Follow Us

  • Share

    Kenali Empat Tipe Kepribadian Ini Untuk Memaksimalkan Karir Anda!

    Tahukah Sepulsa Mates bahwa tipe kepribadian manusia ternyata tidak sebatas Introvert dan Extrovert saja ? Ternyata ada empat tipe kepribadian manusia yang dijabarkan oleh fisuf ternama asal Romawi, Socrates yang mungkin belum Anda ketahui yaitu Sanguine, Choleric, Pragmatic, dan Melancholy.

    Karena membaca langsung dari Socrates terlalu rumit dibaca maka Erwin Parengkuan mengembangkan kembali tipe kepribadian agar mudah dicerna dalam buku keenamnya yaitu Understand-inc People. Menurut presenter dan public speaker ini ada empat kepribadian yang diadaptasi dari Socrates yaitu Si Kuat (Choleric), Si Gesit (Sanguine), Si Rinci (Melancholy), dan Si Damai (Pleghmatic).

    Orang-orang yang berprinsip dan selalu mengejar apa yang diinginkannya adalah tergolong pada kategori Si Kuat (Choleric). Si Gesit (Sanguine) adalah tipe orang yang enerjik, selalu ceria, dan cenderung lebih impulsif dalam bertuturkata maka dari itu sering kali Si Gesit terlibat dalam perdebatan. Kedua tipe kepribadian inilah tergolong dengan Ekstrovert, kepribadian yang dikenal dengan sifatnya yang selalu enerjik, terbuka, dan seru setiap saat.

    Kemudian ada pula dua tipe kepribadian yang termasuk ke dalam Introvert yaitu Si Rinci (Melancholy) dan Si Damai (Pleghmatic). Apabila Anda adalah orang yang selalu memperhatikan detail, teliti, dan selalu berhati-hati maka Anda adalah tipe Si Rinci. Si Rinci cenderung lebih serius dan gigih dalam mendapatkan apa yang dia inginkan. Lalu ada pula Si Damai yang cenderung lebih tenang, lembut, dan peka ketimbang 3 kepribadian lainnya.

    Cara Mengetahui Kepribadian Diri ANDA

    tipe kepribadian
    D (Si Kuat), I (Si Gesit), S(Si Rinci), C (Si Damai) via backuphd

    Untuk mengetahui Anda masuk kepribadian yang mana, coba Anda ambil pulpen lalu tulis poin dari seluruh sifat-sifat tersebut manakah yang paling mewakili diri Anda?

    Sudah?

    Kalau sudah, maka coba hitung ada berapa skor pada masing-masing kolom kalau skor Anda lebih banyak pada kolom D maka Anda termasuk pada golongan Si Kuat, kalau Anda adalah I maka Anda adalah tipe Si Gesit, S adalah Si Rinci, dan terakhir C adalah Si Damai.

    Apabila Anda sudah mengetahui jawaban Anda, maka Sepulsa akan menjelaskan tips-tips apa saja yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan performa Anda sehari-hari.

    Kepribadian Si Kuat

    Choleric

    Coba Sepulsa tebak pasti Anda selalu ingin terdepan ya gak? Lalu Anda pasti selalu memimpin kelompok dan cenderung lebih otoriter bukan? Anda orang yang goal oriented dan gigih banget dalam mengejar target. Bukan rahasia lagi kalau fokus Anda terhadap kerjaan adalah nomor satu.

    Tapi, orang-orang di sekitar Anda cenderung berpikir Anda adalah orang yang menyebalkan karena Anda adalah orang yang keras kepala karena sulit menerima saran dari orang yang lain. Hal inilah yang sebenarnya menyebabkan Anda sulit relate sama orang-orang sekitar. Mereka menghormati Anda dan percaya sama Anda namun mereka sulit untuk membangun intimacy dengan Anda karena merasa segan dengan diri Anda. Setelah Anda mengenali keprdibadian Anda, berikut apa saja yang harus dilakukan agar Si Kuat gak bikin orang jiper lagi.

    Don’t

    • Bersikap terlalu bossy. We get it, you’re the boss tapi bukan berarti Anda harus bersikap seperti bos setiap saat. Ingat-ingat lagi bahwa Anda tidak hidup sendiri maka dari itu gak ada salahnya untuk ramah sedikit dengan orang-orang sekitar Anda.
    • Sangat impulsif dalam berkomentar. Sebagai extrovert sejati Sepulsa tahu bahwa Anda pasti sering gak kuku gak nana alias gak kuat dan gak nahan untuk melontarkan pendapat. Tapi pendapat yang Anda keluarkan ini tanpa disadari menyakiti hati lawan bicara Anda karena opinimu terkadang tajam dan jauh dari kata simpatik. Coba belajar dari Si Rinci dan Si Damai yang selalu berpikir sebelum berbicara dan sangat memperhatikan perasaan lawan bicaranya. Dengan begitu Anda akan terlihat lebih sopan dan ramah sehingga orang senang bekerjasama dengan Anda.

    Do

    • Try to listen once in a while! Sebagai orang yang senang menjadi pusat perhatian, Anda cenderung malas mendengar pendapat orang lain tapi tentu hal ini gak akan bisa diterapkan apabila Anda bekerja dalam tim. Yuk coba gunakan teknik count to three! Sebelum Anda membalas lawan bicara, hitung sampai tiga di dalam hari agar Anda dapat mencerna baik-baik lawan bicara Anda dan mereka pun akan senang merasa sudah didengar. Selain itu Anda pun bisa memberi waktu untuk berpikir apakah pendapat Anda sudah dikemas dengan baik dan tidak akan membuat rekan Anda menjadi sebal dengan Anda.
    • Sabar, sabar, dan sabar. Si Kuat adalah orang yang pintar, cerdik, dan penuh dengan taktik namun kekurangan Si Kuat adalah menjadi penyabar. Anda terlalu fokus dengan goal di depan mata hingga membuat orang-orang sekitar Anda lelah dengan segala tuntutan Anda. Yuk belajar bersabar dan percayakan pekerjaan Anda kepada rekan Anda!

    Kepribadian Si Gesit

    si gesit

    Nah berbeda dengan Si Kuat yang lebih kaku dan membosankan, Si Gesit adalah orang yang paling seru di setiap tempat dia berada. Pokoknya kalau gak ada Si Gesit, tempat kerja Anda pasti sangat membosankan karena gak ada celotehan seru. Saking aktifnya, Si Gesit ini suka teledor dan melupakan tanggungjawabnya. Coba deh kalau Anda Si Gesit pasti Anda sering banget dapat teguran untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.

    Don’t

    • Terlena dengan keinginan hati. Si Gesit adalah orang extrovert yang sangat perasa. Anda bakal mengikuti perasaan padahal pilihan Anda tersebut bisa saja beresiko untuk Anda.  Dan perlu belajar dari teman-teman Si Kuat dan Si Rinci agar menyeimbangkan logika dan juga perasaan. Anda gak mau dong hidup Anda terus-terusan didikte sama emosi saja.
    • Lupa untuk selalu introspeksi. Jangan pernah lupa untuk belajar dari pengalaman Anda sebelumnya. Kesalahan itu ada agar Anda terus belajar menjadi lebih baik lagi dari bukan membuat Anda untuk mengulangi kesalahan yang sama. Yuk perlahan-lahan belajar untuk mengenali diri sendiri lebih dalam dan menahan diri dari hal-hal yang sekiranya akan merugikan diri Anda sendiri.

    Do

    • Catat apa yang akan dikerjakan. Akui saja bahwa diri Anda adalah pelupa garis keras. Anda yang hiperaktif membuat Anda sering lupa dan membuat Anda teledor dengan tanggungjawab Anda. Anda perlu ingat bahwa orang lain bisa terbebani dengan pekerjaan Anda karena keteledoran Anda ini. Yuk dari sekarang biasakan mencatat agar tidak pernah terlewat.
    • Lebih fokus dan waspada menghadapi situasi. Impulsif, iya Anda adalah seseorang yang super duper impulsif. Anda sulit untuk mengidentifikasi ancaman dan tantangan yang nanti akan Anda hadapi. Coba dari sekarang Anda belajar untuk membayangkan hambatan apa yang akan Anda hadapi ke depannya dan bagaimana Anda mencari solusinya. Dengan begitu Anda akan meminimalisir kegagalan dengan selalu mempersiapkan diri dengan backup plan.

    Kepribadian Si Rinci

    si rinci

    Menurut Erwin Parengkuan, apabila tidak ada Si Rinci maka tidak akan ada penemuan-penemuan di dunia ini. Thomas Alva Edison adalah seorang Melancholic alias si Rinci yang selalu teliti dan perfeksionis mengerjakan penemuannya. Bayangkan saja untuk menemukan lampu, Thomas Alva Edison gagal sebanyak 9955 kali! Bukan 10 kali gagal lho melainkan ribuan kali untuk dia akhirnya berhasil menyalakan lampu pijar yang sekarang kita gunakan sebagai penerangan sehari-hari. Tapi Sepulsa Mate yang rinci jangan terlalu serius gitu ah nanti Anda cepet tua!

    Don’t

    • Terlalu skeptis dan cepat judge. Anda yang terlalu perfeksionis dan gila akan hal-hal kecil membuat Anda sangat cepat tertipu dengan first impression. Kesan pertama orang lain tidak selalu menggambarkan dia sesungguhnya nah Anda sering sekali cepat mendefinisikan bahwa si A itu begini dan B itu begitu. Coba Anda lakukan pendekatan dengan rekan kerja atau klien Anda jadi Anda bisa mengetahui dengan benar apa keinginan klien jadi tidak akan ada miskomunikasi.
    • Pesimis membuat Anda rentan dengan stres. Hilangkan sejenak pikiran Anda tidak akan melakukan segala sesuatu dengan sempurna karena gak ada di dunia ini kesempurnaan yang mutlak. Yakin pada diri sendiri bahwa Anda telah mengupayakan yang terbaik!

    Do

    • Minta bantuan orang lain itu gak dosa. Anda selalu beranggapan gak akan ada orang lain yang bisa menggantikan pekerjaan Anda. Padahal gak begitu lho, namanya juga manusia pasti tidak bisa melakukan semua hal nanti Anda malah jadi lelah sendiri dan cepet stres deh.
    • Loosen up guys! Kayaknya Anda harus berguru ke Si Gesit agar Anda rada santai dan gak kaku banget. Sering-sering aja Anda menghabiskan waktu bersama teman-temanmu yang seru biar ketawa mulu dan dijauhkan sesaat dari tekanan.

    Kepribadian Si Damai

    Si damai

    Nah ini dia nih si kalem, gak banyak nuntut, dan gak banyak mau. Kalau Si Kuat adalah tukang bully maka Si Damai-lah yang jadi korban bullynya. Si Damai orangnya bener-bener pasrah dan selalu menjadi pengikut teman-temannya. Kalau Anda tipe ini maka Anda adalah orang yang penyabar dan loyal. Sepulsa jamin Anda seringkali menjadi tempat penampungan curhat orang-orang terdekat Anda karena Anda adalah pendengar yang baik dan selalu memberikan saran yang bagus. Tapi tahukah terus-terusan menjadi pengikut gak akan menunjang karir Anda nanti?

    Don’t

    • Mudah setuju dengan orang. Apabila Anda mempunyai opini yang berbeda dengan orang lain, jangan takut untuk menyuarakan pendapatmu apalagi menyangkut keberhasilan project kerjaan. Kalau memang Anda memiliki solusi dan saran yang bagus, maka tunjukanlah bahwa Anda adalah orang yang reliable. Coba perhatikan Si Kuat yang selalu dengan lantang menyuarakan pendapatnya makanya Anda jangan takut guys.
    • Labil dalam menentukan pilihan. Nah ini dia nih permasalahan Si Damai adalah labil. Si Damai adalah tipe orang yang pemikir dan gak enakan sama orang lain. Hal inilah yang terus-terusan membuat Si Damai sulit menentukan pilihan. Selain itu coba Anda percaya dirimu sendiri dan jangan takut untuk mengambil resiko.

    Do

    • Spontan sedikit biar hidup Anda makin seru. Tipe phlegmatic alias Si Damai adalah orang yang imajinatif dan kreatif namun Anda gak berani menunjukkan kemampuan Anda. Cobain deh Anda sekali-kali aktif menyuarakan pendapat Anda dan proaktif dalam melakukan pekerjaan sehingga rekan kerja dan klien Anda senang dengan semangat Anda yang tinggi.
    • Bangun dan lakukan perubahan! Hayo ngaku Anda pasti sering banget tuh ngumpet di zona nyaman habisnya Anda orang yang senang bermain aman. Konsistensi itu bagus tapi kalau Anda ingin terus menaikkan karir Anda maka ada kalanya Anda harus melakukan perubahan.

    Jadi kesimpulannya, apapun tipe kepribadian Anda, Anda harus memiliki tipe kepribadian yang lain karena keseimbangan itu penting. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi Anda tidak boleh takut melakukan perubahan dan terus belajar dengan mencontoh teman-teman Anda yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Si Damai harus belajar spontanitas dari Si Gesit, percaya diri dari Si Kuat, dan kegigihan dari Si Rinci. Si Gesit harus belajar agar selalu tenang dari Si Damai, teliti dari si Rinci, dan fokus dari Si Kuat. Semangat terus Sepulsa Mates!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini