Follow Us

  • Share

    Waspada Kartu BPJS palsu! Inilah Cara Membedakan Asli dan Palsu

    Kemunculan kasus kartu BPJS palsu dimulai sejak ada kejadian banyaknya peserta BPJS yang tidak bisa mengklaim lalu ditinjau lebih jauh hal ini disebabkan kartu BPJS yang mereka pegang palsu. Maraknya kasus BPJS palsu pertama kali muncul di Kabupaten Bandung Barat, dimana ada oknum yang menawarkan warga-warga sejumlah desa sebuah layanan pembuatan kartu BPJS dengan tawaran yang menggiurkan.

    Mereka mendapatkan tawaran yaitu cukup hanya membayar Rp100.000 hingga Rp170.000 bisa membuat kartu bpjs dan tidak perlu membayar iuran selamanya. Tentunya hal ini melenceng dari ketentuan resmi BPJS. Akan tetapi, tawaran penuh khayal tersebut menelan cukup banyak korban. Karena mereka mendapatkan kartu palsu yang tidak terdaftar dalam sistem BPJS, mereka tidak bisa berobat menggunakan layanannya. Cukup disayangkan, bukan?

    Mari belajar dari kasus ini. Sebaiknya kita harus waspada dengan tawaran menggiurkan ini dan berinisiatif untuk memeriksa dengan informasi yang diberikan pemerintah. Satu tips yang harus diingat ketika mendaftarkan diri dalam sistem BPJS adalah selalu hindari jasa pembuatan dan pembayaran BPJS melalui calo, gunakanlah jalur resmi.

    Terus, Anda mungkin ingin tahu seperti apakah kartu bpjs palsu itu? Apa bedanya dengan kartu BPJS asli? Anda bisa mengetahui kartu BPJS asli atau palsu dengan 3 tips ini!

    Kartu BPJS asli atau palsu, Perhatikan Ciri Fisiknya!

    Perhatikan dengan teliti kartu BPJS yang asli. Inilah ciri-cirinya:

    • Kartu BPJS asli mempunyai gambar latar pulau-pulau di Indonesia.
    • Di bagian belakang kartu BPJS asli, terdapat 3 peraturan cara pemakaian kartu BPJS.
    • Kartu BPJS asli mempunyai tulisan yang tercetak dengan jelas.
    • Kode barcode BPJS asli terlihat teratur.

    cara membedakan BPJS palsu atau asli

    Sedangkan kartu BPJS palsu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

    • Kartu BPJS Palsu tidak ada gambar latar atau polos.
    • Di bagian belakang kartu BPJS palsu, ada 8 peraturan pemakaian
    • Tulisan buram pada kartu BPJS palsu.
    • Kode barcode berantakan.

    Hubungi Call Center BPJS 24 Jam 1500400

    Mengecek asli atau tidaknya kartu BPJS bisa Anda lakukan dengan menghubungi layanan call center BPJS 1500400. Anda cukup tanyakan apakah nomor kartu yang Anda miliki apakah terdaftar pada sistem BPJS.

    Website BPJS

    BPJS mempunyai layanan informasi dan tagihan bagi pesertanya dalam tautan https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Isilah kolom nomor kartu BPJS, tanggal lahir dan angka validasi yang tertera pada layar. Jika informasi yang Anda isi benar, maka akan muncul detil informasi akun BPJS-mu seperti nama, nomor kartu, status akun dan jumlah keluarga tertanggung beserta rincian nama jelasnya. Sebaliknya jika nomor kartu yang Anda masukkan palsu atau tidak terdaftar pada sistem maka tidak ada informasi yang ditayangkan pada layar. ( baca : Cara Cek Status BPJS kamu )

    Bagaimana Jika Anda punya kartu BPJS Palsu?

    Sebaiknya Anda melaporkan kasus kartu BPJS Palsu ke kantor BPJS terdekat atau hubungi layanan call center 24 jam 1500400 dan mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan oleh pihak BPJS.
    Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri dalam sistem BPJS, Anda bisa daftar dengan mengunjungi website BPJS atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan lokasi Anda.

    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini