Follow Us

  • Share

    Beli Aplikasi Google Play dengan Pulsa Ponsel? Pastikan Saldo Anda Cukup!

    Para pengguna smartphone berbasis Android pastinya sudah biasa membeli aplikasi di Google Play Store dengan sistem potong pulsa. Kemudahan ini terwujud sejak Google meluncurkan Google Play Direct Carrier Billing yang artinya aplikasi bisa dibeli dengan tagihan (billing) pulsa operator (carrier) secara langsung (direct). Sebelumnya, jika ingin membeli aplikasi di Google Play, kita diharuskan memakai kartu kredit. Padahal tidak semua orang memiliki kartu kredit.

    Sejarah

    Aplikasi Google Play sendiri biasanya sudah bundling atau sudah diinstal sebelumnya (pre-installed) di ponsel berbasis Android. Di Indonesia, tiga operator raksasa sudah menawarkan Google Play Direct Carrier Billing. Diawali oleh operator Indosat pada awal Desember 2014 dan kemudian disusul Telkomsel dan XL Axiata. Tentu saja penagihan disesuaikan dengan jenis simcard yang digunakan. Untuk kartu pra bayar, pulsa akan dipotong langsung saat transaksi. Sementara untuk kartu pasca bayar maka tagihan akan disatukan dengan tagihan pelanggan.

    Untuk sementara, di Indonesia, yang dapat dibeli dengan sistem potong pulsa di Google Play adalah aplikasi berbagai kategori, permainan (games), tambahan konten virtual (virtual items/in-app), dan buku elektronik (e-book). Namun tidak menutup kemungkinan di masa depan, layanan Google untuk ponsel seperti Google Play Film & TV, Google Play Newsstand, atau Google Play Music akan menyusul dapat dibeli pula dengan sistem potong pulsa.

    Sebenarnya tak hanya di Google Play kita dapat bertransaksi dengan sistem potong pulsa. Para pengguna ponsel dan smartphone Blackberry juga dapat bertransaksi sistem potong pulsa di Blackberry Application World, BBM Stickers, BBM Shop, BBM Voice, dan BBM Free Chat. Sementara pengguna Windows Phone pun dapat bertransaksi sistem potong pulsa di Windows Phone Store.

    Bahkan operator telepon seluler di Indonesia juga sudah menyediakan toko virtual masing-masing. XL Axiata mempunyai Gudang Aplikasi (GudangApp), Telkomsel miliki Telkomsel Application Developer (Teman Dev), dan Indosat juga luncurkan i-Aplikazone. Belum lagi ada beberapa toko virtual lainnya seperti Jalan Tikus, WePlay, Oomph, Mobomarket, Mobogenie, dan masih banyak lagi.

    Siapkan Pulsa yang Cukup

    Yang menjadi masalah adalah seberapa besar pulsa yang Anda butuhkan untuk pembelian aplikasi di Google Play tersebut. Sebagai contoh, karena di Indonesia sedang demam batu mulia, bukan berarti lantas Anda akan membeli aplikasi The Abu Moo seharga Rp2.200.000 untuk mengoleksi batu-batu mulianya bukan? Atau jika Anda seorang maniak games seperti Final Fantasy VI atau Chaos Rings III maka siapkan minimal pulsa senilai Rp150.000-270.000.

    Belum lagi jika sewaktu-waktu aplikasi tersebut memerlukan tambahan konten virtual (in-apps) jika Anda ingin versi lebih lanjut atau lebih lengkap lagi. Apalagi seperti yang sudah dilansir dalam rilisan pers Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat, untuk setiap pembelian aplikasi Google Play akan dikenakan tambahan pajak 10% dan biaya jasa sekitar 2%.

    Artinya, Anda harus menyediakan saldo pulsa yang mencukupi sebelum bertransaksi di Google Play. Jika pulsa Anda tidak mencukupi, biasanya akan muncul notifikasi error alias gagal saat pembelian.

    Beli Pulsa Berbasis Online atau Mobile

    Namun setiap orang tentunya mempunyai alasan tersendiri dalam membeli aplikasi di Google Play. Apalagi banyak aplikasi yang memang benar-benar berguna seperti beberapa aplikasi yang membantu kesehatan dan pendidikan. Nah, agar Anda mempunyai saldo yang cukup saat membeli aplikasi, tentunya Anda memerlukan solusi penyediaan pulsa yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

    Salah satu jawabannya adalah dengan isi pulsa atau beli pulsa melalui penyedia pulsa berbasis (platform) online atau mobile application. Cukup dari ponsel, Anda bisa membeli pulsa dengan aman, mudah, dan cepat kapan saja dan dimana saja saat Anda membutuhkannya.

    Sebagai bonusnya, penjual pulsa online atau mobile juga memberikan voucher atau diskon belanja di berbagai merchant yang sudah bekerjasama untuk beragam kebutuhan mulai dari gadget, traveling, kuliner, pakaian, dan masih banyak lagi. Jadi tak hanya mendapat pulsa semata, Anda juga bisa menghemat pengeluaran belanja berbagai kebutuhan Anda. Nge-game jalan terus, belanja dapat diskon pula. Menarik bukan? Selamat mencoba!

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini