Follow Us

  • Share

    10 Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

    Sepulsa Mate,

    Beberapa hari menuju hari raya, pastinya Anda sudah kenal banget dengan mudik. Ritual pulang kampung yang dilakukan sebagian besar keluarga Indonesia pada saat hari raya untuk menjalin atau memperkuat tali silaturahmi,  selain itu juga, berkunjung ke sanak keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

    Anda pasti tahu ada berapa banyak keluarga Indonesia yang melakukan mudik ke kampungnya dan jalanan ke luar kota pastinya akan menjadi ramai. Ada yang mudik ke berbeda kota, provinsi, hingga pulau dan Anda bisa membayangkan betapa panjangnya perjalanan mudik; apalagi kalau Anda mudik dengan kendaraan pribadi.

    Layaknya dalam hal apapun, persiapan yang matang akan memudahkan kita menuju tujuan. Jika Anda mudik dengan kendaraan pribadi, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi mesin dan seluruh bagian mobil, kesehatan pengendara, dan logistik selama perjalanan mudik menuju kampung halaman.

    Sepulsa akan berbagi tips Aman mudik dengan Kendaraan Pribadi agar perjalanan Anda lancar dan dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan sukacita bersama keluarga dan kerabat.

    10 Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi!

    1. Sebelum Mudik, Rencanakan Perjalanan Anda

    mudik

    Setiap keluarga mempunyai ritual hari raya yang berbeda. Ada yang bepergian ke kota yang berbeda tiap tahunnya, adapun yang selalu bepergian ke kota yang sama.

    Pertama, pikirkan kapan Anda akan melakukan mudik dengan pertimbangan arus mudik yang akan Anda alami.

    Nah, tentukan terlebih dahulu kota mana yang akan Anda kunjungi dan rute manakah yang mau Anda ambil. Contohnya; jika Anda mudik ke kota di Pulau Jawa, Anda dapat memilih jalur Pantai Utara (Pantura) atau jalur Pantai Selatan. Setelah itu, Anda rencanakan kota mana Anda akan beristirahat.

    Selanjutnya, pikirkan dan siapkan mengenai logistik; makanan dan minuman selama perjalanan, pakaian selama berlibur, dan obat-obatan yang cukup.

    Terakhir, Anda juga perlu memikirkan bagaimana Anda akan bepergian untuk balik ke kota asal Anda. Kapan Anda akan pulang, dan  apakah Anda akan menggunakan rute yang sama?

    2. Cek Kondisi Kendaraan

    Mudik

    Pastikan mesin kendaraan Anda di bengkel memadai untuk melakukan perjalanan jauh pulang pergi ke tujuan Anda dari kota asal. Selain itu, Anda juga memastikan ban atau bagian lain mobilmu berada pada kondisi yang baik.

    3. Tidurlah berkualitas agar kondisi Anda fit untuk melakukan perjalanan jauh

    tidur

    Tidur dalam waktu yang panjang tidak berarti pasti akan membuat tubuh fit. Namun, tubuh Anda akan segar kembali jika Anda tidur yang berkualitas yaitu lama tidur cukup (biasanya 8-9 jam), tidur dengan kondisi yang sunyi, dan kondisi kamar gelap.

    4. Gunakan pakaian yang nyaman

    mudik
    Pakaian yang nyaman untuk travelling via Pinterest

    Walaupun Anda berada di dalam mobil dengan menggunakan AC, kenyaman Anda berkendara juga bergantung pada pakaian yang Anda kenakan. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun atau bahan yang menyerap keringat, dan yang bisa membuat Anda leluasa bergerak.

    5. Bawa bekal makanan dan minuman untuk di perjalanan

    mudik

    Di saat Anda ingin makan ataupun minum, Anda tinggal ambil bekal Anda, tidak usah beli di toko ataupun penjual yang Anda temui saat melakukan perjalanan. Saat rumah makan tutup, Anda tidak perlu pusing karena bekal Anda bakal menyelamatkan Anda dari rasa lapar dan haus.

    6. Bawalah barang yang penting saja

    mudik

    Anda tentunya tidak ingin membawa barang yang melebihi kapasitas mobil yang bisa membahayakan Anda dan penumpang mobil. Sebaiknya Anda kirim saja barang yang tidak terlalu penting melalui jasa pos ataupun logistik lainnya. Anda cukup membawa barang penting seperti pakaian, obat-obatan dan uang yang cukup.

    7. Mengemudi dengan Aman dan Tenang

    mudik

    Sebagai pengemudi yang baik, pastikan Anda membawa SIM dan STNK. Mengemudilah dengan penuh waspada. Tidak perlu tergesa-gesa menuju perjalanan. Anda cukup berkonsentrasi pada perjalanan hingga tiba di destinasi.

    8. Gunakan Aplikasi Penunjuk Jalan

    mudik

    Untung ya ada aplikasi penunjuk jalan seperi Google Maps, Waze dan lainnya yang memudahkan Anda berkendara menuju destinasi, dan memantau info lalu lintas mudik. Pastikan aja paket datamu dan baterai smartphone Anda cukup menemani Anda selama perjalanan.

    9. Jangan lupa untuk beristirahat

    mudik

    Saat Anda sudah merasa sedikit lelah, ada baiknya Anda beristirahat di rumah makan, pom bensin atau tempat lainnya untuk mengumpulkan kembali energi Anda. Sempatkan juga waktu ini untuk ke WC; karena bisa jadi saat Anda melanjutkan perjalanan kembali, Anda tidak menemukan WC lagi.

    10. Kabari keluarga dimana Anda sedang berada

    mengabari keluarga

    Ada baiknya Anda memberitahu keluarga Anda di kampung mengenai lokasi Anda. Keluarga yang menunggu kedatangan Anda pastinya akan lega mengetahui dimana Anda berada karena mereka tidak akan terlalu khawatir.

    Pulsa habis saat mudik? Tenang aja, Anda bisa isi pulsa online di Sepulsa kapan saja dan dimana saja. Plus, Sepulsa suka adain promo seru buat Anda. Mau kenal lebih akrab? Download aja aplikasi Sepulsa di Google Play dan App Store.

    Sepulsa Mate, selamat bermudik menuju kampung halaman ya dan semoga Anda tiba disana dengan selamat dan sehat!

    Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhanmu disini