosmed ialah kalian mengaktifkan semua aplikasi di waktu yang bersamaan bahkan semua diaktifkan 24jam. Matikan push notification dari aplikasi yang sebenarnya jarang Anda pakai. Identifikasi juga aplikasi yang banyak menyedot data, agar Anda tahu mana yang boleh terus aktif dan mana yang harus dinyala-matikan sewaktu-waktu.

    5. Batasi penggunaan mobile data

    Fitur paling membantu untuk mengurangi paket data internet ponsel kalian adalah fitur data usage warning dan limit system,  Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan Anda peringatan saat pemakaian data Anda sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya Anda bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

    6. Matikan fitur auto-sinkronisasi yang tidak penting

    matikan auto-sync

    Fitur auto-sync merupakan fitur yang banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone, tetapi ada baiknya fitur ini dimatikan karena pada saat smartphone terhubung dengan internet maka fitur ini akan selalu mengupdate notifikasi yang terkadang tidak semua notifikasi itu penting, banyak orang menggunakan auto-sync untuk update email atau social media.

    Jadi untuk menghemat kouta, kalian bisa mematikan auto-sync yang banyak menyedot kouta, prioritaskan aplikasi mana yang perlu diberikan notifikasi misalnya email.

    7. Jangan gunakan internet saat EDGE

    edge

    Saat lokasi dimana kalian berada memiliki sinyal buruk maka simpan gadget kalian sampai sinyal membaik. Kesalahan banyak orang adalah mereka memaksakan diri untuk tetap berinternetan saat sinyal EDGE, padahal saat itu terjadi maka penggunaan internet tidak akan maksimal yang membuat kalian akan lebih sering refresh halaman yang berujung kouta kalian akan banyak terpakai sia-sia.

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sering mengeluh kuota internet kalian habis.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini