Follow Us

  • Share

    8 Tempat Wisata di Medan Wajib Anda Kunjungi

    Sepulsa Mate, setelah membahas destinasi berlibur favorit pengunjung Indonesia seperti Bali, Lombok, Bandung dan sekitarnya, saatnya kita membentangkan peta dan melihat suatu destinasi di bagian barat  Indonesia yang tak kalah menarik dan menakjubkan.

    Medan, kota metropolitan di Sumatera dan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, dikenal dengan kulinernya yang sudah menggema di seluruh Indonesia. Mulai dari Bolu Meranti, Bika Ambon, dan kuliner non-halal seperti masakan babi dan Tuak. Gak hanya itu, Medan merupakan suatu kota yang tidak melupakan sejarahnya dan merupakan sebuah titik temu beragam suku yang membuatnya multikultur. Anda akan kaget banyak sekali gedung bersejarah ataupun tempat beragama yang mendapatkan pengaruh India, Tionghoa, Batak atau Melayu.

    Anda nggak akan menyesal mengunjungi 8 tempat wisata di Medan yang keren ini!

    8 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Anda Kunjungi

    1. Istana Maimun

    Istana Maimun

     

    Sebuah istana Kesultanan Deli yang sudah dibangun sejak tahun 1888 yang terdiri dari dua lantai dan 30 ruangan. Paduan warna yang khas; kuning dan hijau, terlihat megah. Istana Maimun merupakan sebuah tempat wisata yang ikonik di Medan. Sebagian besar, pengunjung Kota Medan tidak melewatkan berwisata ke Istana Maimun. Pengunjung akan terkesima saat melihat uniknya interior Istana Maimun yang memadukan gaya Melayu, India, Spanyol dan Italia.

    Istana Maimun terletak di Jl. Brigjend Katamso No. 1, Medan. Jika Anda sedang berada di Mesjid Raya Medan, Anda bisa berjalan kaki ke Istana Maimun yang jaraknya sangat berdekatan.

    2. Kesawan

    Tempat Wisata di Medan

    Kesawan merupakan sebuah kawasan kota tua yang diramaikan oleh gedung bersejarah dan kuliner yang memanjakan lidah Anda. Salah satu destinasi kuliner favorit  dan tertua di Kesawan adalah Kafe Tip Top yang menyajikan es krim legendaris. Es krim Tip Top diproses dengan cara yang sama sejak dahulu kala.   

    Oh ya, kalau Anda sedang berada di Kesawan, sempatkan mampir dulu di Rumah Tjong A Fie yang menyimpan banyak sejarah. Di dalam rumah megah dengan sentuhan kental Tionghoa ini, Anda akan melihat banyak peninggalan barang antik yang umurnya berkali-kali lipat lebih tua dari Anda sendiri.

    Kawasan kota tua di Medan terletak di sepanjang Jl. Ahmad Yani.

    3. Rumah Tjong A Fie

    Rumah tjong a fie

    Tjong A Fie adalah seorang pedagang terkaya di Medan pada Zaman Belanda. Beliau mempunyai hampir seluruh perkebunan di Sumatera. Anda bisa berkunjung ke Rumah Tjong A Fie yang terletak di kawasan kota tua Kesawan.

    Anda akan disambut dengan gerbang rumah yang dengan gaya arsitektur Tionghoa, yang akan membuka sebuah jalan menuju rumah megah dan klasik yang telah berumur 115 tahun. Di dalamnya Anda akan melihat banyak sekali perabotan antik yang masih terjaga hingga saat ini.

    4. Mesjid Raya Medan

    Tempat Wisata di Medan

    Mesjid Raya Medan, atau Mesjid Raya Al-Mansun, merupakan tempat ibadah yang bersejarah dan telah dibangun sejak tahun 1906 yang dibangun oleh Kesultanan Deli. Gaya arsitektur unik, paduan antara Timur Tengah, India, Spanyol.

    Msjid Raya Medan terletak di Jl. Sisingamangaraja, Medan.

    5. Maha Vihara Maitreya

    Vihara Maha Maitreya

    Vihara terbesar dan megah di Medan yang sering digunakan umat Buddha beribadah. Selain berkunjung beribadah, Anda diperbolehkan masuk untuk melihat ke dalam vihara.

    Maha Vihara Maitreya terletak di Kompleks Perumahan Cemara Asri, Jl. Cemara Boulevard Utara No. 8, Medan.

    6. Vihara Gunung Timur

    Tempat wisata di medan

    Vihara Gunung Timur merupakan sebuah vihara tertua di Medan. Arsitektur Vihara ini kental sekali dengan gaya Tiongkok. Biasanya pengunjung yang beribadah di Vihara ini mencari Dewa Rezeki dan Dewa Jodoh yang terletak di aula utama Vihara.Vihara Gunung Timur terletak di Jl. Hang Tuah, Medan.

    7. Kuil Shri Mariamman

    Tempat wisata di Medan

    Sebuah tempat ibadah umat Hindu tertua di Medan, Kuil Shri Mariamman dibangun sejak tahun 1884. Berbeda dengan tempat ibadah umat Hindu yang sering kita lihat, kuil ini mempunyai gaya arsitektur dan pengaruh India yang kental. Anda bisa menemukan Kuil Shri Mariamman di kawasan Kampung Madras, Kampung komunitas Tamil di Medan.

    Kuil Shri Mariamman terletak di Jl. Teuku Umar No. 18, Medan.

    8. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

    Graha Maria Annao velang
    Awalnya gereja katolik ini dibangun untuk masyarakat Tamil Medan saja, namun kemudian dibangun untuk umum. Gereja Katolik ini mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu gaya arsitektur yang mendapatkan pengaruh kental ala India.

    Graha Bunda Maria Annai Velangkanni terletak di Jl. Sakura III no. 7, Medan.

    Pertama kali pergi ke medan? Anda nggak perlu khawatir nyasar di kota metropolitan ini. Kalau bepergian kemana-mana, Anda bisa gunakan aplikasi penunjuk jalan dan siapkan paket data internet Anda yang cukup. Saat bepergian kemana saja dan pada waktu kapan saja, Sepulsa selalu ada buat Anda. Beli Paket Data di Sepulsa, Anda bisa dapat paket data plus 3 voucher belanja. Beli Paket Data semakin menyenangkan di Sepulsa!

    Selamat berpetualang, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini