Follow Us

  • Share

    Cara membuat slime menggunakan detergen

    Mungkin Anda masih bingung apa sih sebenarnya slime itu? Dan mengapa slime menjadi salah satu mainan favorit banyak orang? Bila diartikan ke dalam bahasa indonesia slime berati ‘lendir’. Slime memang memiliki bentuk kenyal dan agak berlendir, tapi itu juga tergantung dengan bahan yang digunakan untuk pembuatan slime.

    Buat Anda yang suka main slime, pasti udah penasaran banget dong gimana sih cara bikin slime? Sebenernya sih bikin slime itu gampang banget dan Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang tersedia dirumah Anda.

    Untuk membuat slime, Anda bisa menggunakan bahan rumahan seperti sabun, shampoo,  sabun pencuci piring, lem fox, lem povinal, atau tepung dan juga dengan bahan lainnya seperti lem UHU. Jadi tentunya Anda bisa memilih bahan mana yang kira-kira aman dan cocok untuk Anda jadikan slime. Anda juga bisa membuat slime menggunakan detergen lho.

    Cara membuat slime menggunakan detergen

    Detergen sendiri adalah sebuah (atau gabungan beberapa) senyawa, yang memudahkan proses pembersihan (cleaning). Deterjen merupakan produk formulasi campuran beberapa bahan kimia, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membersihkan.

    Komponen utama dari deterjen pencuci adalah surfaktan (agent aktif permukaan), seperti Linear Alkyl Benzene Sulfonate (LAS) dan builders, seperti trinatrium polifosfat (TSPP), trinatrium fosfat terklorinasi, DEA (dietanolamina), senyawa fosfat kompleks dan natrium sitrat, natrium aluminosilikat (zeolit). Bahan aditif lainnya seperti alkali, bahan pengawet, bahan pemutih, pewarna, bahan anti korosif dan enzim.

    Nah untuk Anda yang suka main slime dan kebetulan masih sering mencuci baju dirumah menggunakan detergen, pas banget nih karena kali ini kami akan membahas tentang ‘cara membuat slime menggunakan detergen’. Yuk langsung disimak aja.


    Cara membuat slime menggunakan detergen cair

    Cara membuat slime menggunakan detergen

    Untuk membuat slime, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, yaitu mangkuk dan pengaduk, lem UHU, deterjen, pewarna makanan, dan air. Setelah alat dan bahan siap, selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah dalam cara membuat slime dengan sabun deterjen cair berikut ini:

    1. Pertama, masukan lem UHU sebanyak 1 bungkus ke dalam mangkuk.
    2. Setelah itu, tambahkan 2 tetes pewarna makanan sesuai selera Anda.
    3. Aduk adonan dengan ujung sendok sampai warna tercampur rata.
    4. Kemudian, tambah deterjen cair sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk sambil terus mengaduknya. Jumlah deterjen yang ditambahkan adalah sekitar 4 sendok makan saja.
    5. Setelah teraduk rata, adonan akan mulai menggumpal. Aduk terus sampai gumpalannya benar-benar sempurna dan tidak lengket di mangkuk dan biarkan selama 3 menit.
    6. Setelah itu, rendam adonan ke dalam air selama 3 menit untuk membersihkan cairan deterjen yang masih menempel.
    7. Bila sudah selesai, Anda bisa mengangkat adonan dan slime yang lucu dan lentur siap untuk Anda mainkan.

    Cara membuat slime menggunakan detergen bubuk

    Cara membuat slime menggunakan detergen

    Untuk cara membuat slime yang paling gampang berikut ini adalah dengan menggunakan detergen dan sabun cuci piring. Cara ini lebih sering digunakan karena jauh lebih praktis, Anda cukup mengambil bahannya yang sudah tersedia dirumah. Pertama-tama Anda siapin dulu ya bahan-bahannya, antara lain: 6 sdm sabun cuci piring mama lemon atau sunlight , 1 deterjen bubuk, tepung sdm tepung terigu, pewarna makanan dan air secukupnya. Untuk membuat slime ini Anda bisa langsung aja mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Masukkan tepung terigu, deterjen, dan sabun cuci piring pada sebuah baskom, kemudian tambahkan satu gelas air secara perlahan sembari diaduk. Anda bisa melihat sendiri ya apakah adonan slime yang Anda buat itu kekurangan air atau kekurangan tepung dengan cara melihat atau pun menyentuh teksturnya.
    2. Saat adonan sudah pas kekentalannya, tuangkan pewarna. Aduk rata.
    3. Langkah terahir, Anda bisa menempatkan adonan pada wadah tertutup dan masukkan di freezer lemari es selama kurang lebih 15 menit.
    4. Setelah itu slime sudah bisa untuk Anda mainkan.

    Cara membuat slime menggunakan detergen

    Itulah beberapa tips singkat buat Anda yang pengen tau cara membuat slime menggunakan detergen. Yang pasti mainan ini tidak berbahaya untuk anak-anak, asal jangan dimakan tentunya.

    Untuk menjaga kesehatan Anda, jangan lupa untuk mencuci tangan ketika selesai bermain slime, karena slime mudah sekali tertempel debu dan berbagai kuman kecil lainnya. Bila Anda telah berhasil membuat slime, Anda bisa share pengalaman Anda dikolom komentar yang ada dibawah ini yaa.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini