Follow Us

  • Share

    Selain Manneken Pis, 10 Tempat Wisata di Belgia ini Wajib Anda Kunjungi!

    Apa yang terbayang dalam pikiran Anda saat Anda mendengar nama Belgia? Manneken Pis kah?

    Belgia bukan hanya sebuah negara tetangga Belanda yang terkenal dengan patung seorang anak kecil pipis yang fenomenal, melainkan sebuah negara yang siap memberimu petualangan wisata yang tidak terlupakan dengan kekayaan sejarah, seni, kuliner hingga keramahan warganya.

    Selain itu, uniknya Belgia adalah warganya menggunakan 3 bahasa yang menjadi bahasa nasional. Warga yang menggunakan bahasa Belanda dan Perancis merupakan mayoritas dan hanya sedikit yang menggunakan bahasa Jerman. Anda akan menemukan pengumuman di tempat umum yang menggunakan bahasa Belanda dan Perancis.

    Contoh nyatanya saat Anda travelling menggunakan kereta api dari Bandara Internasional Brussels di Zaventem ke stasiun pusat Brussels (Gare Centrale), Anda akan melihat berbagai petunjuk dan pengumuman dwi bahasa; Belanda dan Perancis.

    Jika Anda tidak berbicara bahasa Belanda ataupun Perancis, tenang saja.. Hampir seluruh warga Belgia mengerti dan bisa bahasa Inggris kok. Apalagi warga kota-kota besar seperti Brussels dan Antwerp.

    Apa saja kegiatan berwisata yang bisa Anda lakukan di Belgia? Sepulsa akan berbagi cerita mengenai hal-hal seru yang tidak boleh Anda lewatkan selagi berada di negeri pengolah cokelat dan bir ini.

    10 Tempat Wisata di Belgia yang Wajib Anda Kunjungi!

    Royal Palace of Brussels (Palais de Bruxelles)

    Istana Kerajaan Belgia di Brussels ini kerap digunakan sebagai kantor atau ruang bekerja dan sejumlah ruangan di Istana ini dibuka untuk publik pada musim panas dan musim gugur; biaya masuk gratis. Jika Anda membawa barang bawaan sebaiknya Anda titipkan pada petugas front office museum. Anda dapat mengambil barang bawaan Anda setelah Anda selesai menyusuri museum.

    Saat Anda berada di depan Istana Brussels, Anda akan kagum dengan lahannya yang luas dan dipenuhi taman indah bangunan istana yang megah. Jangan lewatkan berfoto dengan background taman ini.

    Tempat wisata di Belgia

    Anda dapat melihat beragam ruang kerajaan; mulai dari ruang menerima tamu hingga pameran koleksi kerajaan.

    tempat wisata di Belgia
    Interior Istana Kerjaan di Brussels (dokumentasi Pribadi)

    Pada checkpoint terakhir, Anda bisa meninggalkan kesan dan pesan Anda mengenai museum ini ataupun belgia pada buku tamu. Suka koleksi postcard langka? Beli berbagai postcard edisi khusus Kerajaan Belgia dan fotografi sudut-sudut ruangan Istana Brussels pada toko souvenir yang ada pada ruangan ini. 5 postcard bisa Anda beli seharga EUR 5–lebih baik daripada Anda beli postcard pasaran di toko souvenir di daerah Grote Markt.

    tempat wisata di Belgia

    Istana Kerajaan di Brussels terletak di Rue Brederode 16, B-1000 Bruxelles, Belgia. (10 menit berjalan dari Gare Centrale Brussels)

    Magritte Museum

    Di daerah sekitar Istana Kerajaan Brussels, Anda akan menemukan banyak museum. Ada museum instrumen musik, museum BELvue (sebelahan dengan Istana Kerajaan Brussels), Royal Museum of Fine Arts of Belgium.

    Saat melihat brosur di checkpoint terakhir Istana Brussels, terdapat informasi mengenai Magritte Museum yang menurut penulis sangat menarik perhatian. Koleksinya unik sekali, apalagi saat musim panas terdapat banyak pameran yang bisa Anda ikuti.

    Magritte Museum merupakan sebuah museum yang didedikasikan kepada Rene Magritte, seorang pelukis surealis. Tidak hanya Anda akan melihat karya seninya tetapi juga bagaimana sang pelukis bekerja hingga bisa menghasilkan karyanya.

    musee magritte

    Magritte Museum merupakan bagian dari Royal Museum of Fine Arts of Belgium. Jika Anda mengunjungi 4 museum seni yang ada dalam kompleks Royal Museum of Fine Arts ini, Anda cukup membayar EUR 13/ orang. Akan tetapi jika Anda hanya ingin ke Magritte Museum, Anda cukup membayar EUR 8.

    Jika Anda punya banyak waktu luang, kenapa tidak beli tiket ke 4 museum seni untuk melihat dan mengapresiasi berbagai karya seni unik ini?

    Magritte Museum (Royal Museum of Fine Arts of Belgium) terletak di Place Royale 3, Brussels 1000, Belgia. Hanya 3-5 menit berjalan dari Istana Kerajaan Brussels.

    Royal Greenhouses of Laeken

    Terletak dibagian utara kota Brussels, Anda akan menemukan sebuah tempat tinggal keluarga Kerajaan Belgia. Lahannya sangat luas sekali, dan tamannya yang sangat indah. Anda dapat mengunjungi ke dalam rumah kaca botani Kerajaan dan beragam tamannya yang mempunyai tema sendiri yaitu Chinese Pavilion, Japanese Garden; disamping itu terdapat Monument Leopold.

    tempat wisata di Belgia

    Kastil dan Rumah Kaca Laeken hanya dibuka untuk umum selama 3 minggu setiap tahunnya. Biaya masuk sekitar EUR 2.

    tempat wisata di Belgia

    Kastil Laeken terletak di Avenue du Parc Royal, Brussels 1020, Belgia. Di sekitar daerah ini, ada juga tempat wisata Atomium, lho.

    Atomium

    Sebuah tempat wisata yang berbentuk seperti untaian atom di bagian utara Brussels, telah menjadi ikon baru kota ini.  Yang menarik dari atomium adalah disetiap bangunan berbentuk atom mempunyai pameran atau koleksi seputar sains.

    tempat wisata di Belgia

    Saat Anda berada dalam museum ini, seolah-olah Anda berada di masa depan. Desain yang futuristik dan minimalis membuat Anda kagum akan sains sepanjang kunjungan Anda di Atomium.

    tempat wisata di Belgia

    Bahkan museum ini menyediakan kegiatan seru lainnya yaitu mengunjungi dan berfoto di taman miniatur Eropa dan bermain di waterpark Oceade.

    Karena banyak turis yang ingin masuk ke Atomium dan atraksi lainnya, sebaiknya Anda beli tiket online pada website resminya http://atomium.be/Prices.aspx. Jika Anda hanya ingin ke Atomium saja, harga tiket sekitar EUR 12.

    Atomium terletak di Square de l’Atomium, 1020 Bruxelles, Belgia.

    Beer Tasting di Poechenellekelder

    Setelah berkeliling di tempat wisata utama Brussels, jangan lupa untuk relaks dan mengisi kembali energi Anda dengan kuliner Belgia yang unik.

    Jika di Perancis terkenal dengan Wine, nah di Belgia terkenal dengan birnya. Di Belgia Anda dapat menemukan ratusan jenis beer dengan rasa yang unik yang dihasilkan dengan cara yang berbeda. Anda tidak perlu pergi ke pabrik bir untuk mencicipinya, cukup dengan berkunjung ke Bar di kota-kota Belgia.

    Poechenellekelder, sebuah bar yang menjual 150 tipe bir. Ini surga bagi Anda yang suka bir atau penasaran ingin mengicip bir Belgia. Anda tidak harus pesan satu gelas penuh untuk setiap tipe bir, Anda bisa kok memesan menu sampler bir. Jika Anda tidak minum alkohol dan ingin tahu bar ini seperti apa, terdapat berbagai minuman non-alkohol juga kok.

    Interior Poechenellekelder sangat unik, desainnya yang cukup tua dan dihiasi berbagai boneka membuat bar ini lebih mirip seperti museum. Harga bir di bar ini agak mahal tapi kualitasnya sangat baik.

    tempat wisata di Belgia

    Poechenellekelder terletak dekat dengan Mannekin Pis, lebih detailnya lokasi bar ini di Rue du Chêne 5, 1000 Bruxelles, Belgia.

    Kunjungi Bar Le Porte Noire yang Akan Membawamu ke Abad 16

    Le Porte noir, sebuah bar yang akan membawa Anda ke masa lampau ini menyediakan menu 100 jenis bir dan berbagai cerutu. Bisa dikatakan, Anda bisa minum bir sambil gaya merokok cerutu.

    Selain itu, bar ini juga menyediakan berbagai makanan. Bahkan Anda bisa memesan sebuah cheese plater dengan bir yang ingin Anda cicipi.

    tempat wisata di Belgia

    Lokasi Bar ini dekat dengan Grote Markt (Grand Place). Le Porte Noire terletak di Rue des Alexiens 67, 1000 Bruxelles, Belgia.

    Piere Marcolini Chocolatier

    Patut diacungi jempol, meskipun negara eropa (termasuk belgia) tidak cocok iklimnya untuk menanam coklat yang berkualitas tinggi, namun negara ini mampu mengolahnya sedemikian rupa sampai kita semua kenal ‘Coklat Belgia’. Keren ya? Padahal tanah dan iklim Indonesia jauh lebih baik untuk budidaya coklat.

    Beberapa merk chocolatier Belgia yang sering Anda temui di kota-kota Belgia seperti Leonidas dan Godiva menjual coklat yang enak sekali. Tapi jika Anda ingin mencicipi atau membawa oleh-oleh coklat dengan yang lebih unggul, sebaiknya Anda berkunjung ke Chocolatier Pierre Marcolini.

    tempat wisata di Belgia

    Pierre Marcolini terkenal dengan chocolate truffle dan macaron yang dipresentasikan dalam kemasan indah. Anda bisa memberi coklat ini sebagai oleh-oleh ataupun hadiah bagi teman ataupun keluarga yang sangat berarti untuk Anda.

    tempat wisata di Belgia

    Kunjungi toko coklat Pierre Marcolini di Place du Grand Sablon | Rue Des Minimes 1, Brussels 1000, Belgia.

    Jika ada waktu, Kunjungi Festival Musik Tomorrowland

    Tomorrowland bukan lagi hal yang asing bagi anak muda yang suka mendengar lagu EDM. Berbagai musisi internasional yang meramaikan panggung Tomorrowland seperti Axwell, Ingrosso, Alesso, Tiesto, dan musisi yang sedang naik daun lainnya. Festival ini berlangsung hingga 2 minggu namun tiketnya biasanya habis terjual dalam hitungan hari.

    tempat wisata di Belgia

    Festival yang diadakan setiap tahun ini, selalu memukau pengunjungnya dengan dekorasi yang fantastis. Seolah-olah pengunjung memasuki sebuah ruang penuh imajinasi.

    Untuk jadwal dan pembelian tiketnya, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya https://www.tomorrowland.com/en/festival/tickets/official-ticket-channels.

    Tomorrowland di Belgia biasanya diadakan di kota Boom–terletak diantara Antwerp dan Brussels.

    Berpetualang ke Kastil Abad Pertengahan, Kastil Gravensteen di Ghent

    Nama kastil ini berarti sebuah kastil bangsawan yang bergelar “counts” dalam bahasa Belanda. Kastil yang dibangun pada abad pertengahan (sekitar tahun 1100-an) oleh Philip dari Alsace. Pada tahun 1885, pemerintah Ghent melaksanakan proyek restorasi kastil ini sehingga dapat bertahan hingga saat ini.

    Kastil ini sangat besar dan megah, dan juga dilengkap dengan bentengnya. Kastil inipun seperti yang Anda lihat pada film atau tv series. Tahukah Anda Kastil Gravensteen sempat digunakan sebagai gedung pengadilan, penjara bahkan pabrik? Oh ya, biaya masuk akan dikenakan sebesar 10 EUR per orang.

    tempat wisata di Belgia

    Dari Brussels, Anda bisa mengunjungi Ghent menggunakan kereta api, bus, ataupun mobil pribadi. Kastil Gravensteen terletak di Sint-Veerleplein 11, 9000 Gent, Belgia.

    Durbuy, desa terkecil sedunia

    Hanya 2 jam berkendara dari Brussels, Anda akan tiba pada desa Durbuy yang sangat tenang dengan ritme kehidupan yang santai. Jika Anda pusing melihat keramaian, desa ini sangat cocok untuk Anda karena populasi desa ini hanya 500 orang. Oh ya, desa Durbuy ternyata sudah ada sejak tahun 900-an (abad pertengahan)

    tempat wisata di Belgia

    Durbuy menawarkan pengalaman berpetulang yang tak kalah dari kota-kota besar di Belgia. Anda bisa berlayar dengan kano di sungai yang mengantar Anda pada sudut-sudut desa, berkunjung ke kastil, hingga makan malam di restoran yang menawarkan kuliner khas Belgia.

    Selamat berpetualang di Belgia ya, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini