Follow Us

  • Share

    Duduk Terus Bisa Jadi Jantungan, 6 Olahraga di Kantor yang Menyehatkan!

    Pekerjaan kantoran identik dengan duduk menghadapi layar komputer atau laptop untuk menyelesaikan berbagai tugas dalam pekerjaan. Karena Anda terus fokus, Anda sering kali tidak menyadari kalau waktu sudah berlalu saja. Anda juga lupa sudah berapa lama duduk di kursi dan tidak melakukan gerakan lain selain tangan Anda menari diatas keyboard.

    Rasa pegal atau lelah pada alat gerak dan mata mulai terasa dan sering menganggap itu hal yang kecil. Tapi tahukah Anda, kalau Anda sering duduk lama bisa membuat Anda rentan terhadap beragam penyakit?

    Memang kelihatannya, penyakit karena duduk itu sepele sekali tetapi berdasarkan beragam studi yang telah diterbitkan, duduk terus bisa menyebabkan Anda rentan terhadap penyakit jantung karena tersumbatnya pembuluh arteri. Selain itu, Anda juga rentan untuk menjadi obesitas. Uh, ternyata menyeramkan ya!

    Gimana dong caranya biar bisa menghindari penyakit jantung? Apakah harus bergerak terus ya? Betul, Anda harus bergerak beberapa kali dalam suatu waktu. Jangan biarkan tubuh Anda idle atau tidak bergerak sama sekali dalam waktu yang lama. Cara mengatasi ini adalah melakukan gerakan yang merelaksasikan tubuh Anda seperti gerakan peregangan yang bisa melancarkan pembuluh darah dan oksigen. Disamping itu, mood Anda akan lebih ceria dengan olahraga. Kok bisa? Olahraga melepaskan hormon endorfin yang membawa rasa senang.

    Anda tidak harus mempunyai alat-alat yang rumit agar bisa berolahraga di kantor, cukup gunakan meja atau kursi Anda sebagai alat bantu berolahraga. Disamping itu, ada juga sejumlah olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan alat. Anda bisa melakukan kardio hingga relaksasi otot (peregangan). Lama-kelamaan ini bisa jadi bagian dari kebiasaan sehat Anda lho!

    Nah, gerakan olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di kantor? Yuk lihat gerakan mudah dibawah ini!

    6 Olahraga di Kantor yang Bakal Menyelamatkan Kamu dari Jantungan!

    1.Pilihlah tangga daripada lift

    olahraga menaiki tangga

    Berilah tubuh Anda olahraga kardio dengan memilih tangga. Jika Anda terus memilih atau menggunakan lift, tubuh Anda tidak bergerak banyak namun Anda bisa mengajak tubuh Anda bergerak lebih enerjik dengan memilih tangga. Menaiki tangga itu juga bentuk dari kardio dan bisa membakar kalori. Disamping itu, disaat waktu-waktu sibuk Anda tidak akan berdesakan dengan banyak orang seperti menaiki lift untuk mencapai kantor Anda.

    2. Peregangan Tangan

    Selama bekerja di depan laptop, tangan dan jemari Anda terus bekerja dan pastinya pada akhirnya akan terasa pegal. Agar peredaran darah Anda lancar, Anda bisa mengatasinya dengan meregangkan setiap tangan ke sisi kanan dan kiri. Saat meregangkan Anda bisa menahan selama 10 detik dan mengulanginya sebanyak 5 kali untuk setiap sisi.

    3. Push Up pada Meja

    Olahraga di Kantor

    Pastinya otot bicep yang ada pada lengan Anda akan terasa letih lebih cepat jika sudah lama tidak dilatih. Mungkin Anda mempunyai waktu yang terbatas untuk pergi ke gym. Nah, Anda bisa melatih otot bicep dengan meja kerja. Caranya mudah. Cukup bertumpu pada meja, Anda bisa push up. Mudah kan? Anda bisa mencoba push up pada meja sebanyak 20 kali dalam 1 set.

    4.Tricep Dip pada Meja

    olahraga ringan di kantor

    Nah, pada dasarnya hampir mirip dengan push up. Namun yang dilatih adalah otot tricep (dibalik bicep). Kalau push up Anda menghadap ke meja, namun tricep dip Anda bertumpu pada meja namun tidak menghadap meja. Latihan otot tricep diperlukan untuk mengimbangi otot bicep. Anda bisa melatih otot tricep sebanyak 20 kali dalam 1 set.

    5.Squat (Latihan Berjongkok)

    olahraga ringan di office
    Squat via Gymmembershipfees

    Kerjaan kantor pasti banyak duduknya dan terlalu lama duduk pasti bikin kaki Anda pegal. Nah, Anda bisa melatih otot kaki Anda dengan cara squat atau latihan berjongkok. Squat bertujuan untuk melatih otot paha dan kaki dan melancarkan peredaran darah. Anda bisa berlatih squat sebanyak 20 kali dalam 1 set.

    6.Peregangan Tubuh sambil Duduk

    via Pinterest

    Posisi tubuh saat duduk menghadap ke komputer sambil duduk lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit ataupun pegal pada punggung. Anda bisa menghindari ketidaknyamanan pada punggung Anda dengan meregangkan punggung ke sisi kanan dan kiri sambil duduk. Regangkan punggung Anda ke setiap sisi dengan menahan posisi selama 10 detik.

    6 Olahraga simpel dan mudah ini gampang kan? Tertarik untuk mencoba, Sepulsa Mates? Agar kesehatan Anda terjaga, tidak hanya olah raga saja yang perlu Anda perhatikan tetapi juga pillihan makanan dan minuman Anda di kantor.

    Jika ingin sehat, jangan ditunda. Ayo, mulai bergerak dan makan sehat!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini