Follow Us

  • Share

    Perbedaan Antara Kartu Kredit Mastercard dan Visa

    Sejalan dengan pergerakan teknologi, alat pembayaran sudah mengikuti tren terkini yaitu cashless yang dianggap praktis oleh masyarakat saat ini. Dua jenis kartu yang memfasilitasi cashless adalah kartu debit dan kartu kredit. Adapun dengan membandingkan kedua kartu, banyak masyarakat yang memilih kartu kredit yang dinilai lebih praktis dan dapat digunakan secara darurat seperti saat tidak ada dana di tabungan, bisa menghutang dahulu lalu membayarnya baik secara tuntas ataupun dengan mencicil.

    Manfaat Kartu Kredit

    Mengapa banyak orang gemar menggunakan kartu kredit, beberapa orang juga menggunakan kartu kredit malah lebih dari satu, mari kita lihat keuntungannya.

    Pertama, kartu kredit memberikan kepraktisan. Hanya dengan membawa kartu kredit Anda dapat membeli apapun tentunya tidak melebihi limit yang diberikan bank, tentunya hal ini sungguh membantu Anda yang tidak suka membawa cash. Berbeda dengan kartu debit yang mana Anda harus menabung dahulu setelah itu baru ada dana. Maka, dalam keadaan darurat kartu kredit cukup berguna.

    Kedua, kartu kredit memberikan solusi aman. Walaupun banyak kasus kriminal kartu kredit, setiap ada aktivitas yang mencurigakan Anda dapat melaporkannya ke bank penerbit kartu kredit. Kini penerbit kartu kredit di Indonesia diwajibkan menggunakan 3D Secure yaitu suatu sistem yang memberikan perlindungan kartu kredit dan dipertanggungjawabkan oleh bank yang mengambil uang, bank yang menerbitkan kartu kredit, dan payment gateway & merchant system (sistem yang memproses transaksi).

    Ketiga, kartu kredit memberikan diskon dan cashback kartu kredit tertentu dan hal ini tentunya akan menghemat keuangan Anda. Salah satu contohnya adalah jika Anda menggunakan Permata hero, Anda mendapatkan cashback 3,5% untuk pembelanjaan di Giant, Hero, dan Guardian di seluruh Indonesia.

    Tetapi Anda harus ingat bahwa penggunaan credit card harus dengan cermat dan tepat. Karena kemudahan yang ditawarkan bank untuk bertransaksi, kerap kali pemegang kartu cukup lupa bahwa setiap transaksi menggunakan kartu kredit adalah menambah hutang. Selain itu, sesuaikan dengan limit dengan pendapatan setiap bulan. Maka penggunaannya harus tepat pada kebutuhan.

    Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard

    Perintis sistem pembayaran kartu kredit pada tahun 1966 adalah Visa dan MasterCard. Awalnya, Bank of America menciptakan suatu divisi franchising sebuah kartu yang bernama Visa. pada waktu yang sama suatu kelompok bank membuat suatu asosiasi yang bernama the InterBank Card Association yang akhirnya berganti nama menjadi MasterCard Worldwide.

    Kedua organisasi membuat suatu loop system yang memperbolehkan bank bekerja sama dalam transfer dana. Dahulu, institusi keuangan hanya boleh mengeluarkan kartu dengan sistem pembayaran salah satu, Visa dan MasterCard. Namun kini peraturan berubah, bank bisa mengeluarkan kartu kredit bersistem pembayaran visa dan mastercard.

    Kartu kredit kerap menjadi salah satu pilihan pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari transaksi toko offline hingga online. Pemegang transaksi mulai dari usia-usia produktif awal seperti 23 tahun dan keatas. Kepraktisan yang ditawarkan cukup menarik mereka.

    Logo-logo yang terlihat pada bawah kartu kredit seperti Visa dan MasterCard, pernahkah Anda memikirkan apa ya perbedaannya? Ataupun Seperti apakah itu Visa dan MasterCard? Dalam artikel ini kami akan menjelaskan dengan lengkap.

    Visa dan MasterCard merupakan dua sistem pembayaran yang difasilitasi perusahaan yang berbeda. Disamping itu kedua perusahaan tersebut tidak mengeluarkan kartu kredit melainkan bank. Secara kasat mata, tidak terlihat perbedaan yang menonjol diantara keduanya akan tetapi promo-promo atau deals hotel dan travelling cukup berbeda. Selain itu juga Anda harus perhatikan berapa tingkatan bunga dan biaya kartu per tahun.

    Visa dan Mastercard mempunyai jenis tingkatan atau lapisan yang berbeda dengan manfaat yang berbeda. Yuk, mari kita simak.

    Jenis wadah pembayaran Jenis tingkat/ lapisan
    Visa - Base level- Signature
    Visa MasterCard memberikan perlindungan harga (price protection) dengan jangka waktu yang berbeda untuk setiap lapisan.- Base- World- World Elite

    Metode pembayaran yang aman

    Visa dan MasterCard mempunyai metode pembayaran aman yang berbeda. Visa mempunyai sebuah sistem keamanan yang dikenal dengan Verified by Visa sedangkan MasterCard mempunyai Secure Code. Ketika bertransaksi, sistem akan memberikan kode otentikasi sehingga transaksi lebih aman.

    Dari segi jumlah pengguna

    Sistem pembayaran Visa diterima 10 juta merchant dan di 2,3 juta ATM di 200 negara dan wilayah sedangkan MasterCard diterima di 210 negara dan wilayah.

    Sekian artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian yang masih bingung perbedaan antara kedua kartu kredit ini.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini