Follow Us

  • Share

    Prosedur Aman untuk Menutup Kartu Kredit

    Credit card sekarang ini bukan perangkat mewah lagi, banyak sekali orang yang memilikinya tidak mengenal apa latar belakang mereka. Tetapi karena beberapa alasan kemungkinan banyak juga orang yang sudah memiliki kartu kredit lalu ingin menutup kartu kredit mereka.

    Bagi kalian yang ingin menutup kartu kredit, kalian harus mengikuti prosedur yang benar agar tidak terjadi masalah yang mungkin saja bisa terjadi jika langkah yang kalian ambil salah. Pada artikel ini sepulsa akan menjelaskan beberapa hal yang bisa kalian lakukan agar proses penutupan
    berlangsung dengan baik.

    Dilarang keras menutup kartu kredit sembarangan, cara menutup kartu kredit

    Konsultasi dengan Pihak Bank

    Proses pertama ialah tanyakan dahulu dengan pihak bank apa saja syarat yang perlu kalian penuhi untuk menutup kartu kredit, biasanya beda bank akan berbeda juga syarat yang harus dipenuhi. Kalian dapat menanyakanya via telpon sehingga jika kalian ingin menutup kartu kredit dengan langsung pergi ke bank, kalian sudah membawa dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan.

     

    konsultasi dengan pihak bank

    Laporkan ke Kantor Bank Terdekat

    Langkah selanjtnya adalah mengunjungi bank terkait untuk menutup kartu kredit, selain untuk menutup kartu kredit kalian juga dapat berkonsultasi tentang apa saja masalah yang mungkin timbul ketika kalian memproses penutupan.

    penutupan langsung di bank

    Keuntungan menutup kartu kredit di bank adalah kalian dapat menerima dokumen-dokumen yang penting untuk menjadi bukti bahwa prosedur yang kalian lakukan itu benar, jadi jika suatu saat terjadi masalah kalian bisa mengajukan bukti bahwa prosedur yang kalian lakukan sesuai dengan prosedur yang telah diberitahukan oleh bank tersebut.

    Lunasi Semua Tagihan

    Hal wajib yang harus kalian lakukan sebelum menutup kartu kredit adalah melunasi semua tagihan. Bukan hanya cicilan dan biaya tagihan karena membeli produk atau cicilan lain, kalian juga harus membayarkan biaya tahunan yang biasanya dibebankan ke semua pengguna kartu kredit mau apapun bank penerbit kartu kredit yang kalian gunakan.

    lunasi semua tagihan

    Biasanya annual fee atau biaya tahunan yang dibebankan oleh pengguna kartu kredit tidak dilakukan pada tahun pertama penggunaan kartu, charge biaya baru terasa setelah kalian menggunakan kartu kredit selama 2 tahun karena pada saat itu semua biaya dilakukan. Sama seperti biaya lain, biaya tahunan ini adalah tagihan wajib yang perlu kalian lunasi sebelum menutup kartu.

    Batalkan Pembayaran Secara Otomatis

    Sekarang ini hampir semua metode pembayaran cicilan biasanya akan dilakukan secara otomatis dan kartu kredit adalah perangkat paling praktis untuk melakukan pembayaran seperti listrik, BPJS dan pulsa. Misalnya saja jika kalian membayar BPJS atau listrik prabayar di Sepulsa.com maka metode paling praktis adalah menggunakan kartu kredit, kalian hanya perlu mengikuti pengarahan saat checkout dan pembayaran sukses dilakukan, walaupun ini dilakukan dengan masih manual tidak dapat di setting otomatis.

    batalkan otomatis pembayaran
    batalkan otomatis pembayaran

    Jika kalian memiliki cicilan kendaraan seperti motor dan mobil biasanya pembayaran bisa dilakukan secara otomatis via kartu kredit, saat masa tenggang  pembayaran biasanya leasing langsung charge biaya dari kartu kredit.

    Oleh karena itu kalian perlu mengkonfirmasikan hal ini kepada pihak perusahaan pemberi tagihan. Membatalkan cara pembayaran otomatis pun perlu Anda lakukan agar tidak bermasalah ke depannya.

    Kumpulkan bukti penutupan kartu kredit

    Setiap dokumen resmi yang menjadi bukti penutupan kartu kredit harus kalian simpan ditempat yang aman, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ini bisa menjadi barang ampuh penyelamat kalian jika terjadi hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti. kalian bisa protes kepada pihak bank jika kalian merasa ada kerugian nanti.

    bukti penutupan kartu kredit

    Simpan bukti tersebut di tempat yang mudah di ingat dan pastikan bukti tertulis ini tersimpan rapih. Terkadang pihak bank hanya mengirimkan email, maka save email tersebut di draft. Dokumen-dokumen tersebut dapat kalian gunakan juga pada suatu hari kalian berhadapan dengan hukum mengenai masalah kartu kredit yang telah ditutup tersebut. Dokumen tertulis yang kalian punya bisa menjadi bukti kuat dan membuat posisi kalian di atas daripada penggugat.

    Kesimpulan

    Kartu kredit memang sangat membantu bagi kalian lebih praktis, tetapi sama seperti rumitnya pembukaan kartu kredit maka penutupan kartu juga membutuhkan prosedur yang rumit. Oleh karena itu kalian harus memikirkan baik-baik sebelumnya, jangan sampai kalian malah merugi karena tidak melakukan prosedur penutupan yang benar.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini