Follow Us

  • Share

    Power Nap, Solusi Meningkatkan Produktivitas

    Seberapa sering Anda melawan rasa kantuk di kantor?

    Umumnya, karyawan berpikir jika menyediakan waktu untuk tidur sebentar akan membuat tugas Anda tertunda. Apapun kondisi tubuh, pekerjaan terus jalan. Baik itu karena ada tenggat waktu atau target.

    Rasa kantuk merupakan hal yang wajar dialami oleh seluruh manusia walaupun pada waktu itu mereka sedang bekerja atau berada di kantor. Tidak ada yang salah dengan mengantuk. Menurut Medical Daily, menunda tidur akan menimbulkan kerugian bagi tubuh Anda yaitu merusak jam tidur Anda. Padahal, tidur yang cukup itu tidak kalah penting, saat Anda tidur itulah sel-sel dalam tubuh diperbaiki dan relaksasi otot sehingga Anda bangun dengan segar.

    Kunci dari meningkatkan produktivitas bukanlah bekerja terus menerus. Manusia merupakan individu yang mempunyai keterbatasan, apalagi dalam kapasitas energi yang digunakan untuk bekerja. Bekerja terus menerus mengurangi kualitas produktivitas individu yang mana bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh perusahaan ataupun dirimu sendiri.

    Adapun sebuah cara efektif untuk meningkatkan produktivitas, yaitu beristirahat sejenak. Jika Anda sudah merasa lelah atau ngantuk, tidurlah sejenak. Hanya dengan tidur selama 20 menit, energi akan terisi kembali dan Anda merasa segar. Tidur sejenak (Power Nap) menjadi solusi yang multi-manfaat; bisa mengisi kembali energi sehingga Anda bisa bekerja lebih prima.

    Berdasarkan laporan dari Yurielkaim.com, manfaat lain dari power nap, yaitu:

    • Relaksasi; melepaskan stress.
    • Meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar.
    • Meningkatkan kualitas kesehatan jantung.
    • Memperbaiki mood.

    Bagaimana cara power nap di Kantor?

    Power nap tidak harus berada pada kasur ataupun sofa yang besar. Anda bisa melakukannya dimanapun, termasuk pada saat Anda bekerja di kantor.

    Sebelum mulai membahas bagaimana cara power nap di kantor, Sepulsa akan berbagi kiat-kiat power nap yang berkualitas.

    Anda bisa power nap berkualitas dengan mengatur suasana:

    • Suasana istirahat yang tenang dari suara. Gunakan earplug, jika diperlukan.

    • Pergilah ke ruangan dengan temperatur udara yang tidak terlalu panas atau dingin untuk Anda. Untuk di wilayah tropis, temperatur terbaik untuk beristirahat umumnya 20-25 derajat celsius.

    • Cahaya lampu atau sinar matahari yang tidak terlalu terang. Gunakan sleep mask untuk menutup dan menjaga mata Anda dari cahaya terang.

    cahaya redup

    Setelah Anda menemukan tempat dan mengatur suasana yang nyaman untuk beristirahat, inilah saatnya Anda untuk power nap di kantor.

    Cara Power Nap di Kantor:

    • Ketika Anda mengantuk, itu adalah sinyal dari tubuh Anda yang memberitahu untuk beristirahat.

    • Carilah tempat yang tenang. Anda juga bisa beristirahat di meja Anda, sofa di ruangan kantor, ruang istirahat, ataupun ruang meeting (jika tidak sedang dipakai).

    • Atur alarm 20 menit. Segeralah Anda tidur. Gunakan sleep mask untuk menutup mata Anda dari cahaya terang.

    alarm handphone

    • Ketika alarm Anda berbunyi, segeralah Anda bangun. Mulai dengan kegiatan yang ringan untuk memberikan sinyal pada tubuhmu bahwa waktu tidur sejenak telah berakhir. Kegiatan ringan yang bisa Anda coba:
      • Membasuh wajah dengan air,
      • Minum segelas air putih,
      • Lakukan peregangan.

    Bagi Anda yang berusaha mengerahkan seluruh energi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, ingatlah bahwa Anda dan seluruh orang di dunia ini punya batasannya. Saat waktu untuk istirahat tiba, lakukan power nap tidak lebih dari 20 menit saja. Setelah itu Anda akan merasa segar dan berada pada mood yang lebih positif untuk menuntaskan pekerjaan.

    Oleh karena itu;  Isi kembali energi dengan Power Nap, yuk! ZZzzzz…

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini