Follow Us

  • Share

    Tips Handal Backpacking ke Singapura untuk pemula!

    Travelling ke luar negeri menjadi salah satu mimpi emas milenial.

    Mencoba travelling ke luar negeri adalah satu langkah besar karena dapat menantangmu untuk dapat beradaptasi di lingkungan asing yang budaya dan kebiasaan masyarakatnya berbeda dengan di tanah air.  Walaupun demikian, banyak manfaat yang bisa dipetik dari travelling ke luar negeri; relaksasi ke tempat wisata, mempelajari sejarah dan mengapresiasi budaya lokal, hingga memperluas selera kamu dengan mencicipi kuliner lokal.

    Cara irit travelling ke luar negeri adalah dengan Backpacking. Dengan budget yang ringan dan ketat, bisa mengantarkanmu ke negara yang dapat dijangkau dengan mudah dari Indonesia, contoh nyatanya adalah Singapura. Singapura sering menjadi destinasi utama backpacker pemula Indonesia. Selain karena jaraknya yang tidak jauh, kendala bahasa tidak terlalu menjadi penghalang untuk berinteraksi dengan warga lokal.

    Tips mengatur budget travelling adalah menentukan mana yang menjadi prioritas, kurang penting, dan tidak penting. Dengan mengalokasikan budget travelling sesuai dengan tingkat prioritas, kamu akan mendapatkan gambaran jelas berapa besar kamu akan mengeluarkan untuk setiap kepentingan.

    Hampir semua orang tahu kalau segala hal di Singapura itu mahal, tapi kamu bisa mengakali pengeluaranmu selama berada disana dengan sejumlah tips handal ala Sepulsa.

     

    Tips Handal Backpacking ke Singapura untuk Pemula

     

    Seperti apakah gambaran backpacking ke Singapura? Cara paling irit berlibur ke negara ini adalah menggunakan maskapai pesawat low-cost, menginap di hostel, makan di Hawker Center, dan mengunjungi tempat wisata sesuai dengan kamu inginkan.

    Lebih jelasnya, yuk kita mulai!

     

    Cari tahu tentang tiket pesawat ke Singapura, tempat menginap (akomodasi), tempat wisata, transportasi, dan biaya hidup di Singapura

    backpacker ke Singapura
    browsing online info destinasi wisata via unsplash

    Untuk pemula, Sepulsa menyarankan kamu mencarit tempat menginap yang dekat dengan akses transportasi umum. Kamu bisa mengecek hostel jika kamu berani untuk menginap di kamar sharing dengan wisatawan lain. Tapi jika kamu ingin mendapatkan privasi dengan harga menginap yang agak irit, cobalah cek di website Airbnb.

    Keinginanmu bepergian ke Singapura tentunya ada alasan. Cari informasi mengenai  tempat wisata di Singapura dan tentukan tempat wisata mana saja yang kamu ingin kunjungi. Disamping itu, penting juga kamu mencari info hari dan jam buka, serta akses transportasi umum ke tempat tersebut.

    Sebagai inspirasi, kamu bisa cek artikel Sepulsa mengenai tempat wisata unik di Singapura yang jarang wisatawan asing tahu.

    Destinasi favorit di Singapura adalah Universal Studios, Sentosa Islands, Bugis Street, dan Chinatown.Selanjutnya, megenai transportasi. Cari tahu bagaimana kamu bepergian dari dan ke tempat penginapan ke tempat wisata dan ke tujuan lainnya. Apakah kamu akan menggunakan transportasi MRT dan Bus? Atau kamu akan menggunakan taxi atau taxi online?

    Jika kamu menggunakan transportasi umum, segeralah membeli Ez-link card dan top up. Ez-link card memudahkanmu bepergian menggunakan MRT ataupun Bus di Singapura. Bahkan ada beberapa taxi yang menerima pembayaran menggunakan Ez-link card. Ez-link card bisa kamu dapatkan di MRT station

    Biaya hidup di Singapura memang terkenal dengan mahalnya. Tapi mahal itu relatif. Walaupun kamu hanya berkunjung beberapa hari, akan lebih baik jika kamu mencari info tentang biaya hidup di Singapura sehingga kamu bisa mengatur budget-mu lebih mudah. Informasi biaya hidup seperti biaya konsumsi sehari-hari, terdapat di ulasan travel blog dan juga website Numbeo mengenai biaya hidup di Singapura https://www.numbeo.com/cost-of-living/country_result.jsp?country=Singapore

     

    Budgeting dan merencanakan tempat yang ingin kamu kunjungi

    Backpacker ke Singapura
    Budgeting dan Itinerary via unsplash

    Setelah mendapatkan informasi tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi di Singapura, tentukan berapa lama kamu akan menghabiskan waktu disana? Biasanya traveller menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di Singapura.

    Waktunya untuk memikirkan budgeting. Kamu harus tetapkan berapa besar pengeluaran yang kamu siap dialokasikan untuk travelling ke Singapura.

    Beberapa tips untuk mengatur budget:

    • Pikirkan apakah budgetmu ketat atau fleksibel.
    • Buatlah perkiraan berapa besar pengeluaran untuk tiket pesawat, penginapan, makan, transport, dan wisata. Jika kamu berencana untuk membawa oleh-oleh, perkirakan pengeluaran maksimal untuk oleh-oleh.
    • Tambahkan dana tidak terduga dalam budgetmu. Dana ini bisa kamu gunakan jika kamu mengalami beberapa kondisi tidak diprediksi seperti sakit, cedera, ataupun tidak sengaja ketinggalan pesawat.

     

    Tiket Pesawat

    Backpacker ke Singapura
    Promo Penerbangan Air Asia ke Singapura bulan Desember 2015 via Airpaz

    Beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah:

    • Berlangganan Newsletter Budget airplane, sehingga kamu tahu kapan mereka mengadakan promo besar-besaran.
    • Booking tiket jauh-jauh sebelum hari H. Promo tiket murah biasanya diadakan 3-6 bulan sebelum rencana perjalanan.
    • Biasanya penerbangan pagi harganya jauh lebih murah daripada penerbangan lainnya.
    • Gunakan aplikasi pencari penerbangan dan nyalakan fitur notifikasi promo atau adanya penurunan harga tiket pesawat.
    • Cari penerbangan yang menawarkan opsi pembelian bagasi. Jika kamu hanya pergi dan pulang dengan tas ransel, tidak usah membeli bagasi sehingga harga tiket bisa lebih murah.

     

    Simpan Peta Offline

    Backpacker ke Singapura
    Cara Save Offline Map di Google Map via Cult of Mac

    Jika kamu tidak punya peta turis Singapura, kamu bisa mengandalkan aplikasi Google Map. Kamu bisa menyimpan peta sehingga bisa kamu lihat saat kamu offline. Hal ini sangat berguna jika pulsa habis ataupun paket data menipis.

    Alternatif lainnya yaitu, kamu mendownload peta lalu mencetaknya dan simpan di tas kamu.

     

    Barang yang harus dibawa dalam Backpack

    Tas yang cocok untuk backpacking adalah tas jenis carrier yang biasa digunakan untuk camping atau mendaki gunung. Didesain untuk kenyamanan pengguna mengenakan tas dengan bobot besar saat berjalan menuju tujuan.

    Backpacker ke Singapura
    Packing untuk Backpacker via Blonde Chick Travels

    Barang apa saja yang sebaiknya kamu masukkan dalam backpackmu?

    • Bawa pakaian yang cukup. Jika kamu bepergian 3 hari maka bawalah baju untuk bepergian 2 stel dan 1 stel untuk beristirahat. Sebaiknya pakaian yang kamu bawa adalah pakaian yang nyaman.
    • Bawalah 1 pasang sepatu dan 1 pasang sendal yang nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.
    • Gulunglah pakaian dan susun ke dalam tas backpack-mu.
    • Bawalah tempat air minum yang bisa dilipat sehingga tidak memakan banyak tempat.
    • Bawalah perlengkapan mandi dalam botol atau tempat ukuran kecil (paling banyak 100 ml untuk setiap produk) dan masukkan ke dalam plastik ziploc. Khusus untuk penerbangan internasional, segala cairan yang akan dibawa ke kabin tidak boleh melebihi 100ml untuk setiap produk dan harus dimasukkan ke dalam tempat yang tembus pandang.
    • Bawalah Travel Adapter. Colokan listrik di Singapura cukup berbeda dengan di Indonesia. Agar kamu bisa mengecas gadgetmu, gunakan travel adapter.
    • Siapkan satu hidden travellers wallet yang tidak kamu gunakan.

     

    Bawalah uang tunai secukupnya

    Berhati-hatilah saat berwisata dimanapun, selalu waspada terhadap barang-barangmu. Siapkan uang tunai SGD dan IDR secukupnya pada dompet atau tas utamamu.

    backpacker ke Singapura
    Hidden pouch via Terapeak

    Selebihnya kamu bisa masukkan kedalam hidden pocket belt–sebuah tas tersembunyi didalam bajumu yang bisa kamu masukkan barang berharga seperti passport, kartu kredit dan kartu debit, uang tunai, dan detil penerbangan.

    Kalaupun kamu kekurangan dana, kamu bisa mengambil dana melalui ATM yang mempunyai logo yang sama dengan kartu ATM-mu. Setiap kali kamu melakukan penarikan, kamu akan dikenakan biaya administrasi.

     

    Tidak usah beli air minum, Di Singapura air keran bisa langsung diminum.

    backpacker ke Singapura
    Air keran di Singapura aman untuk dikonsumsi langsung via Mothership

    Gambaran meminum air keran secara langsung, sangatlah asing di Indonesia. Kita selalu memasak air sebelum siap untuk disajikan. Air minum di Singapura diolah dengan teknologi mutakhir sehingga air itu bisa diminum langsung. Kamu cukup isi tempat air minummu dan membawanya kemana saja kamu bepergian disana.

    Siapkan paket roaming

    Kalau kamu travelling ke luar negeri dan kamu tidak punya paket roaming, kamu akan dikenakan tarif normal roaming untuk layanan telekomuinikasi yang mana sangat mahal dan pulsamu bisa cepat habis. Maka dari itu, sebelum kamu terbang ke Singapura, aktifkan paket roaming yang mencakup wilayah negara tersebut.

    Beli paket roaming online praktis dengan Sepulsa! Hanya dengan beberapa klik, kamu dapat menyelesaikan transaksi. Lalu, tersedia berbagai metode pembayaran yang aman dan nyaman digunakan. Kamu bisa mendownload aplikasi Sepulsa pada Google Play dan Appstore.

    Nah, ketika kamu sudah ada paket roaming, kamu bisa tenang telponan dan internetan di Singapura.

    Demikian tips handal backpacking ke Singapura untuk pemula. Happy travels, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini