Follow Us

  • Share

    4 Cara untuk Melacak HP yang Hilang!

    Salah satu pertanyaan yang cukup banyak kami dapatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah bagaimana cara melacak HP yang hilang?

    HP, ponsel, atau lebih dikenal dengan smartphone saat ini sudah jadi kebutuhan primer. Keberadaannya pun menjadi salah satu yang paling penting di dalam kehidupan sehari-hari.

    Sebagai salah satu barang penting yang banyak digunakan, kalian pasti pernah kehilangan HP, kan? Entah tertinggal di cafe, tertinggal di kantong jaket, atau justru kecopetan? Pertanyaanya adalah, bagaimana cara melacak HP yang hilang?

    Tidak perlu khawatir, baik Anda menggunakan HP berbasis Android atau iOS, ada cara-cara mudah yang bisa anda gunakan untuk melacak HP yang hilang! Penasaran? Simak langsung ulasannya di bawah ini!


    1. Melacak HP yang Hilang Menggunakan Google Find My Device

    Untuk melacak HP yang dengan fitur ini, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Syarat pertama adalah tentunya HP Anda harus terhubung dengan akun Google.

    Cek juga: Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Pada Android

    Find My Device merupakan salah satu fitur resmi milik Google yang banyak digunakan orang. Menariknya adalah, Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun untuk menggunakan fitur ini.

    Untuk menggunakan aplikasi ini ketika kehilangan ponsel, cukup buka browser, login akun google, kemudian masuk ke situs Find My Device.

    Di dalamnya anda akan menemukan peta berisi lokasi ponsel, dan juga opsi untuk menderingkan ponsel, menghapus data ponsel, dan mengunci ponsel.

    Google Find My Device Sepulsa

    Bahkan hal yang lebih menarik dari raksasa teknologi ini adalah, Anda cukup masuk ke Google dan cari “find my phone”. Kemudian Google akan menunjukkan lokasi ponsel Anda. Anda pun kemudian diberikan pilihan untuk menderingkan ponsel Anda atau melakukan lock and erase.

    Kalau Anda yakin ponsel telah dicuri, kami sarankan pertama untuk pilih Secure Device agar ponsel terkunci dan Sign Out dari akun Google.

    Anda bisa juga gunakan pilihan Erase Device untuk menghapus semua data di ponsel itu. Namun, setelah dihapus, ponsel anda tidak akan bisa dilacak lagi.

    Menurut kami cara melacak HP yang hilang menggunakan Find My Device merupakan salah satu cara paling mudah dan paling praktis yang dapat Anda lakukan.


    2. Melacak HP dengan Kondisi Mati Menggunakan Google Timeline

    Jika Find My Device merupakan fitur yang bisa digunakan ketika HP Anda dalam kondisi aktif, maka Google Timeline merupakan fitur yang disediakan Google untuk melacak HP walaupun sedang dalam kondisi mati.

    Cara Melacak HP Android Yang Hilang

    Perbedaannya adalah dengan fitur ini Anda harus tetap sedikit berpikir untuk melacak HP. Google menggunakan fitur ini sebagai salah satu media pencatat jejak Anda.

    Syaratnya adalah HP yang hilang tersebut harus sudah terkoneksi dengan akun Google Anda, serta Anda harus selalu mengaktivasi riwayat lokasi di HP Anda. Apabila tidak diaktifkan, maka fitur tracking milik Google tidak akan bekerja.

    Secara sederhana, fitur ini akan mencatat perjalanan Anda sedetail mungkin. Ketika kehilangan HP, Anda cukup membuka fitur ini dan melihat keberadaan terakhir ponsel Anda.

    Kekurangannya adalah, jika HP Anda hilang karena dicuri orang, lalu dimatikan, maka tidak ada jaminan lokasi hilangnya HP Anda dekat dengan lokasi terakhir yang terlacak Google.


    3. Melacak HP yang Hilang Menggunakan Find My iPhone

    Sebagaimana judul di atas, bagian ini khusus membahas cara melacak HP yang hilang bagi pengguna pabrikan Apple. Sesuai judulnya pula, Anda yang menggunakan HP pabrikan Apple cukup memanfaatkan fitur dasar yang dimiliki oleh HP ini yakni Find My iPhone.

    Jika fitur Find My Device milik Google tidak butuh instalasi untuk digunakan, maka fitur yang dimiliki Apple ini merupakan fitur preinstalled. Jadi Anda tidak butuh proses instalasi dalam memanfaatkan aplikasi ini.

    Cara Melacak HP Android Yang Hilang

    Cara melacak HP yang hilang menggunakan fitur ini diawali dengan Log In ke dalam iCloud Anda. Kemudian Anda bisa langsung memilih fitur Find my iPhone.

    Sama halnya dengan fitur ADM milik Google, dalam sekejap Apple akan langsung menunjukkan lokasi iPhone Anda.

    Anda pun akan diberikan pilihan untuk membunyikan ponsel Anda, atau menyalakan lost mode atau juga menghapus seluruh data yang ada di iPhone Anda.

    Hal yang istimewa dari fitur ini adalah, karena fitur ini memang dikembangkan oleh Apple, maka fitur ini dapat Anda gunakan untuk mencari Mac, iPod, dan iPad Anda.

    Kemudian demi menjamin keamanan iPhone Anda, selain sebagai salah satu cara melacak HP yang hilang, find my iphone juga mengharuskan Anda memasukkan Apple ID dan passwordnya sebelum Anda menggunakan fitur ini.


    4. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Metode Konvensional

    Jika Anda ingin tahu cara melacak HP yang hilang tanpa menggunakan aplikasi, kami pun punya jawabannya.

    Cara pertama adalah menelpon ponsel Anda dan kemudian cari getaran atau pun deringnya.

    Jika beruntung, Anda mungkin bisa menemukan HP di balik bantal, di sofa, di bawah tempat tidur, atau bahkan terselip di dalam jaket yang baru saja Anda pakai.

    Dan jika HP Anda hilang tetapi Anda cukup beruntung, maka Anda akan menemukan seseorang yang mengangkat HP Anda dan bersedia mengembalikannya.

    Cara Melacak HP Android Yang Hilang

    Jika cara ini belum berhasil, maka Anda harus siap-siap berpikir. Cara melacak HP yang hilang lainnya adalah dengan mengingat. Cobalah ingat saat terakhir kali Anda menggunakan HP.

    Hal terpenting dari metode ini adalah bahwa Anda tidak boleh berburuk sangka jika Anda tidak mendengar getaran atau pun nada dering ponsel ketika dihubungi, bisa saja saat itu si ponsel sedang dalam keadaan mati.

    Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melacak HP Anda. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda, ya!

    Baca Juga : Cara download video di youtube

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini