Follow Us

  • Share

    Tempat-Tempat Wajib Apabila Anda Pergi ke Jawa Tengah

    Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri kalau di Indonesia sendiri masih banyak tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi dan sama menariknya dengan wisata dalam negeri. Jawa Tengah menjadi tempat liburan yang seru juga untuk dikunjungi lho ternyata! Bisa nih alternatif untuk Anda yang ingin ke luar kota selain ke Bandung dan ke Puncak. Berikut Sepulsa berikan 5 tempat seru yang harus banget Anda kunjungin kalau liburan ke Jawa Tengah yang sudah dikurasi oleh traveler enthusiast huhuy.

    Nonton Matahari Cetar di Bukit Gancik

    Bukit Gancik

    How about start your day with watching beautiful sun rise? Pagi hari adalah waktu dimana Anda harus melakukan hal yang paling bikin semangat agar hari Anda berlangsung dengan ceria. Tempat melihat matahari terbit yang paling asyik adalah dari Bukit Gancik karena bayangkan saja Anda berada di atas bukit setinggi 1500 mdpl dan naik lagi ke atas gardu 9 meter jadi Anda bisa melihat pemandangan 3 Gunung besar yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sewu! Wah tinggal keluarkan saja kamera atau smartphone Anda untuk update keindahan ini dan bikin sirik followers Anda!

    Naik Motor Bawah Air di Umbul Ponggok

    Umbul Ponggok

    Mata Anda sudah fresh dan paru-paru pun sudah diisi dengan oksigen bersih sehabis dari Bukit Gancik. Habis ini asyiknya sih melakukan aktivitas fisik yang seru mumpung badan Anda lagi fit seperti berenang di Umbul Ponggok, Klaten. Namanya serem ya kayak hutan aneh mistis yang dipenuhi makhluk-makhluk gaib dan Anda bakal dibawa ke dunia lain.

    Ternyata eh ternyata tempat ini menyediakan spot foto underwater yang paling unik dan hits! Umbul Ponggok ini berupa kolam renang besar yang dalamnya 1,5 meter-2,5 meter yang menggunakan mata air alami. Ah kolam renang doang kirain apaan! Wey coba kita selami dahulu kolam itu baru Anda tahu apa yang unik dari Umbul Ponggok ini.

    Keluarkan action cam Go Pro karena Anda pasti gatel pengen foto ala geng motor di bawah air dan pura-pura baca koran dalam air. Yah bebas deh terserah Anda mau bergaya underwater seunik mungkin.

    Umbul Ponggok – Jl. Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474, Indonesia

    Senin-Jumat 07.00-17.00

    Tiket masuk : Rp15.000

    Nikmati Eksotisme Candi Cetho

    candi cetho

    Apakah Anda bener-bener ke Jawa Tengah kalau tidak berkunjung ke situs Candi? Kalau Anda sebelumnya sudah pernah mengunjungi candi borobudur, gimana kalau Anda mencoba ke Candi Ceto. Candi Ceto berada di Kabupaten Karanganyar bekas peninggalan kerajaan agama Hindu dan ditemukan pada tahun 1842 oleh Van De Vlies. Yang menarik dari Candi Ceto adalah pemandangan kebun teh sejauh mata memandang karea Candi Ceto berada di kaki Gunung Lawu.

    Candi Ceto – Sembungan, Kejajar, Wonosobo Regency, Central Java 56354, Indonesia

    Buka mulai jam 2 pagi – 5 sore

    Tiket Masuk: Wisatawan Domestik Rp7000 & Wisatawan Mancanegara Rp25.000

    Wisata Baturaden

    Teater Alam Baturaden

    Baturaden adalah resort wisata dimana Anda bisa menemukan air terjun, mini train, perahu, dan kolam renang cocok apabila Anda ingin berlibur sekeluarga ada kakek, nenek, tante, om, dan keponakan-keponakan kecil Anda. Baturaden bisa ditempuh selama 15 menit saja dari Purwokerto menggunakan kendaraan pribadi. Hati-hati ya kalau kesini karena jalannya banyak tanjakan yang curam.

    Kalau mau merasakan sensasi menonton bioskop yang unik maka Anda harus ke Teater Alam Baturaden yaitu bioskop berbentuk pesawat jenis Foxer bekas Garuda Indonesia, kalau mau kesini Anda hanya perlu membayar Rp5000. Film yang ditayangkan bukan film kekinian seperti Fifty Shades of Grey lho ya! Tapi film keindahan alam Indonesia dan film bencana Tsunami.

    Mengejar Matahari di Bukit Sikunir

    bukit sikunir

    Ketagihan pasti deh ANDA kalau sudah sekali melihat sunrise langsung dari atas bukit karena memang momen ketika melihat matahari terbit dari timur itu bener-bener breathtaking. Bukit Sikunir terkenal dengan fenomena Golden Sunrise Sikunir karena dari puncak kita bisa melihat gunung-gunung berbaris dikejauhan. Bukit Sikunir menjulang di ketinggian sekitar 2000 mdpl dan di kaki bukit Anda bisa menjumpai Telaga Cebong.

    Saking cantiknya pemandangan sunrise ini disebut-sebut sebagai pemandangan terindah se-Asia Tenggara. Katanya  sih waktu terbaik untuk menikmati pemandangan ini bulan Juli-Oktober karena sedang kemarau jadi tak banyak kabut yang menghalangi view Anda. Untuk mencapai puncak Anda harus berjalan sekitar 1km dengan medan yang rada menanjak. Tips buat Anda: jangan lupa pakai pakaian tebal dan sepatu lari yang nyaman.

    Bukit Sikunir – Sembungan, Kejajar, Wonosobo Regency, Central Java 56354, Indonesia

    Tiket Masuk: Rp5.000

    Berendam di Taman Air Panas Guci

    Setelah lelah beraktifitas seharian dan badan terasa pegal-pegal, cobain merelaksasi otot kaku Anda ke pemandian air panas Guci yang terletak di Desa Guci, Kabupaten Tegal. Pemandian Guci terletak tepat di bawah kaki Gunung Slamet di bagian utara di atas ketinggian 1000 Mdpl dengan pemandangan dari atas gunung yang indah.

    Kalau Anda sudah pernah berendam di Ciater, Guci ini tidak jauh beda kok dengan Ciater dengan hawa sejuk dan air hangat yang menyegarkan. Mitosnya nih, kalau Anda kesini pada malam Jumat kliwon dan mandi jam 12 malam maka permohonan Anda akan dikabulkan. Kata warga sekitar istilahnya tuh ‘ngalap berkah’. Yah Anda coba aja jam 12 malem mandi disana siapa tahu ada yang nemenin hihihi.

    Taman Air Panas Guci – Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

    Harga tiket masuk pada hari libur : Rp6000 untuk anak-anak dan Rp7000 untuk orang dewasa

    Pada hari biasa: Rp5.000 untuk dewasa dan Rp4.500 untuk anak-anak

    Main Air di Pantai Pulau Panjang

    pantai pulau panjang

    Gak cuman ada Karimunjawa aja geng di Jepara itu ternyata ada juga satu pulau asik dan indah yaitu Pantai Pulau Panjang namanya. Dari Jepara ke Pantai Pulau Panjang hanya membutuhkan 10 menit saja karena jaraknya cuman 2,5 km tidak seperti Karimunjawa yang lebih jauh. Kamu bisa pilih mau naik perahu kayu dengan harga Rp15.000 saja atau kamu bayar Rp200.000 pakai speedboat. Tapi kalau pake perahu kayu kamu harus tunggu sampai penuh dengan penumpang dulu baru kapal akan berangkat, yah kayak angkot gitu deh. Selain main di pantai kamu juga bisa berziarah ke makam Syekh Abu bakar, beliau adalah salah satu orang yang menyebarkan islam di Jepara. Tapi sayang sekali kamu gak bisa menginap di Pulau Panjang karena belum ada fasilitas penginapan dan belum ada penghuni di pulau ini.

    Pantai Pulau Panjang – Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah

    Harga kapal kayu : Rp15.000

    Harga speedboat: Rp200.000-Rp300.000

    Menikmati Alam di Gunung Merbabu

    gunung merbabu

    Mendaki gunung

    Lewati lembah

    Bersama teman bertualaaaang

    Siapa yang masih ingat dengan lagu kartun masa kecil kita yaitu Ninja Hatori hayoo? Sepulsa Mates yang mungkin sudah jengah dengan kepelikan kota dan bosan naik turun tangga gedung tinggi, yuk pakai otot betisnya untuk mendaki gunung Merbabu saja. Gunung Merbabu adalah gunung di Jawa Tengah dengan ketinggian 3145 Mdpl menjadi salah satug gunung tertinggi di Jawa Tengah.

    Khusus traveler yang senang banget dengan hal-hal menantang, Merbabu adalah pilihan yang tepat dengan track panjang yang menantang. Menurut rekomendasi, track paling favorit menuju puncak Merbabu adalah jalur Selo. Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi serta aksesnya pun lebih mudah dan lebar. Sebelum mendaki gunung, pastikan Anda dan teman-teman Anda sudah berlatih fisik dan mental karena pendakian cukup melelahkan apalagi dengan bawaan barang yang berat.

    Gunung Merbabu – Suroteleng, Selo, Boyolali, Jawa Tengah

    Harga penitipan motor: Rp5000/motor

    Harga registrasi: Rp15.000/orang

    Jangan Takut Basah di Kali Pusur

    Riverboarding Kali Pusur

    Jangan sedih kalau Anda ingin surfing di pantai tapi apa daya gak bisa berenang dan ingin main air seperti teman-teman Anda yang lain. Ajakin deh teman-teman Anda main riverboarding di Kali Pusur, Klaten. Surfing di pantai mungkin terlalu menyeramkan untuk pemula seperti Anda sedangkan riverboarding cenderung lebih aman soalnya di Kali Pusur kamu bisa bermain di arus sungai yang aman dan tidak banyak berbatu jadi Anda tidak perlu khawatir takut celaka.

    Meskipun baru buka tahun 2012, namun Kali Pusur sudah banyak sekali peminatnya. Eh Anda gak perlu bawa ban berenang kayakg gitu soalnya tiap pengunjung yang datang kesini pasti akan dipinjamkan papan riverboarding, helm, dan pelampung kok.

    Kali Pusur – Desa Kali Pusur, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah

    Harga : Rp150.000 untuk 2 jam

    Melihat Sejarah Batik di Museum Batik Pekalongan

    Museum Batik

    Kalau Anda terbiasa membeli batik dan menggunakannya, tidak ada salahnya berkunjung ke Museum Batik Pekalongan untuk mengetahui langsung sejarah batik di Indonesia. Diresmikan pada tahun 2006 silam, Museum Batik menempati bekas bangunan peninggalan Belanda yang dulunya adalah pabrik gula.

    Anda bisa melihat langsung koleksi batik dari jaman dulu dan dari berbagai daerah di Nusantara. Batik tidak hanya di pulau Jawa saja tetapi juga ada di Sumatera, Papua, Kalimantan, dan juga luar negeri. Disini Anda bisa juga mencoba bagaimana proses pembuatan batik tulis menggunakan canting dan lilin.

    Museum Batik Pekalongan – Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

    Buka mulai jam 8 pagi-3 sore

    Harga tiket masuk: Untuk dewasa Rp5000, untuk pelajar TK s.d SMA Rp2000, untuk wisatawan mancanegara Rp10.000

    Pastikan Tagihan Anda Sudah Dibayar Sebelum Pergi Liburan!

    Hayoo mau pergi liburan jangan sampai berpikir PLN dan PDAM juga bakal libur guys. Jangan lupa untuk membayar tagihan Anda menggunakan Sepulsa karena banyak sekali benefit yang bisa Anda dapatkan dengan 1 aplikasi kecil ini.

    1. Hemat Tenaga dan Waktu. Sepulsa paham betul kalau Anda ini males banget kalau disuruh jalan siang-siang atau malem-malem ke ATM buat bayar PLN/PDAM/Tagihan telepon. Dengan Sepulsa Anda hanya perlu melakukan hal ini dari tempat tidur Anda.
    2. Bayar dengan Sepulsa Kredit. Top-up Sepulsa Kredit Anda dan lakukan pembayaran apapun dari mana saja dan kapan saja tanpa hambatan.
    3. Voucher gratis! Mau makan gratis tapi bokek karena baru beli pulsa? Tidak akan lagi terjadi sama Anda karena dengan setiap transaksi Anda bisa mendapatkan voucher makan, nonton, dan belanja gratis dari merchant online dan offline.

    Download aplikasi Sepulsa di Iphone atau Android dan segera ambil voucher Anda!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini