Follow Us

  • Share

    Ke Volendam Udah Biasa, Kunjungi 14 Tempat Wisata di Belanda Ini Yuk!

    Belanda, sebuah negara kincir angin yang menjadi destinasi Eropa favorit turis Indonesia. Selain ada hubungan historis dan kultur yang erat, Belanda menjadi tujuan wisata idaman karena kota-kotanya yang indah, bersepeda kemana-mana, bunga tulip dan tentunya surga bagi yang cinta dengan keju.

    Tak hanya itu, karena kota Amsterdam terkenal dengan kehidupan urban yang berwarna dan dinamis, kota ini selalu ramai akan pengunjung dari seluruh benua; sebagian besar berdatangan dari Eropa dan Asia.

    Waktu yang tepat untuk mengunjungi Belanda adalah pada waktu musim semi atau musim gugur. Hanya pada musim semi kamu akan melihat bunga Tulip bermekaran, kamu akan puas menikmati lahan besar yang diramaikan oleh bunga Tulip di Keukenhof. Musim semi berlangsung dari April hingga Mei.

    Di musim gugur menjadi salah satu waktu terbaik mengunjungi Belanda karena sebagian besar turis telah pulang dari liburan musim panas dan sekolah-sekolah umumnya mulai pada bulan September. Musim gugur berlangsung pada bulan September hingga November.

    Belanda tak hanya dikenal dengan oleh-oleh khasnya seperti klompen (sepatu kayu), keju, dan keramik china blue, tetapi juga kaya akan sejarah yang terarsip dengan baik di museum. Selain itu, banyak juga aktivitas menyenangkan ala masyarakat lokal yang membuat kamu terpesona dengan budaya Belanda.

    Petualangan apa saja negara Belanda tawarkan kepada kamu? Sepulsa akan berbagai 24 tempat wisata di Belanda yang bakal membuat liburan Eropa kamu berkesan. Yuk, kita mulai!


    1. Heineken Experience

    Anda Pencinta Bir? Jangan lewatkan kesempatan mencicipi bir Heineken dan menyaksikan proses pembuatannya secara langsung di Heineken Experience!

    Tempat wisata di Belanda

    Sebuah pabrik pembuatan bir Heineken yang disulap menjadi sebuah tempat wisata atraksi. Heineken merupakan sebuah merk bir Belanda yang sudah mengglobal dan tempat ini didedikasikan untuk berbagi sejarah pembuatan bir heineken beserta prosesnya.

    Ketika kamu memasuki Heineken Experience, kamu akan terkagum dengan interior bangunan tua yang terjaga. Kamu akan menemukan bagian-bagian distilasi yang dahulu digunakan untuk membuat sebuah bir.

    Semakin kamu mengeskplor atraksi ini, kamu akan terkagum lagi dengan interior di lantai atas yang futuristik. Bahkan terdapat atraksi 4D experience yang membawa kamu seolah-olah dalam propses pembuatan bir Heineken.

    Tempat Wisata di Belanda

    Anda akan melihat bagaimana proses pembuatan bir tahap awal hingga akhir dan juga bisa mencicipinya. Kamu akan tahu bedanya bir yang diproses pada tahap awal dan akhir, menurut penulis, bir yang diproses tahap awal lebih manis dibandingkan diproses hingga tahap akhir.

    Yang menariknya lagi, ada edukasi cara menikmati bir lho! Bisa jadi selama ini kamu menikmati bir dengan cara yang kurang benar.

    Oh ya, pada lantai atas, kamu akan diberikan minuman bir Heineken. Jika kamu tidak minum alkohol, kamu bisa meminta soda.

    Tempat Wisata di Belanda

    Satu tips nih; sebelum meninggalkan Heineken Experience, sebaiknya kamu membeli sovenir berupa gelas bir Heineken dan meminta petugasnya untuk mengukir nama kamu. Kapan lagi nih, punya gelas bir Heineken dengan nama sendiri?

    Tempat wisata di Belanda

    Biaya masuk tiket Heineken Experience sebesar EUR . Agar tidak mengantri panjang, sebaiknya kamu beli tiket masuk secara online sehingga lebih praktis dan tidak perlu mengantri lama-lama. Kamu bisa membeli tiket di website resminya https://tickets.heinekenexperience.com/.

    Bagi kamu yang lebih suka tour VIP, ada paket tour VIP Beer Tasting di Heineken Experience. Kamu akan mencicipi 5 bir premium dengan makanan keju Belanda selama 2,5 jam. Kamu bisa mengecek websitenya diatas untuk melakukan booking.

    Heineken Experience terletak di Stadhouderskade 78, 1072 AE Amsterdam, Belanda.


    2. Vondelpark

    Nggak jauh dari Heineken Experience, kamu akan menemukan sebuah taman pusat muda-mudi Amsterdam berkumpul. Taman ini terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan teater dan pertunjukan seni lainnya secara terbuka.

    Beberapa acara ada gratis, dan jika ada acara yang berbayar sebaiknya kamu melakukan booking secara online terlebih dahulu. Kamu bisa mengecek pertunjukan di teater terbuka ini melalui http://www.openluchttheater.nl/.

    Tempat Wisata di Belanda

    Oh ya, kamu bisa nih piknik di Vondelpark. Relaksasi bersama keluarga, teman ataupun dengan diri sendiri dengan makanan dan minuman kesukaanmu.

    Tempat Wisata di Belanda

    Vondelpark terletak di Stadhouderskade 47I, 1072 AA Amsterdam, Belanda.


    3. Van Gogh Museum dan Rijksmuseum (Museumplein)

    Tak jauh dari Vondelpark dan Heineken Experience, kamu akan menemukan sebuah daerah yang dikenal akan museum tingkat dunia yaitu Museumplein (museum square). Dalam Museumplein, kamu akan menemukan Museum Van Gogh dan Rijksmuseum.

    Museum Van Gogh terkenal akan lukisan Van Gogh yang sudah melegenda ke seluruh dunia. Rijksmuseum merupakan museum nasional Belanda yang menampilkan sejarah dan kesenian Belanda.

    Tempat wisata di Belanda

    Kedua museun ini tidak pernah sepi pengunjung, kalau kamu mau mengunjunginya kedalam museum ini kamu sebaiknya melakukan pembelian tiket secara online. Hal ini disebabkan karena ada perbedaan antrian; antrian tiket online dan antrian tiket offline (on the spot).

    Harga tiket:

    Oh ya, kalau kamu tidak sempat mengunjungi ke dalam dua museum itu, kamu bisa kok hanya bermain di wilayah Museumplein ini yang ramai akan berbagai macam bunga seperti bunga matahari yang menghiasi halaman Museum Van Gogh.

    Tempat Wisata di Belanda

    Disamping itu kamu juga bisa berfoto pada sebuah patung tulisan ikonik I AMSTERDAM dekat Rijksmuseum. Kamu hanya menemukan ikon ini hanya di Amsterdam.

    iamsterdam

    Museum Van Gogh terletak di Museumplein 6, 1071 DJ Amsterdam, Belanda.

    Rijksmuseum terletak di Museumstraat 1, 1071 XX Amsterdam, Belanda.


    4. Albert Cuypstraat

    Hanya 5-10 menit berjalan ke arah selatan dari Heineken Experience, kamu akan menemui sebuah pasar sepanjang jalan Albert Cuypstraat. Pasar ini tidak seperti pasar basah ataupun pasar konveksi yang sering kamu lihat di Indonesia.

    Pasar Albert Cuypstraat terdiri dari berbagai toko yang tertata rapi dan nyaman untuk dikunjungi. Disana kamu akan menemui penjual makanan khas Belanda, keju segar, tanaman, hingga pakaian.

    Tempat wisata di Belanda

    Disini, kamu juga bisa menemukan toko yang menjual berbagai macam keju Belanda dan keju Eropa lainnya. Keju Belanda yang harus kamu coba adalah smoked cheese, dan cheese with spices and herbs.

    Tempat wisata di Belanda

    Anda tidak memerlukan tiket untuk mengunjungi Pasar Albert Cuypstraat. Kamu bisa melihat toko apa saja yang ada di sepanjang jalan ini pada website resminya http://albertcuyp-markt.amsterdam/?lang=en.

    Pasar Albert Cuypstraat terletak di Albert Cuypstraat, 1073 BD Amsterdam, Belanda.


    5. Tropenmuseum

    Ingin melihat koleksi peninggalan sejarah yang berasal dari seluruh belahan dunia? Tropenmuseum jawabannya. Museum ini menampilkan pameran sejarah dan budaya dari Seluruh bagian Asia, Karibia, hingga Afrika. Kalau kamu penikmat sejarah dan tertarik akan budaya dari berbagai negara, jangan lewatkan Tropenmuseum dari perjalanan wisata kamu di Amsterdam.

    Tempat wisata di Belanda

    Harga tiket masuk tropenmuseum untuk dewasa diatas 18 tahun sebesar EUR 15.00. Kamu bisa membeli tiketnya secara online pada website resminya https://tropenmuseum.nl/nl/online-tickets-reserveer-nu.

    Tropenmuseum terletak di Linnaeusstraat 2, 1092 CK Amsterdam, Belanda.


    6. Het Scheepvaart Museum (Amsterdam Maritime History Museum)

    Kebayang nggak dulu kapal VOC seperti apa? Kamu bisa melihat satu kapal VOC yang bersejarah ini pada Amsterdam Maritime History Museum.

    scheepvaart

    Belanda juga dikenal dengan keahliannya berlayar keliling dunia dan memperluas sayap perdagangannya melalui pelayaran. Perkaya pengetahuanmu tentang maritim Belanda pada museum ini.

    tempat wisata di belanda

    Harga tiket masuk Het Scheepvaart Museum untuk dewasa diatas 18 tahun sebesar EUR 15.00. Kamu bisa membelinya pada website resmi https://tickets.hetscheepvaartmuseum.nl/scheepvaartmuseum/nl/flow_configs/het-scheepvaartmuseum/steps/start/z_event/4380.

    Het Scheepvaart Museum terletak di Kattenburgerplein 1, 1018 KK Amsterdam, Belanda.


    7. Bijenkorf

    Di Belanda jarang sekali ada mall. Jika masyarakat Belanda ingin berbelanja, mereka akan pergi langsung ke toko-toko.

    Bijenkorf merupakan sebuah Mall yang terkenal di Belanda yang menjual barang High-End. Kamu bisa menemukan Mall ini di Amsterdam, Den Haag, Rotterdam, Amstelveen, Eindhoven, Maastricht, dan Utrecht.

    Bijenkorf

    Pengen tahu seperti apa Bijenkorf? Kamu bisa kok cuci mata disana. Bijenkorf di Amsterdam terletak di  Dam 1, 1012 JS Amsterdam, Belanda.


    8. Paleis Amsterdam (Royal Palace of Amsterdam)

    Tidak jauh dari Bijenkorf, masih berada di kawasan Dam Square, kamu pasti memerhatikan ada gedung besar yang dihiasi oleh untaian patung seni. Gedung tersebut adalah Paleis Amsterdam, Istana Kerajaan Belanda di Amsterdam.

    Istana Kerajaan Belanda di Amsterdam ini terbuka untuk umum. Kamu bisa melihat berbagai peninggalan sejarah. Kalau kamu pengagum interior ataupun arsitektur, seluruh sudut dalam bangunan akan memberikan inspirasi sehingga kamu sebaiknya tidak melewatkan tempat wisata ini.

    Tempat wisata di Belanda

    Harga tiket masuk Paleis Amsterdam untuk dewasa diatas 18 tahun sebesar EUR 9 (termasuk panduan audio), dan kamu bisa membeli tiketnya online via website resminya https://www.paleisamsterdam.nl/en/visit/.


    9. Anne Frank House

    Anda pasti pernah dengar kisah tragedi Anne Frank, kan?

    Anne Frank merupakan seorang gadis yahudi yang menuliskan kesehariannya pada sebuah catatan ketika kebijakan anti yahudi Nazi Jerman berlaku. Orang tua Anne Frank dan kolega bisnis mereka membangun sebuah persembunyian dibelakang tempat usaha Ayah Anne Frank.

    Tak sempat rampung sepenuhnya, tempat persembunyian ini digunakan oleh mereka ketika badan SS Nazi Jerman mendatangi rumah mereka.(saat itu Jerman menginvasi Belanda pada tahun 1943).

    anne frank home

    Anne Frank House, sebuah museum yang memberikan pengetahuan sejarah dan kamu bisa melihat ruang persembunyian mereka.

    Tempat wisata di Belanda

    Sebaiknya kamu membeli tiket secara online pada website resminya. Sebaiknya kamu melakukan booking 2 (dua) bulan sebelum waktu kunjungan kamu. Pukul 09.30-15.30, museum melayani pengunjung dengan tiket online. Setelah pukul 15.30, museum baru melayani pengunjung dengan tiket offline atau bisa membeli on the spot.

    Karena museum ini terkenal hingga ke seluruh pelosok dunia, tidak heran banyak sekali pengunjung yang mengantre panjang untuk bisa melihat kedalamnya.

    Kalau kamu tidak merencanakan kunjungan, kamu akan mengantre lama. Nah praktisnya, kamu rencanakan dengan baik dan sudah beli tiket 2 bulan sebelum tanggal berkunjung. Agar tidak menunggu lama, sebaiknya kamu mengunjungi museum ini lebih pagi sekitar jam 8.30.

    Anne Frank House terletak di Prinsengracht 263-267, 1016 GV Amsterdam, Belanda.


    10. Zaanse Schans

    Ingin melihat suasana pedesaan Belanda? Tidak perlu jauh-jauh ke selatan, kamu bisa menemukan sebuah kota kecil Zaandam dengan berkendara 20 menit dari Amsterdam.

    Zaanse Schans via Trip Advisor

    Zaanse Schans merupakan suatu pedesaan Belanda disana identik dengan rumah kecil yang terbuat dari kayu dan berwarna hangat, jalur berjalan dan jalur sepeda yang nyaman, dan sejumlah kincir angin.

    Tempat wisata di Belanda

    Ketika kamu berwisata ke desa ini, kamu akan banyak mengetahui mengenai awal mula desa ini, hingga cerita dibalik Kincir Angin. Fakta unik, kincir angin di Belanda bukan hanya sebagai cadangan energi untuk menggerakkan mesin.

    Tapi sebagai pompa untuk mengusir air yang bakal menggenangi tanah-tanah di Belanda berada dibawah permukaan laut. Disamping itu, tenaga anginnya digunakan untuk memotong kayu seperti pada zaman dahulu.

    Walaupun proses pemotongannya lama, akan tetapi hasilnya tepat dan malah lebih tepat daripada menggunakan mesin yang digerakkan listrik. Zaanse Schans terletak di Zaandam (dekat Zaandijk).


    11. Kubuswoningen (Rumah Kubus), Rotterdam

    Kota Metropolitan setelah Amsterdam, Rotterdam mempunyai kejutan menarik bagi kamu yang menyukai arsitektur unik. Ada sebuah kompleks perumahan yang berbentuk kubus. Di dalamnya kamu akan terkejut sejumlah ruangan bisa muat dalam kubus yang minimalis ini.

    tempat wisata di Belanda

    Sebelum meninggalkan Rotterdam, sempat-sempatlah berfoto di Kubuswoningen ini sebagai sovenir kenangan ketika kamu pulang.

    Tempat Wisata di Rotterdam

    Kubuswoningen terletak di Overblaak 70, 3011 MH Rotterdam, Belanda.


    12. Keukenhof, Lisse

    Setiap musim semi, 800 jenis bunga tulip mekar di seluruh wilayah Keukenhof. Luas lahan Keukenhof mencapai 32 hektar. Catat, hanya pada akhir Maret hingga pertengah Mei, kamu diperbolehkan mengunjungi Keukenhof.

    keukenhof

    Keukenhof menjadi suatu tempat wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga. Tak hanya bisa berfoto dengan beragam bunga tulip, ada sejumlah aktivitas lainnya yaitu treasure hunt, petting farm, dan bermain di playground.

    Tempat wisata di Belanda

    Keukenhof terletak di 2160 AB, Stationsweg 166, 2161 AM Lisse, Belanda.


    13. Efteling, Kaatsheuvel

    Kalau kamu penyuka taman hiburan (Theme Park) seperti Disneyland, Belanda juga punya dan nggak kalah keren. Efteling, sebuah taman hiburan yang terletak di bagian selatan Belanda menawarkan suasana bermain di masa lampau, taman hiburan dengan suasana pedesaan Eropa dengan sentuhan fantasy.

    Tempat wisata di Belanda

    Anda bisa membawa keluargamu kesini karena Efteling mempunyai wahana untuk segala jenis usia. Ada wahana khusus untuk anak-anak, semua umur, dan juga wahana untuk dewasa yang memacu adrenalin kamu.

    Tempat Wisata di Belanda

    Daripada mengantri panjang dan lama, sebaiknya kamu beli tiketnya online. Harga tiket untuk dewasa diatas 18 tahun sebesar EUR 35.50-37.50 per orang.

    Efteling terletak di Europalaan 1, 5171 KW Kaatsheuvel, Belanda.

    Memang, mengunjungi seluruh museum ataupun semua destinasi yang ada di Belanda dihitung-hitung cukup mahal. Pilihlah tujuan tempat wisata yang kamu suka dan sangat ingin kunjungi. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu dengan membaca website resminya.

    Goede Reis en Veel Plezier! Semoga perjalanan kamu ke Belanda menyenangkan dan selamat bersenang-senang, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini