Follow Us

  • Share

    Kerja Sampingan Yang Dapat Kalian Pilih Sebagai Mahasiswa

    Kuliah merupakan salah satu jenjang penting untuk kebanyakan orang sekarang ini, oleh karena itu orang tua akan berusaha semampunya untuk mengkuliahkan anak mereka walaupun terkadang biaya yang perlu dikeluarkan cukup banyak. Biaya kuliah yang cukup besar biasanya akan berimbas ke uang kuliah para mahasiswa yang pas-pasan, tetapi mahasiswa yang kreatif akan mencoba banyak peluang untuk mendapatkan uang diluar uang yang diberikan orang tua mereka.

    Kerja sampingan terkadang menjadi pilihan yang menarik, ada kerja sampingan yang kalian butuh pulang-pergi kantor tetapi ada juga kerja sampingan yang tidak mengharuskan kalian melakukan hal demikian. Sebenarnya banyak sekali kerja sambilan yang dapat kalian coba dan tentunya kalian bisa mengatur waktu sendiri agar kuliah juga dapat berjalan dengan baik. Apa saja kerja sampingan yang dapat kalian dijadikan uang tambahan di masa-masa kuliah? mari kita bahas bersama disini.

    Metode praktis cari uang tambahan saat menjadi mahasiswa

    Fotografi dan video

    Bagi kalian mahasiswa yang mencintai photography akan banyak peluang usaha yang sangat menguntungkan jika kalian cerdik mencari cela yang dapat kalian ambil. Misalnya saja:

    peluang jasa foto

    • Foto wedding dan prawedding yang makin semarak hampir semua pasangan menggunakan jasa seperti ini, hampir di banyak acara pernikahan “abang tukang foto” akan berlalu lalang mencari objek untuk di abadikan.
    • Food photography bukan hanya sekedar trend saat ini, karena beberapa restaurant akan berani membayar mahal jika hasil foto makanan yang kalian hasilkan bagus dan menggugah nafsu makan para pengunjung.
    • Monetize foto kalian dengan menjualnya di beberapa website yang menjadi wadah antara penjual dan pembeli foto, misalnya saja kalian dapat menjual hasil foto kalian secara online di shutterstock.com

    Jasa translate

    Untuk kalian yang banyak menguasai bahasa, ini adalah peluang usaha yang harus kalian coba. Beberapa jasa translate profesional akan mematok biaya yang cukup mahal untuk 1 halaman dokumen. Nah ini mungkin bisa dijadikan landasan kalian untuk bersaing dengan perusahaan tersebut, kalian bisa membuka jasa translate dengan biaya yang cukup miring sehingga peluang kalian untuk bersaing akan cukup besar.

    menjadi translator

    Penulis

    Hampir setiap orang memiliki kemampuan menulis, yang berbeda adalah cara penyampaian kepada pembaca. Dengan kemampuan seperti itu sebenarnya semua mahasiswa dapat mengambil peluang ini. Selain bisa dijadikan kerjaan sampingan ini juga bisa dijadikan bisnis menjanjikan untuk kalian nanti, bayangkan saja ada beberapa penulis yang membuat blog pribadi telah mendapatkan uang yang tidak sedikit contohnya saja 10 blogger ini mereka mendapatkan uang sekitar $100.000 lebih hanya dengan menulis blog ( baca disini ).

    Selain menulis blog kalian juga dapat membuka jasa penulisan, kalian bisa menawarkan jasa penulisan untuk penulisan skripsi, majalah atau artikel di internet.

    bisnis jasa penulisan

    Guru private

    Salah satu kerja sampingan yang sering mahasiswa gunakan adalah menjadi seorang guru private, kalian bisa menjadi guru private untuk mata pelajaran yang kalian sukai juga sehingga mudah untuk kalian menjelaskan kepada anak didik. Ajarlah anak usia 6 – 12 tahun yang masih dalam jenjang sekolah dasar ( SD ) sehingga mata pelajaran yang diberikan tidak terlalu rumit untuk kalian pelajari kembali. Banyak wadah yang mempertemukan para peserta didik dan guru freelance untuk berkumpul salah satunya adalah ruangguru.com.

    menjadi guru private

    Fashion dan pakaian

    Semua orang membutuhkan pakaian, terlebih lagi fashion sekarang telah menjadi gaya hidup semua orang khususnya kaum sub-urban. Ini merupakan peluang bisnis yang dapat kalian coba, ada beberapa tahap yang dapat kalian coba untuk membuat pakaian yang simple tidak membutuhkan banyak waktu untuk memproduksinya. Contoh dibawah ini adalah langkah membuat kaos oblong.

    produksi kaos

    • Desain model kaos / pakaian yang diinginkan
    • Banyak sekali penjual kaos satuan polos, sehingga kalian hanya perlu memindahkan desain kalian ke kaos dengan cara dengan cara sablon manual atau digital.
    • Jika desain terlalu rumit mungkin kalian dapat menggunakan jasa konveksi kaos.
    • Pasarkan produk kalian secara online ataupun offline.
    • Simpan selisih keuntungan dari penjualan untuk modal produksi selanjutnya.

    Jual pulsa

    Karena hampir setiap orang sekarang memiliki pulsa, bisa dipastikan ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan, pertama kerjaan ini tidak menyita waktu karena proses transaksi sangatlah cepat. Sama seperti penjualan kaos, kalian juga dapat menjual pulsa secara online ataupun offline, social media dan forum komunitas terkadang menjadi sarana yang bagus untuk memasarkan produk kalian ini. ( baca: Mau Memulai Bisnis Jual atau Beli Pulsa? Baca Ini Dahulu )

    jual pulsa offline

    Salah satu ecommerce yang berhasil menjual pulsa mereka adalah Sepulsa.com. Sepulsa menawaran gratis 3 voucher belanja di setiap transaksi pulsa, selain gratis voucher kalian juga akan dengan mudah mengisi pulsa karena ada 2 metode yang dapat digunakan seperti debit dan kartu kredit. ( kunjungi sepulsa disini )

    Belajar dari sepulsa.com, bagi kalian mahasiswa yang memiliki rencana untuk membuat usaha pulsa kecil-kecilan maka kalian harus memberikan penawaran yang berbeda dari penjual lain sehingga produk yang kalian jual akan lebih menarik.

    Menjadi Gamer

    Tidak semua yang kalian lakukan saat bermin game itu sia-sia, selain obat jenuh ternyata game juga dapat menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Banyak game kini dapat di jadikan bisnis, contohnya saja beberapa akun games dapat dijual dengan harga tinggi, belum lagi fitur lainnya yang dapat anda jual tergantung dari seberapa lama dan mahir kalian memainkannya.

    peluang bisnis gamer

    Kurir pengiriman

    Begitu banyak volume transaksi online menumbuhkan banyaknya bisnis pengiriman barang juga, cara pengiriman barang pun sekarang sangatlah bervariasi mulai dari pengiriman barang melalui mobil box, sepeda motor dan menggunakan sepeda. Di tengah hiruk pikuk kemacetan daerah ibukota terbentuklah West Bike Messanger Service (WMS).

    WMS terbentuk dari pecinta sepeda yang bertugas untuk mengirim barang, dari banyak anggota yang bergabung 80%nya adalah mahasiswa, WMS memberi target 2 jam barang sampai ditujuan untuk daerah seputaran jakarta. Jarak yang kalian akan tempuh adalah 50 – 60 km sehari, ini bukanlah beban bagi anggota WMS yang di dominasi mahasiswa pecinta sepeda.

    West Bike Messanger Service indonesia

    Angkutan online

    Angkutan online sekarang ini menjadi momok yang menghebohkan karena bukan hanya bisa dijadikan penghasilan tambahan ternyata kerjaan ini juga dapat menjadi penghasilan utama. Untuk kalian mahasiswa yang memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, ini adalah pekerjaan yang tepat untuk kalian, bukan hanya penghasilannya yang cukup banyak ternyata kalian juga dapat mengatur jadwal kerja kalian sendiri jadi kemungkinan kalian dapat tetap bisa mengikuti semua jadwal kuliah kalian.

    Ada banyak perusahaan aplikasi yang ada di indonesia sekarang ini contohnya gojek, grabike, uber dan banyak perusahaan lain, terlampir dari liputan6.com penghasilan gojek terbesar bisa mencapai 8 – 10 juta perbulan, sungguh besarkan? ayo coba tunggu apalagi.

    kerja sampingan angkutan online

    Desain grafis

    Bisnis desain produk, banner dan kebutuhan desain lain sangatlah banyak. Para desainer profesional akan mematok harga yang sangat besar untuk tiap desain yang mereka buat, ini bisa jadi peluang kalian para mahasiswa dengan memberikan harga yang cukup miring tetapi dengan standard desain yang tidak kalah dengan mereka.

    Selain kalian dapat mencari project desain sendiri, kini telah hadir banyak wadah dimana para desainer dapat berkreasi dengan hanya menciptakan desain kalian dirumah dan ikut serta di beberapa kontes desain, contoh situs sribu.com.

    kerja sampingan desain grafis

    Kesimpulan, kalian para mahasiswa harusnya tidak perlu bingung mencari kerja sampingan karena pada saat ini banyak sekali pekerjaan yang dapat kalian sesuaikan dengan jadwal kuliah. Selain banyak kerja sampingan yang tidak menyita waktu, pendapatan yang kalian dapat juga tidaklah sedikit bahkan bisa menjadi mata pencarian utama kalian.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini