Follow Us

  • Share

    Tanpa Kartu Kredit, Begini Cara Cicil Barang Elektronik dengan Mudah

    Kartu kredit memang dapat memberi banyak kemudahan dalam bertransaksi. Banyaknya penawaran menarik seperti diskon, cicilan 0%, cashback, hingga rewards points membuat produk perbankan yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang. Namun, tak sedikit juga yang mengalami kesulitan dan bahkan penolakan saat mengajukan atau apply kartu kredit.

    Apakah Anda salah satunya? Jika ya, tentunya Anda akan kesulitan jika ingin membeli barang atau produk yang dibutuhkan secara kredit, misalnya barang elektronik. Mulai dari kategori peralatan rumah tangga seperti kulkas, TV, AC, mesin cuci, hingga kategori alat telekomunikasi seperti smartphone.

    Tak jarang, barang-barang tersebut rusak dan memiliki urgensi yang tinggi untuk diganti dengan yang baru. Nah, dalam kondisi seperti ini, kartu kredit tentunya dibutuhkan jika uang tunai dalam tabungan tidak cukup.

    Namun kini, Anda tak perlu lagi khawatir. Pasalnya, seiring perkembangan teknologi yang pesat. cara kredit atau cara mencicil pun juga telah memiliki banyak inovasi, salah satunya adalah fasilitas kredit instan berbasis online tanpa kartu kredit.

    Ini 4 cara yang bisa Anda coba untuk mencicil barang elektronik yang dibutuhkan dengan mudah tanpa kartu kredit.


    1. Cari dan beli barang di toko online

    Berbelanja di toko online atau e-commerce kini telah menjadi gaya berbelanja yang populer di kalangan masyarakat urban. Beragam kategori barang termasuk barang elektronik juga sudah tersedia di berbagai toko online.

    Anda bisa mencoba mencari dan membeli barang elektronik yang Anda butuhkan di toko online. Pasalnya, toko online menyediakan beragam metode pembayaran menarik yang bisa Anda pilih, mulai dari transfer tunai via ATM, kartu kredit, via minimarket, via cicilan atau kredit tanpa kartu kredit, hingga Cash-on-Delivery (COD).

    Beberapa e-commerce besar dan kredibel seperti Sepulsa dan beberapa online shop telah memiliki metode cicilan atau kredit online tanpa kartu kredit yang bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Kredivo. Telah memiliki metode cicilan atau kredit online tanpa kartu kredit yang bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Kredivo.

    Membeli barang elektronik via toko online juga tentunya lebih mudah. Anda bisa mengecek spesifikasi produk hingga membandingkan harga antara toko online satu dengan yang lain dalam satu gadget. Tak perlu repot-repot datang layaknya membeli di toko konvensional.

    Pengiriman barang elektronik juga ditanggung oleh pihak toko online, Anda hanya perlu membayar jasa kirimnya saja. Jika barang tidak sesuai atau ada cacat, beberapa toko online juga menyediakan layanan pengembalian barang untuk ditukar dengan yang baru, lho.


    2. Manfaatkan fasilitas kredit instan online

    Jika tak punya kartu kredit, gunakan fasilitas kredit instan yang tersedia di toko online. Persyaratan untuk mengajukan kredit berbasis online ini juga terbilang cukup mudah dan cepat karena prosesnya serba online dari awal hingga akhir.

    Anda hanya perlu daftar melalui aplikasi dengan mengupload KTP, bukti alamat dan bukti penghasilan. Proses approval-nya dilakukan secara online dengan waktu maksimal 1 x 24 jam.

    Jika jumlah dan harga barang elektronik yang ingin dibeli cukup mahal, Anda bisa mencoba memilih Kredivo agar mendapat plafon kredit hingga Rp 20 juta. Dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan, suku bunga yang diberikan juga rendah yaitu 2,95% per bulannya dan 0% jika membayar tunai dalam 30 hari.

    Selain tanpa kartu kredit, fasilitas kredit instan ini juga tidak membebankan DP, biaya admin, dan biaya tahunan layaknya kartu kredit. Anda hanya perlu membayar jumlah produk, suku bunga, dan harga jasa kirimnya saja.


    3. Pilih tenor cicilan sesuai dengan kemampuan finansial

    Perhatikan dengan seksama skema cicilan untuk tiap pilihan tenor dan pilih yang sesuai dengan cash flow atau kondisi finansial Anda. Semakin panjang tenor yang dipilih, tentunya semakin ringan dan murah pembayaran cicilan per bulannya. Namun, semua itu kembali lagi kepada kemampuan Anda, mencicil lah dengan bijak.

    Hal terpenting lainnya, pastikan jumlah utang atau cicilan yang harus Anda bayar per bulannya tidak lebih dari 30% total penghasilan bulanan Anda, ya. Jika kondisi tersebut terjadi, cashflow Anda akan terganggu dan akan kesulitan memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih primer.


    4. Lunasi cicilan sebelum mengajukan cicilan barang lainnya

    Meskipun limit kredit yang diberikan Kredivo cukup besar, hingga Rp 20 juta, akan lebih baik jika Anda melunasi cicilan satu barang terlebih dahulu sebelum mengajukan cicilan barang lainnya. Ini tentunya akan membantu cash flow Anda agar lebih ‘lega’ dan tidak terbebani.

    Jika barang berikutnya yang ingin dibeli dengan cicilan tidak memiliki urgensi yang tinggi, sebaiknya tunda dahulu sampai cicilan barang sebelumnya selesai, ya.

    Tertarik untuk membeli barang elektronik dengan cara cicilan tanpa kartu kredit? Jika Anda WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan per bulannya minimum Rp 3 juta, dan berdomisili di kota Jabodetabek, Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Palembang atau Medan, Anda sudah bisa mengajukan cicilan via aplikasi Kredivo. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini