Follow Us

  • Share

    Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Sensor Fingerprint Anda Tetap Awet

    Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi pada smartphone, fitur yang ditawarkan pun tak kalah menarik serta beragam. Salah satunya pada tingkat pengamanan smartphone itu sendiri.

    Jika Anda termasuk orang yang menggunakan smartphone, tentunya sudah tau dong fitur pengamanan seperti kata sandi atau pin bahkan pola yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan smartphone Anda. Sekarang ini beberapa smartphone sudah hadir dengan fitur pengamanan yang jauh lebih canggih yaitu fingerprint scanner.

    Fingerprint scanner tidak hanya tersedia pada smartphone biasa namun juga sudah ada di smartphone Android keluaran terbaru. Dengan teknologi ini, keamanan smartphone Anda tentunya lebih terjamin karena Anda tidak perlu lagi repot untuk memasukkan kunci pin atau pola yang bisa dengan mudahnya diketahui orang lain.

    Namun karena terlalu seringnya dipakai, panel fingerprint ini rentan sekali untuk mengalami kerusakan. Akibatnya Anda harus memperbaiki fingerprint yang rusak atau bahkan sampai harus mengganti smartphone kamu dengan yang baru.

    Supaya hal ini tidak terjadi, Anda harus tau cara merawat fingerprint agar selalu bagus dan berfungsi secara maksimal. Berikut kami telah merangkum apa saja yang gak boleh Anda lakukan supaya fingerprint Anda tetap awet walaupun sering dipakai.


    1. Menggunakan fingerprint jika jari Anda basah

    Cara agar sensor Fingerprint awet

    Buat Anda yang sering gak sabar pengen segera main hp setelah baru selesai mandi sebaiknya jangan langsung menekan fingerprint ketika jari Anda masih dalam keadaan basah ya.

    Pastikan jari Anda dalam keadaan kering ketika mencoba mengakses fingerprint. Karena fingerprint merupakan perangkat elektronik yang sensitif, Anda bisa membuat fingerprint Anda rusak kalau mencoba menggunakannya ketika jari Anda basah.


    2. Mendaftarkan lebih dari dua jari

    Cara agar sensor Fingerprint awet

    Salah satu keunggulan dari teknologi fingerprint scanner ini adalah Anda bisa mendaftarkan lebih dari satu jari untuk mengakses keamanan pada smartphone Anda. Tapi supaya fingerprint Anda tetap berfungsi dengan baik dan maksimal, Anda hanya perlu mendaftarkan 2 sidik jari saja ya.

    Anda juga dianjurkan untuk tidak mendaftarkan fingerprint dengan banyak jari karena setiap data sidik jari yang Anda daftarkan akan secara otomatis tersimpan di memori smartphone Anda.

    Semakin banyak sidik jari yang didaftarkan, semakin banyak pula memori Anda yang terpakai untuk menampung data yang tidak penting. Mendaftarkan banyak jari juga bisa membuat fingerprint Anda menjadi lambat dan menurun kualitasnya.


    3. Pakai fingerprint saat hujan

    Cara agar sensor Fingerprint awet

    Ini adalah peringatan bagi Anda yang masih suka kekeuh untuk memakai fingerprint padahal sedang hujan. Tidah hanya saat hujan saja sih tapi bisa juga berlaku disaat Anda lagi berenang atau asik main air dipantai.

    Walaupun mungkin hp Anda itu dirancang untuk tahan air tapi tetap saja ada kemungkinan untuk rusak karena fingerprint memiliki celah disekelilingnya yang bisa memicu air untuk masuk dan menyebabkan kerusakan pada sensor yang berada didalamnya. Jadi apa masih mau main hp disaat hujan?


    4. Memindai anggota tubuh selain jari

    Cara agar sensor Fingerprint awet

    Teknologi canggih ala detektif yang bernama fingerprint ini juga memungkinkan Anda untuk memindai bagian tubuh selain jari semisal hidung, bibir, telinga, dan lain sebagainya.

    Walaupun bisa Anda scan dengan anggota tubuh lainnya, tetap saja lebih baik menggunakan jari. Karena sesuai dengan namanya, pengalihan fungsi pada fingerprint bisa membuat fingerprint Anda mengalami malfungsi dan akhirnya tidak bisa dipake lagi.


    5. Menggores panel fingerprint

    Cara agar sensor Fingerprint awet

    Mungkin Anda sering tidak sengaja menggores panel pemindai fingerprint dengan benda lain atau karena memang iseng aja Anda sampai mencoba untuk menggoreskan benda tajam ke permukaan fingerprint.

    Hal ini terlarang untuk dilakukan sebab sensor pada permukaan fingerprint scanner memang dirancang khusus untuk mengenali pola-pola khas pada sidik jari Anda. Jika ada sedikit saja permukaan yang tergores, kemungkinan besar fingerprint Anda akan rusak dan tentunya tidak bisa dipakai lagi.


    Itulah beberapa hal yang harus Anda tau dan hindari supaya fingerprint di smartphone Anda tetap awet dan berfungsi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membuat smartphone Anda bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama ya.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini