Follow Us

  • Share

    Cara Berhenti Berlangganan RBT & SMS Pelanggan di Telkomsel

    Dahulu baik RBT/NSP ataupun SMS berlangganan merupakan salah satu fitur yang entah kenapa bisa amat populer. Menurut kami mungkin karena zaman dulu kecepatan arus informasi jauh lebih lambat dibandingkan masa kini.

    Lantas apa hubungannya?

    SMS berlangganan umumnya berisi tentang informasi gosip, jadwal shalat, cuaca, hingga primbon. Hal-hal tersebut merupakan informasi yang bisa dengan mudah di masa kini Anda dapatkan. Lalu bagaimana dengan NSP atau RBT?

    Sejujurnya menurut kami pribadi hal ini masih menjadi misteri. Kami pribadi berpendapat bahwa layanan NSP merupakan salah satu layanan paling tidak bermanfaat bagi si pengguna namun menyedot cukup banyak pulsa.

    Bagi Anda generasi milenial mungkin tidak akrab dengan RBT ataupun NSP. Secara singkat NSP merupakan layanan RBT (Ring Back Tone) yang dimiliki oleh Telkomsel.

    Dengan layanan NSP ini Anda bisa mengganti nada sambung tut tut tut Anda menjadi konten suara ataupun lagu apapun yang Anda inginkan.

    Meskipun kurang esensial, tetap saja hal ini merupakan preferensi pelanggan dan kami pun tidak berhak untuk melarang siapapun berlangganan NSP ini. Setidaknya dengan NSP ini

    Mungkin sebagian dari Anda menyadari hal ini dan ingin berhenti berlangganan kedua layanan ini, namun permasalahannya adalah, bagaimana Anda bisa berhenti berlangganan kedua layanan ini? Nah kami punya solusinya!


    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Telkomsel: Berhenti Berlangganan RBT

    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Telkomsel

    RBT ataupun NSP (istilah yang lebih lazim digunakan oleh Telkomsel) merupakan salah satu fitur yang dahulu cukup menarik perhatian banyak orang. Daripada nada sambung standar, fitur ini membuat nada sambung Anda berubah menjadi lagu-lagu pilihan Anda.

    Di awal-awal memang NSP memiliki banyak penggemar, dan bahkan Telkomsel berhasil meraup banyak sekali keuntungan dari sini.

    Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, para pengguna NSP mulai sadar bahwa NSP bukanlah fitur yang esensial dari telekomunikasi dan mulai berhenti berlangganan NSP.

    Apakah Anda salah satunya? Apakah Anda ingin berhenti berlangganan NSP namun tidak tahu caranya? Nah kami punya solusinya.

    Jika Anda pada awalnya mengaktifkan NSP dengan cara mengetik RING (spasi) ON (spasi) KODE LAGU, maka Anda bisa berhenti berlangganan NSP dengan cara kembali mengetikkan RING (spasi) OFF dan kemudian dikirimkan ke nomer 1212.

    Namun jika Anda mengaktifkan NSP dengan cara mengetikkan RING (spasi) SUB (spasi) KODE LAGU, maka untuk berhenti berlangganan NSP Anda bisa melakukannya dengan cara ketik RING (spasi) UNSUB (spasi) KODE LAGU dan kemudian kembali dikirimkan ke 1212.

    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Telkomsel

    Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Anda mengetahui kode lagu Anda? Cara pertama amat mudah. Untuk mengetahui kode lagu Anda, Anda cukup menunggu hingga masa berlaku NSP Anda habis. Nah tapi jangan isi pulsa Anda di saat itu sehingga NSP tidak bisa memperpanjang masa nya secara otomatis.

    Biasanya ketika Anda mengalami hal itu, operator secara otomatis akan mendapatkan pemberitahuan nomer kode lagu Anda. Namun jika Anda tidak ingin berlama-lama menunggu habisnya masa berlaku NSP Anda, Anda bisa saja mengakali hal ini. Caranya adalah dengan melakukan aktivasi NSP yang baru dengan cara ketik RING (spasi) ON kirim ke 1212 dan pilih lagu apapun.

    Jangan lupa mencatat kode lagu yang Anda pilih tersebut. Jika Anda sudah selesai memasangkan NSP terbaru Anda, Anda bisa segera mengetikkan RING (spasi) OFF dan kirim ke 1212.

    Lalu bagaimana Anda yang merasa tidak pernah berlangganan NSP, namun tiba-tiba kerabat Anda memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki NSP? Sederhana saja, silahkan coba kedua cara di atas. Nah jika cara-cara ini tidak mampu menyelesaikan masalah Anda, kami menyarankan Anda untuk menghubungi langsung call center Telkomsel di nomer 116.

    Kemudian Anda bisa segera menyampaikan keluhan Anda langsung ke operator, dan Anda pun bisa langsung secara jelas menyebutkan ingin diberhentikan aktivitas layanan NSP secara otomatis.

    Kami jamin dengan cara ini seluruh aktivitas NSP baik yang Anda sadari maupun tidak Anda sadari akan segera dihentikan oleh sang operator.


    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Telkomsel: Berhenti SMS Berlangganan

    Di zaman modern seperti saat ini arus informasi sudah berjalan sedemikian rupa cepatnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat menerima informasi apapun.

    Beberapa tahun ke belakang, sebelum teknologi informasi berkembang seperti masa sekarang, banyak layanan-layanan SMS berlangganan yang ditawarkan oleh provider.

    Kalau diingat-ingat kadang fitur yang ditawarkan pun cukup nyeleneh. Mulai dari SMS zodiak berlangganan, SMS kuis berlangganan, SMS info-info berlangganan, hingga SMS berisi informasi tentang artis favorit Anda.

    Lalu dimana permasalahannya? Permasalahannya adalah SMS berlangganan tersebut umumnya mematok tarif yang tidak murah dan bahkan jauh di atas rata-rata tarif SMS pada umumnya.

    Sebagai gambaran, jika beberapa tahun ke belakang tarif SMS saja berharga Rp350,- maka tarif SMS berlangganan semacam itu bisa berharga Rp2.000,-.

    Umumnya para pelanggan baru akan sadar bahwa layanan seperti ini sangat menyedot pulsa ketika para penyedia layanan mengirimkan SMS langganan secara membabi buta. Katakanlah 10 kali dalam sebulan, artinya Anda membuang-buang Rp20.000,- sebulan hanya untuk layanan ini.

    Kesulitan berikutnya adalah, seringkali Anda sulit untuk berhenti berlangganan layanan SMS tersebut. Nah cara paling mudahnya tentu dengan mengetikkan UNREG (spasi) STOP Dengan mengetikkan perintah tersebut maka Anda akan secara otomatis berhenti berlangganan.

    Namun seringkali cara tersebut tidak bisa memberhentikan layanan SMS berlanganan ini. Entah karena si penyedia jasa telah mengubah SMS short code nya, atau karena alasan apapun. Selain itupun Anda tidak akan mengetahui status SMS berlangganan Anda setelah Anda mengetikkan perintah tersebut.

    Khusus bagi pelanggan Telkomsel Anda bisa menghubungi nomer *111# bagi yang menggunakan kartu HALO dan *116# bagi yang menggunakan kartu simPATI atau kartu As.

    Kemudian di dalam menu Anda bisa memilih “3” untuk segera melakukan pengecekan konten SMS premium yang sedang aktif pada nomer Anda. Di sana Anda bisa segera klik “2” untuk berhenti berlangganan.

    Jika Anda masih tidak bisa melakukan unregistrasi layanan SMS premium berlangganan itu, kami masih bisa mengajarkan Anda satu cara rahasia lagi. Anda bisa melaporkan SMS premium berlangganan itu sebagai penipuan, yakni dengan cara mengirimkan SMS ke 1166 dengan format penipuan#isi pesan#nomer pengirim.

    Nah jika mengirimkan format UNREG (spasi) STOP tidak dapat menghentikan layanan SMS berlangganan premium Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara yang kami sarankan ini.

    Demikianlah informasi mengenai beberapa cara berhenti berlangganan NSP maupun layanan SMS premium berlangganan. Jika Anda memang mendaftar, mungkin Anda tidak akan terlalu sebal. Namun seringkali kedua layanan ini muncul di ponsel Anda tanpa Anda minta.

    Untuk kasus kedua ini, kami amat menyarankan Anda langsung menghubungi call center Telkomsel sehingga permasalahan tersebut dapat selesai tanpa harus menyulitkan diri Anda sendiri.


    Baca Juga: Cara Berhenti Berlangganan RBT dan SMS Pelanggan di Indosat

    Beli Pulsa Simpati

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini