Follow Us

  • Share

    Cara Aktifkan Jaringan 4G Anda

    Di zaman yang serba cepat ini tentu kebutuhan akan informasi yang masuk maupun keluar akan semakin tinggi pula. Nah untuk dapat menggapai tujuan itu, tentunya Anda membutuhkan jaringan yang baik pula.

    Sejak awal-awal penciptaannya, ponsel maupun teknologi jaringan sudah berkembang sedemikian rupa dengan amat cepat. Perkembangan mulai terjadi secara cepat sejak ditemukannya jaringan 2G (edge) hingga 3G (HSPA), hingga saat ini banyak digunakan jaringan 4G LTE (long term evolution).

    Seringkali untuk mencapai tujuan itu para konsumen berbondong-bondong membeli ponsel dengan teknologi tercanggih sepaket dengan kartu SIM yang mendukung jaringan 4G LTE.

    Nah tapi ketika dicoba, seringkali logo “4G” tidak muncul di layar ponsel Anda, alias ponsel Anda masih menggunakan jaringan HSPA nya. Nah kemudian timbul lah pertanyaan mengenai bagaimana cara aktifkan jaringan 4G Anda ?

    Di bawah ini kami akan mengulas cara aktifkan jaringan 4G Anda khusus bagi Anda yang menggunakan Android secara umum dan kami pun akan mengulas cara aktifkan jaringan 4G Anda khusus bagi Anda yang menggunakan ponsel Samsung yang belum support 4G, serta pabrikan Apple.


    Cara Aktifkan Jaringan 4G Anda: Apa Syaratnya?

    Beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum memulai membaca artikel ini adalah tentunya Anda harus memiliki ponsel cerdas yang telah mendukung jaringan 4G LTE sesuai frekuensi operator yang Anda gunakan.

    Selain itu pun Anda harus mengetahui apakah daerah tempat tinggal Anda atau daerah tempat Anda bekerja sudah tercover jaringan 4G sehingga Anda tidak sia-sia dalam membeli ponsel maupun kartu SIM yang mendukung jaringan 4G ini.

    Perlu kami ingatkan bahwa masing-masing operator memiliki cakupan sinyal 4G LTE yang berbeda-beda, jadi untuk yang satu ini saran kami adalah Anda harus mengecek cakupan sinyal 4G LTE masing-masing operator, untuk kemudian Anda beli kartu SIM yang sesuai.

    Syarat terakhir yang harus Anda penuhi tentunya adalah dengan membeli kartu SIM yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Jika belum pun, saat ini mayoritas operator kartu SIM sudah memiliki jasa penukaran kartu lama Anda sehingga Anda bisa menggunakan kartu SIM yang mendukung jaringan 4G LTE.


    Cara Aktifkan Jaringan 4G: Bagaimana Langkah-Langkahnya di Android Secara Umum?

    Langkahnya amat mudah. Pertama-tama Anda bisa buka setting dan kemudian Anda bisa pilih bagian cellular data. Di dalam menu itu umumnya Anda akan ditampilkan pilihan jenis jaringan yang dapat Anda pilih.

    Kemudian pilihlah jaringan LTE atau 4G, ataupun Anda bisa pilih pilihan otomatis, sehingga ketika Anda sedang berada di wilayah yang tidak tercover jaringan 4G LTE ponsel Anda secara otomatis akan mengubah pengaturan sehingga Anda tetap bisa berkomunikasi.

    Selain dari cara manual yang kami ajarkan di atas, Anda bisa melakukan pengaturan jaringan ini dengan cara alternatif yang juga cukup mudah dan sederhana. Pada bagian dial pad Anda cukup mengetikkan *#*#4636#*#*.

    Pada beberapa ponsel Android, jika Anda melakukan hal ini, Anda akan segera dihubungkan dengan tool test. Di sana Anda bisa pilih bagian info telepon dan Anda cukup pilih LTE Only di kolom jenis jaringan. Jika Anda keluar Anda akan langsung menggunakan jaringan 4G LTE.

    Nah akan tetapi setelah Anda reboot ponsel ini, pengaturan ini tidak akan berlaku. Selain itu pada beberapa vendor ponsel pilihan menu ini tidak dibuka alias dikunci. Sehingga pada akhirnya Anda harus mencari cara aktifkan jaringan 4G yang lain.

    Cara terakhir di Android yang akan kami bagikan kepada Anda disini bagi beberapa orang merupakan cara paling mudah untuk mengaktivasi jaringan 4G di ponsel Android mereka.

    Cara ini adalah dengan menggunakan aplikasi. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan misalnya 4G Switch, Advanced Signal Status, dan banyak aplikasi lain di playstore yang bisa Anda unduh. Setelah Anda mengunduh aplikasi-aplikasi ini, voila! Biarkan aplikasi bekerja dan ponsel Anda segera terhubung dengan jaringan 4G.

    Catatan dari kami adalah pada beberapa ponsel cerdas, Anda harus melakukan rooting sebelum menjalankan aplikasi ini.

    Cek juga: Cara Agar Sinyal Wifi Kamu Tetap Joss!


    Cara Aktifkan Jaringan 4G di Iphone

    Jika tadi kami telah membagikan kepada Anda cara aktifkan jaringan 4G di Android secara umum, maka sekarang adalah saatnya bagi Anda para pengguna Apple. Tapi sebelum Anda senang, kami perlu memberikan catatan.

    Penggunaan 4G LTE tentu akan membutuhkan daya baterai yang jauh lebih besar dibandingkan jaringan non 4G LTE. Sehingga bagi Anda yang baru beralih ke jaringan ini pasti akan merasakan konsumsi daya baterai akan lebih cepat dibandingkan biasanya, sehingga Anda tidak perlu kaget. Yuk kita bahas caranya!

    Pertama-tama tentunya jika Anda telah memenuhi syarat-syarat utama aktivasi jaringan 4G, maka Anda bisa langsung membuka app setting dan segera masuk ke menu Cellular dilanjutkan ke bagian Data Cellular dan kemudian pilihlah bagian Sound & Data.

    Setelah Anda masuk ke menu tersebut Anda bisa dengan mudah menceklis tulisan 4G. Setelah itu Anda bisa tunggu beberapa saat dan voila! Ikon 4G akan segera muncul menggantikan ikon 3G di pojok kiri atas.

    Nah tapi jika justru yang muncul adalah ikon WiFi, silahkan matikan WiFi Anda dan lihat apakah kemudian ikon 4G sudah muncul. Jika ikon 4G sudah muncul tentunya Anda sudah berhasil melakukan aktivasi jaringan 4G di iPhone ataupun iPad Anda.


    Cara Aktifkan Jaringan 4G pada Ponsel Samsung

    Mengapa kami memberikan ulasan khusus bagi ponsel pabrikan Samsung? Alasannya sederhana saja, karena dalam beberapa percobaan menggunakan beberapa metode yang kami ulas di atas, ternyata kami tidak berhasil melakukan aktivasi jaringan 4G di Samsung.

    Alih-alih kami harus melakukan rooting yang mungkin bagi para newbie terbilang rumit.

    Nah untuk Anda yang baru membeli ponsel ini dalam beberapa bulan terakhir mungkin tidak menemukan masalah permigrasian ini, karena biasanya di awal membeli Anda sudah akan secara otomatis diberikan pengaturan untuk menggunakan jaringan 4G LTE, apalagi bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, ataupun Bali misalnya.

    Namun bagi Anda yang sudah memiliki ponsel Samsung setidaknya 2 tahun ke belakang, dan ingin melakukan migrasi kartu ke 4G, maka artikel ini cocok untuk Anda.

    Beberapa ponsel yang berusia setidaknya 2 tahun dari sejak artikel ini dibuat mungkin tidak bisa melakukan beberapa cara yang kami jelaskan di atas, karena di tahun itu baru beberapa ponsel Samsung saja yang support 4G.

    Nah untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan cara di bawah ini. Pertama-tama masuk ke menu dial dan ketiklah *#2263# tanpa harus menekan tombol call. Biasanya akan segera muncul menu secara otomatis yang di dalamnya Anda bisa memilih menu LTE Band.

    Di dalam menu ini silahkan Anda pilih All LTE dan segera lakukan clear WCDMA dan GSM setting. Voila! Anda pun bisa menikmati jaringan ini. Sekian!

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini