Follow Us

  • Share

    Jangan Sepelekan, Gunakan Kartu Kredit Anda Dengan Benar!

    Kartu kredit bukan barang langka lagi sekarang ini, bagi kalian yang tidak suka membawa uang tunai maka kartu kredit merupakan cara pembayaran yang cukup praktis dibandingkan dengan debit.

    Selain praktis terkadang banyak sekali keuntungan menggunakan kartu kredit, misalnya saja biasanya toko atau restaurant tertentu bekerja sama dengan bank untuk memberikan cashback atau diskon setiap pembelian dengan kartu kredit mereka, ini pasti jadi pilihan yang menguntungkan untuk kalian pengguna CC.

    Penggunaan kartu kredit tidak semuanya menguntungkan, bisa jadi kalian malah akan terjerat kesulitan jika kalian tidak mahir mengatur keuangan. Oleh karena itu bijak jika semua pengguna kartu kredit mengerti sedikit mengetahui bagaimana mengatur keuangan dengan baik, tidak tergiur membeli barang yang memang tidak diperlukan.

    Bagi kalian pengguna sejumlah kartu kredit ada baiknya kalian memikirkan terlebih dahulu resiko yang mungkin bisa saja terjadi karena akan semakin sulit kita mengatur dan juga mengontrol penggunaannya.

    Pada artikel ini Sepulsa akan memberikan tips dan trik bagaimana cara terbaik menggunakan kartu kredit sehingga kalian dapat terhindar dari kesulitan seperti terlalu banyak hutang dan bunga yang tidak sesuai dengan jumlah penghasilan kalian.

    Jangan sembarangan pakai credit card, berikut ini cara menggunakan kartu kredit dengan bijak

    Terlalu banyak hutang

    Praktisnya menggunakan kartu kredit membuat orang asal saja menggunakannya, padahal kartu kredit bukan fasilitas pinjaman yang diberikan bank karena setiap transaksi yang dilakukan merupakan hutang yang mesti dibayarkan saat masa tagihan, belum lagi bunga disetiap transaksi dan annual fee yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

    terlalu banyak hutang kartu kredit

    Jadi gunakan kartu kredit seperlunya saja, misalnya saja kalian dapat menggunakan saat diskon. Sederhananya jika pembayaran dapat dilakukan secara cash, maka kalian tidak perlu menggunakan kartu kredit.

    Sesuai limit dengan pendapatan kalian perbulan

    Pastikan limit pembayaran sesuai dengan pendapatan kalian perbulan atau baiknya angka limit harus dibawah pendapatan kalian. Misalnya saja pendapatan kalian 8 juta maka pastikan limit kartu kredit 4-5 juta saja, ini untuk lebih mudah mengontrol penggunaan kartu kredit yang berlebihan yang menyebabkan kesulitan pembayaran saat penagihan nantinya, karena total pendapatan kalian bukan hanya dibutuhkan untuk membayar semua tagihan dari kartu kredit.

     

    sesuaikan dengan pendapatan kalian

    Terlalu banyak kartu kredit

    Hindarilah penggunaan kartu kredit lebih dari 2, bahkan idealnya setiap pelanggan hanya memiliki 1 kartu kredit. Dengan banyaknya kartu kredit maka kalian juga harus berupaya mengontrol semua pengeluaran, jika kalian tidak teliti maka ini malah jadi boomerang.

    Jika kalian terlanjur memiliki banyak kartu kredit maka ada baiknya menutup beberapa kartu kredit yang jarang kalian gunakan, besaran bunga yang dikenakan bank, penawaran dan fitur yang diberikan oleh bank, berbagai macam biaya yang harus kita bayarkan, pilihlah kartu kredit yang sering kalian gunakan saja dan memberikan banyak keuntungan setiap kalian bertransaksi.

    Terlalu banyak kartu kredit

    Pikirkan untung/rugi saat kalian belanja

    Pikirkan hal ini sebelum belanja dengan kartu kredit apakah belanja yang dilakukan itu karena kebutuhan atau keinginan? karena tidak semua keinginan kalian merupakan yang kalian butuhkan dan sebaliknya. Pastikan juga kalian mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan kartu kredit, jika tidak maka lebih baik kalian menggunakan metode cash dengan membayarnya secara tunai.

    pikirkan untung rugi sebelum kalian belanja

    Nah berikut hal lain yang harus dipikirkan sebelum kalian menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat belanja Anda, pikirkan dulu kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan harganya layak atau tidak.

    Pilih kartu kredit dengan suku bunga terendah

    Sebelum menggunakan kartu kredit pilihlah yang menawarkan bunga rendah, BI ( Bank Indonesia ) menetapkan bunga terbesar adalah 2,95%. Setiap bank akan menetapkan bunga yang berbeda, review dahulu bunga yang dibebankan kepada kalian setiap tahunnya juga.

    Lakukan pelunasan terhadap semua pembelian yang kalian lakukan dan juga berbagai biaya lain yang timbul di dalam kartu kredit kita seperti bunga dan iuran tahunan. Jangan sampai sejumlah hutang dan tunggakan membuat skor kredit kita menjadi buruk di mata bank.

    bunga rendah via kreditgogo.com

    Kesimpulan

    Jelas kartu kredit memang digunakan oleh pihak bank untuk mempermudah pelanggannya agar lebih praktis bertransaksi, tetapi sayangnya banyak orang terjebak mudahnya bertransaksi tanpa memperdulikan resiko yang akan timbul karena hutang yang bertambah seiring kalian lebih sering belanja.

    Jika kalian bukan pribadi yang bisa mengontrol diri saat belanja, kami sarankan untuk mempelajari kiat mengolah keuangan dengan benar atau kalau memang perlu kalian tidak perlu memiliki kartu kredit.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini