Follow Us

  • Share

    Cara Upgrade 4G XL

    Sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, kami yakin salah satu dari para pembaca artikel ini merupakan pengguna setia kartu XL.

    Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri lagi, bersama Indosat dan Telkomsel, XL berhasil memberikan layanan terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan XL bersama Indosat dan Telkomsel pernah tercatat masuk ke dalam tiga besar penyedia jasa telekomunikasi terbaik yang ada di Indonesia.

    Salah satu produk unggulan dari XL sebagaimana beberapa penyedia layanan telekomunikasi lainnya adalah jaringan 4G LTE nya. Tidak mengherankan memang, di zaman yang serba cepat ini banyak para pengguna layanan telekomunikasi yang menginginkan pertukaran data yang cepat.

    Cara Upgrade 4G XL

    Nah bagi Anda yang telah menggunakan kartu SIM XL sejak lama, sudah saatnya Anda melakukan upgrading alias migrasi kartu 3G menjadi kartu 4G LTE XL ini. Jika Anda masih belum paham, maka artikel ini merupakan artikel yang tepat bagi Anda yang ingin mengetahui cara upgrade 4G XL Anda.


    Cara Upgrade 4G XL: Persiapan

    Sebagaimana artikel kami mengenai cara-cara upgrade SIM menjadi USIM 4G LTE, tentunya ada beberapa syarat dan persiapan yang perlu Anda lakukan.

    Syarat pertama tentunya Anda harus memastikan bahwa ponsel yang Anda miliki sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE. Jika sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE ini, maka tidak ada masalah lagi.

    Namun jika ponsel yang Anda miliki belum mendukung teknologi jaringan 4G LTE ini, maka kami menyarankan Anda untuk membeli ponsel baru yang telah mendukung layanan ini.

    Selanjutnya jika Anda sudah memiliki ponsel yang telah mendukung jaringan 4G LTE, maka Anda bisa melakukan pengecekan cakupan jaringan. Anda harus memastikan bahwa domisili asal Anda sudah mendapat cakupan layanan jaringan 4G milik XL ini.

    Selanjutnya Anda bisa membeli kartu USIM 4G XL terbaru di konter-konter resmi yang telah ditunjuk oleh XL. Tanpa adanya USIM 4G baru ini, tentu Anda tidak bisa melakukan upgrading jaringan ini.

    Selain itu Anda pun harus memastikan bahwa Anda  masih memiliki paket data yang tersisa di dalam kartu SIM Anda yang lama sehingga Anda bisa melakukan upgrade ini secara lancar.

    Terakhir sebelum kita membahas cara upgrade 4G XL, ada baiknya Anda membaca beberapa cara untuk melakukan back up kontak di beberapa ponsel di bawah ini

    Jika Anda merupakan pengguna iPhone, maka Anda bisa masuk ke menu setting dan pilih bagian mail, contact, calendars yang terletak di kolom atas. Di dalam menu tersebut Anda bisa geser ke bawah dan temukan pilihan import SIM contact. Kemudian klik pilihan itu dan pilihlah pilihan on my iphone.

    Cara Upgrade 4G XL

    Bagi Anda para pengguna Android Anda bisa dengan mudah masuk ke contacts. Di dalam sana Anda pilih tombol menu dan kemudian Anda bisa memilih pilihan import/ export.

    Jika sudah, Anda kemudian akan memasuki menu yang cukup panjang. Disana Anda bisa memilih pilihan import from SIM card. Setelah itu Anda bisa pilih phone dan kemudian Anda akan diminta untuk memilih kontak-kontak mana saja yang akan Anda pindahkan.

    Jika Anda merasa kesulitan Anda bisa dengan mudah pilih select all untuk memindahkan seluruh kontak yang ada di sana ke dalam ponsel Anda.

    Cara Upgrade 4G XL

    Jika sudah melakukan backup maka Anda telah siap untuk memasuki langkah selanjutnya, yakni upgrade 4G XL!


    Cara Upgrade 4G XL: Melalui Over The Air (OTA)

    Cara Upgrade 4G XL

    Cara ini merupakan salah satu cara yang kami sukai dan termasuk yang paling baik diantara beberapa provider lainnya, mengapa?

    Sederhana, karena dengan menggunakan cara OTA ini, Anda tidak perlu khawatir nomer-nomer kontak yang Anda miliki akan lenyap. Secara otomatis nomer-nomer kontak yang Anda miliki di kartu SIM sebelumnya akan segera berpindah ke kartu SIM terbaru Anda.

    Cara upgrade 4G XL melalui OTA amatlah mudah. Pertama-tama tentu Anda harus tetap menggunakan kartu SIM lama Anda. Dengan menggunakan kartu SIM lama Anda, Anda bisa menghubungi nomer *123*46# melalui ponsel Anda.

    Jika sudah menghubungi nomer tersebut, Anda akan memasuki menu yang cukup panjang, dan disana Anda bisa pilih nomer 1 atau pilihan lanjut.

    Cara Upgrade 4G XL

    Jika sudah masuk ke dalam pilihan tersebut, Anda cukup menunggu balasan SMS dari pihak XL yang menggunakan nomer 3646.

    Jika SMS dari 3646 sudah masuk, maka kami sarankan Anda untuk membaca pesan tersebut baik-baik, karena pesan di dalam SMS tersebut berkaitan dengan instruksi pergantian kartu baru.

    Setelahnya Anda bisa segera menukarkan kartu SIM lama Anda dengan kartu USIM 4G terbaru milik Anda.

    Jika sudah melakukan penukaran kartu SIM 3G dengan USIM 4G terbaru Anda, Anda bisa melakukan reboot ponsel Anda. Jika telah selesai Anda bisa melakukan tes, apakah kartu 4G yang berada di dalam ponsel Anda sudah bekerja dengan baik. Jika sudah, selamat!


    Cara Upgrade 4G XL: FAQ

    Q: Apakah kami tidak mendapatkan apa-apa setelah melakukan upgrading?

    A: Setelah melakukan upgrade Anda akan segera mendapatkan kuota bonus sebesar 12GB paket data, serta gratis panggilan telepon selama 50 menit selama 24 jam.

    Q: Apa perbedaan USIM dengan SIM pada umumnya? Bisakah saya menggunakan jaringan 4G dengan kartu SIM 3G lama saya?

    A: Pada dasarnya USIM dan SIM merupakan benda yang sama, merupakan chip ataupun kartu kecil yang digunakan dalam perangkat ponsel yang memiliki fungsi untuk menghubungkan ponsel Anda dengan jaringan yang ada.

    Kartu USIM memiliki kelebihan dibandingkan dengan kartu SIM 3G karena sudah memiliki kemampuan untuk digunakan dalam jaringan 4G. Kesimpulannya Anda tidak bisa menggunakan kartu SIM 3G biasa Anda untuk aktif di dalam jaringan 4G.

    Q: Apa keuntungan menggunakan jaringan 4G di ponsel cerdas saya?

    A: Seiring dengan berkembangnya teknologi, kecepatan pertukaran arus informasi saat ini tidak dapat dipungkiri terjadi dengan semakin cepat. Teknologi 4G hadir bagi Anda yang menuntut kecepatan tersebut. Selain itu dengan ponsel cerdas yang memiliki kemampuan pertukaran data yang cepat, tentunya akan memuaskan sang pemilik. Sang pemilik bisa streaming musik, streaming video, hingga bermain permainan online tanpa harus khawatir terjadi lag.

    Q: Bagaimana perbandingan kecepatan pertukaran data 4G LTE dengan teknologi sebelumnya?

    A: Teknologi memiliki kecepatan transfer data yang amat jauh berbeda dibandingkan dengan teknologi 3G. Salah satu contoh yang bisa Anda ambil adalah, saat melakukan streaming video yang membutuhkan waktu 1 jam dengan jaringan 3G, Anda hanya butuh waktu maksimal 10 menit saja dengan menggunakan teknologi 4G ini.

    Namun perlu kami tekankan bahwa kecepatan data yang ada ini umumnya amat bervariasi. Beberapa faktor yang perlu Anda perhitungkan terkait dengan kecepatan data ini misalnya jarak perangkat dengan antenna pemancar, lokasi Anda sendiri, jumlah pemancar di satu area, serta jumlah pengguna di dalam area tersebut.


    Baca Juga: Cara Berhenti Berlangganan RBT dan SMS Pelanggan di Tri

    Beli Pulsa XL

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini